PENGARUH LAYANAN INFORMASI DIGITAL TERHADAP TRANSAKSI DIGITAL DAN KINERJA APOTEK KIMIA FARMA DEPOK

Authors

  • Ekfial Ekfial Program Magister Ilmu Kefarmasian, Universitas Pancasila
  • Sampurno Sampurno Program Magister Ilmu Kefarmasian, Universitas Pancasila
  • Derriawan Derriawan Program Magister Ilmu Kefarmasian, Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43632

Keywords:

Layanan Informasi Digital, Performa Layanan Digital Apotek, Transaksi Digital

Abstract

Dengan kondisi perkembangan teknologi tersebut sebagian besar aktivitas bisa dilakukan secara jarak jauh. Fenomena pandemi Covid 19 yang telah terjadi beberapa tahun lalu mengakibatkan menurunnya prosentase kunjungan pasien di apotek, sehingga pihak apotek harus memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. E-commerce atau electronic commerce adalah salah satu contoh pemanfaatan teknologi informasi beberapa tahun ini, electronic commerce adalah sebuah perdagangan melalui media electronic di internet secara online. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif melalui pengumpulan data kuesioner terhadap pengunjung di seluruh Unit Bisnis Depok Apotek Kimia Farma, yang terdiri dari 5 kluster yaitu (wilayah Margonda, Depok Timur, Depok Tengah, Depok ujung perbatasan tangerang dan Depok ujung perbatasan Jakarta-Bogor). Sampel penelitian ini adalah 300 pengunjung. Analisis menunjukkan variabel Layanan informasi digital berpengaruh terhadap transaksi digital yang terjadi di Apotek Kimia Farma Depok; (2) variabel layanan informasi digital berpengaruh terhadap performa layanan digital Apotek Kimia Farma Depok.; (3) variabel transaksi digital berpengaruh terhadap performa layanan digital Apotek Kimia Farma Depok yang dilihat dari jumlah transaksi atau penjualan harian di Apotek Kimia Farma Depok. Penerapan layanan digital Apotek Kimia Farma dapat mendorong konsumen/pembeli dalam memenuhi kebutuhan akan obat-obatan medis dan yang lainnya yang diperlukan para konsumen/pembeli dan juga berdampak terhadap peningkatan penjualan.

References

Agistia Nurbani Rajaba, Ahnaf Daris Fadhilah, Anatasya Jelita Putri Dirgantara, Fitriyani Dwi Azzahra, Hopid Jidan, Najwa Ananda Mariana, & Rama Wijaya Abdul Rozak. (2024). Kemudahan Penggunaan Fitur Aplikasi E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 2(2), 86–98. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v2i2.1814

Al Ghani, R., Wahdiaz Azani, N., Auliani, S. N., Maharani, S., Gustinov, M. D., & Hamzah, M. L. (2022). Perancangan Sistem Informasi e-Commerce Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. 99–106.

Amelia, A. A. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Atas Layanan Telemedicine Kesehatan Melalui Aplikasi Halodoc. Economics and Digital Business Review, 5(2), 879–886.

Apdillah, D., Zebua, R. B., Idham, M., & Anhar, I. (2022). Teknologi Digital Di Dalam Kehidupan Masyarakat. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 101–107. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.247

Aqil, M., & Rumianti, C. (2025). Digitalisasi Pelayanan dan Transformasi Digital Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal E-Bussiness, 4(2), 28–38.

Chumaida, Z. V., & Ariadi S, B. S. (2022). Kebijakan Penanganan Pelayanan Kesehatan. Lex Journal : Kajian Hukum Dan Keadilan, 5(2), 158–183. https://doi.org/10.25139/lex.v5i2.4577

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2022). Laporan Kinerja 2022 Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan informatika republik indonesia. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos Dan Informatika, 24.

Marginingsih, R., Widiyanti, W., Susilowati, I. H., Retnowulan, J., & Soraya, I. (2019). Mobile Payment As Financial Transactions in the Digital Era: An Empirical Analysis. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(2). https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/2/022133

Michael Musyaffi, A., Agustin Pratama Sari, D., & Kismayanti Respati, D. (2021). Understanding of Digital Payment Usage During COVID-19 Pandemic: A Study of UTAUT Extension Model in Indonesia. Journal of Asian Finance, 8(6), 475–0482. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.0475

Norliani, & Sari, M. N. (2024). Transformasi Digital dan Dampaknya pada Organisasi : Tinjauan Terhadap Implementasi Teknologi Informatika. Jurnal Review Pendidikandan Pengajaran, 7(3), 10779–10787. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/31987/21465

Novyantri, R., & Setiawardani, M. (2021). The Effect Of E-Service Quality On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As A Mediation Variable On Dana’s Digital Wallet (Study On Dana Users) Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Dompet Digital Dana (Studi Pada Pengguna Dana). International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 2(3), 49–58. https://ijabo.a3i.or.id

Nurohman, Y. A., Qurniawati, R. S., & Azhar, F. A. (2022). Pembayaran Digital Sebagai Solusi Transaksi Di Masa Pandemi Covid 19: Studi Masyrakat Muslim Solo Raya). Among Makarti, 15(2), 260–275. https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.333

Putra, O. Y. S., Sihombing, S., & Tasran, C. (2020). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Digital Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandara Internasional Kualanamu. Warta Ardhia, 46(1), 60–70. https://doi.org/10.25104/wa.v46i1.383.60-70

Rahayu, L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 672–685. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1303

Ristyawati, A. (2020). Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 240–249. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.240-249

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta. (Vol. 5, Issue 1).

Widodo, K. D., Juanda, B., & Hakim, D. B. (2024). Determinan Implementasi Central Bank Digital Currency di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 12(1), 120–137. https://doi.org/10.21002/jepi.2024.8

Wistiasari, D., Hasan, G., Limanda, K. Y., Ohanna, N., Shevia, & Giorgyna. (2023). Peran Supply Chain Management Terhadap Customer Retention Pada Pt. Kimia Farma, Tbk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Terakreditasi Sinta, 4(3), 699–707. http://jim.unsyiah.ac.id/ekm

Wulandari, P., & Idayanti, R. (2023). Peran Aplikasi Dompet Digital Indonesia (DANA) dalam Memudahkan Masyarakat melakukan Pembayaran Digital. Islamic Banking and Finance, 3(2), 429–441. https://doi.org/10.30863/ibf.v3i2.5438

Yolanda, V., Mas’ud, R., & Hasanah, S. M. (2022). Pengaruh Teknologi Keuangan Dan Kualitas Layanan Digital Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Masbagik. Iqtishaduna, 13(1), 63–83. https://doi.org/10.20414/iqtishaduna.v13i1.5373

Downloads

Published

2025-04-12

How to Cite

Ekfial, E., Sampurno, S., & Derriawan, D. (2025). PENGARUH LAYANAN INFORMASI DIGITAL TERHADAP TRANSAKSI DIGITAL DAN KINERJA APOTEK KIMIA FARMA DEPOK. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 1413–1420. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43632

Issue

Section

Articles