HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN CAPAIAN PRESTASI MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43779Keywords:
keperawatan, korelasi, mahasiswa, media sosial, prestasi akademikAbstract
Penggunaan media sosial oleh mahasiswa semakin meningkat dan dapat berdampak pada capaian prestasi akademik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat memengaruhi kinerja mahasiswa secara positif, negatif, atau bahkan tidak berpengaruh sama sekali terhadap prestasi mahasiswa. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan signifikan antara penggunaan media sosial dengan capaian prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan media sosial dan Capaian Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Keperawatan di Universitas Advent Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah 278 mahasiswa, dengan sampel sebanyak 117 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen adalah penggunaan media sosial, sementara variabel dependen adalah capaian prestasi akademik mahasiswa yang diukur melalui IPK. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi IPK, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman Rho dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini didapati bahwa mayoritas mahasiswa memiliki tingkat penggunaan media sosial dalam kategori sedang hingga tinggi, dengan persentase masing-masing 49,6% dan 50,4%. Sementara itu, capaian akademik terbanyak berada pada kategori sangat memuaskan (52,1%), diikuti oleh cum laude (24,8%). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan capaian prestasi akademik mahasiswa (p = 0,442). Kesimpulan dari penelitian ini yakni didapati bahwa penggunaan media sosial tidak secara langsung mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Faktor lain seperti metode belajar, manajemen waktu, dan lingkungan akademik kemungkinan lebih berperan dalam menentukan prestasi mahasiswa dibandingkan dengan penggunaan media sosial.References
Adhiyaksa Sugiyanto, E., Malik, R., Studi Sarjana Kedokteran, P., Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta, F., Patologi Klinik, B., & Kunci, K. (2023). Hubungan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2020. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 756–792. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/14528
Al Idrus, S. W. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1327–1332. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2304
Andina-Díaz, E., Ventura-Miranda, M. I., Quiroga-Sánchez, E., Ortega-Galán, Á. M., Fernández-Medina, I. M., & Ruiz-Fernández, M. D. (2023). Nursing Students’ Perception about Gender Inequalities Presented on Social Networks: A Qualitative Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(3). https://doi.org/10.3390/ijerph20031962
Bhandarkar, A. M., Pandey, A. K., Nayak, R., Pujary, K., & Kumar, A. (2021). Impact of social media on the academic performance of undergraduate medical students. Medical Journal, Armed Forces India, 77(Suppl 1), S37–S41. https://doi.org/10.1016/j.mjafi.2020.10.021
Esia, E., Jannah, M., & Simahbengi, A. (2024). Pengaruh media sosial terhadap prestasi mahasiswa Umuslim. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.767
Fathika Absyari, K., Melani, D., & Wibowo, R. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Minat Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, ISSN 1234-5678, 906–917.
Fitri, M. E. Y. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Perilaku Belajar Terhadap Ipk. Jurnal Benefita, 4(3), 507. https://doi.org/10.22216/jbe.v4i3.4612
Mendoza, M. D., Hutajulu, O. Y., Lubis, A. R., Rahmadani, R., & Astono Putri, T. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dalam Pendidikan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 15(2), 68. https://doi.org/10.24114/jtp.v15i2.39120
Nur Afdalifah. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. 9, 356–363.
Nurjalia. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAR-RANIRY. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159
Oktaviani, D. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa IAIN Metro. 1–23.
Olebara, C., Ezugwu, O., Obayi, A., & Ukwandu, E. (2021). Determining the Impacts of Social Media on Students’ Mood, Time Management and Academic Activities: The Nigerian Perspective. 2021 International Conference on Cyber Situational Awareness, Data Analytics and Assessment, CyberSA 2021. https://doi.org/10.1109/CyberSA52016.2021.9478247
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 12–36.
Puji Astuti. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat III. 4(November), 1377–1386.
Rabaani, S., & Indriyani, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.433
Risnah, & Sayuti, A. (2015). Sosial Media Dan Perubahan Indeks Prestasi Mahasiswa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(2), 207–217. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a6
Saragih, S. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa S1 Keperawatan di Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun 2022. 1–23.
Yunus, N., Tupamahu, S. F., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Makassar, S. M. (2019). Hubungan Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Dengan Di Sma Perguruan Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rimin Taebenu, Nurhayati Siagian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







