HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN CAPAIAN PRESTASI MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA

Authors

  • Rimin Taebenu Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia
  • Nurhayati Siagian Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43779

Keywords:

keperawatan, korelasi, mahasiswa, media sosial, prestasi akademik

Abstract

Penggunaan media sosial oleh mahasiswa semakin meningkat dan dapat berdampak pada capaian prestasi akademik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat memengaruhi kinerja mahasiswa secara positif, negatif, atau bahkan tidak berpengaruh sama sekali terhadap prestasi mahasiswa. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan signifikan antara penggunaan media sosial dengan capaian prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan media sosial dan Capaian Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Keperawatan di Universitas Advent Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah 278 mahasiswa, dengan sampel sebanyak 117 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen adalah penggunaan media sosial, sementara variabel dependen adalah capaian prestasi akademik mahasiswa yang diukur melalui IPK. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi IPK, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman Rho dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini didapati bahwa mayoritas mahasiswa memiliki tingkat penggunaan media sosial dalam kategori sedang hingga tinggi, dengan persentase masing-masing 49,6% dan 50,4%. Sementara itu, capaian akademik terbanyak berada pada kategori sangat memuaskan (52,1%), diikuti oleh cum laude (24,8%). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan capaian prestasi akademik mahasiswa (p = 0,442). Kesimpulan dari penelitian ini yakni didapati bahwa penggunaan media sosial tidak secara langsung mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Faktor lain seperti metode belajar, manajemen waktu, dan lingkungan akademik kemungkinan lebih berperan dalam menentukan prestasi mahasiswa dibandingkan dengan penggunaan media sosial.

References

Adhiyaksa Sugiyanto, E., Malik, R., Studi Sarjana Kedokteran, P., Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta, F., Patologi Klinik, B., & Kunci, K. (2023). Hubungan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2020. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 756–792. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/14528

Al Idrus, S. W. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1327–1332. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2304

Andina-Díaz, E., Ventura-Miranda, M. I., Quiroga-Sánchez, E., Ortega-Galán, Á. M., Fernández-Medina, I. M., & Ruiz-Fernández, M. D. (2023). Nursing Students’ Perception about Gender Inequalities Presented on Social Networks: A Qualitative Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(3). https://doi.org/10.3390/ijerph20031962

Bhandarkar, A. M., Pandey, A. K., Nayak, R., Pujary, K., & Kumar, A. (2021). Impact of social media on the academic performance of undergraduate medical students. Medical Journal, Armed Forces India, 77(Suppl 1), S37–S41. https://doi.org/10.1016/j.mjafi.2020.10.021

Esia, E., Jannah, M., & Simahbengi, A. (2024). Pengaruh media sosial terhadap prestasi mahasiswa Umuslim. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.767

Fathika Absyari, K., Melani, D., & Wibowo, R. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Minat Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, ISSN 1234-5678, 906–917.

Fitri, M. E. Y. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Perilaku Belajar Terhadap Ipk. Jurnal Benefita, 4(3), 507. https://doi.org/10.22216/jbe.v4i3.4612

Mendoza, M. D., Hutajulu, O. Y., Lubis, A. R., Rahmadani, R., & Astono Putri, T. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dalam Pendidikan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 15(2), 68. https://doi.org/10.24114/jtp.v15i2.39120

Nur Afdalifah. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. 9, 356–363.

Nurjalia. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAR-RANIRY. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159

Oktaviani, D. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa IAIN Metro. 1–23.

Olebara, C., Ezugwu, O., Obayi, A., & Ukwandu, E. (2021). Determining the Impacts of Social Media on Students’ Mood, Time Management and Academic Activities: The Nigerian Perspective. 2021 International Conference on Cyber Situational Awareness, Data Analytics and Assessment, CyberSA 2021. https://doi.org/10.1109/CyberSA52016.2021.9478247

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 12–36.

Puji Astuti. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat III. 4(November), 1377–1386.

Rabaani, S., & Indriyani, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.433

Risnah, & Sayuti, A. (2015). Sosial Media Dan Perubahan Indeks Prestasi Mahasiswa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(2), 207–217. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a6

Saragih, S. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa S1 Keperawatan di Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun 2022. 1–23.

Yunus, N., Tupamahu, S. F., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Makassar, S. M. (2019). Hubungan Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Dengan Di Sma Perguruan Islam.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Taebenu, R., & Siagian, N. (2025). HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN CAPAIAN PRESTASI MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 1705–1712. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43779

Issue

Section

Articles