PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE CERAMAH DAN MEDIA INDEX CARD MATCH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI TENTANG ANEMIA DI SMPN 1 CIKARANG UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43503Keywords:
Anemia, Ceramah, Index Card Match, Pengetahuan, SikapAbstract
Anemia menjadi perhatian serius karena prevalensinya yang tinggi mencapai 29,9% pada remaja putri di dunia. Meskipun pemerintah telah berupaya menurunkannya, konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri hanya 16,7% pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendidikan kesehatan melalui kombinasi ceramah dan media Index Card Match terhadap pengetahuan dan sikap siswi di SMPN 1 Cikarang Utara. Metode penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experiment dan pendekatan two group pretest-posttest design with control group. Populasi penelitian adalah siswi usia 13-14 tahun di kelas VIII SMPN 1 Cikarang Utara. Sampel sebanyak 136 responden ditentukan dengan rumus Isaac & Michael, terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2024. Hasil nilai rerata pengetahuan kelompok eksperimen 9,49 dan post-test 13,94 sedangkan kelompok kontrol nilai pre-test 9,09 dan post-test 9,12. Rerata nilai sikap kelompok eksperimen untuk pre-test 49,38 dan post-test 54,40 sedangkan kelompok kontrol nilai pre-test 46,24 dan post-test 46,28. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan melalui penggunaan ceramah dan media Index Card Match terhadap pengetahuan siswi mengenai anemia dengan p-value=0.000 (0<0.05) dan memberikan pengaruh bagi sikap siswi mengenai anemia dengan p-value=0.000 (P<0.05). Terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, dengan uji Mann Whitney dengan p-value=0.000 (P<0.05). Melalui penelitian ini, para siswi dapat lebih mudah memahami informasi terkait anemia, sehingga diharapkan mampu menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepatReferences
Abdillah, M. A. I., Triawanti, T., Rosida, A., Noor, M. S., & Muthmainah, N. (2023). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mengonsumsi Tablet Tambah Darah. Homeostasis, 5(3), 648. https://doi.org/10.20527/ht.v5i3.7739
Amirul, I. M. E. L. A. A. S., Indah, K. T. M. R. W. N., & Yumeida, P. dan T. (2023). Buku Saku Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri dan Ibu Hamil.
Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209
Arumsari, E. (2019). Program Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Gizi (Vol. 7).
Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri, 12(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp12.1.2010.21-9
Dina Raidanti, R. W. (2022). Efektivitas Penyuluhan Dengan Media Promosi Leaflet Dalam Pencegahan Kanker Serviks. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).
Dinkes Provinsi Jawa Barat. (2022). Profil Kesehatan Jawa Barat 2022. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.
Fitriana, & Pramardika, D. D. (2019). The Indonesian Journal of Health Promotion Open Access Evaluasi Program Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri Evaluation of Blood-Tableting Programs in Young Women. MPPKI Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 2(3), 200–207. https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3
Indrawatiningsih, Y., Hamid, S. A., Sari, E. P., & Listiono, H. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Anemia pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 331. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1116
Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan.
Kemenkes, R. (2018). Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Book, 92.
Kemenkes RI. (2020). Pedoman pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri pada masa pandemi COVID-19. Kementrian Kesehatan RI, 22. http://appx.alus.co/direktoratgiziweb/katalog/ttd-rematri-ok2.pdf
Lestari, P., Widardo, W., & Mulyani, S. (2016). Pengetahuan Berhubungan dengan Konsumsi Tablet Fe Saat Menstruasi pada Remaja Putri di SMAN 2 Banguntapan Bantul. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 3(3), 145. https://doi.org/10.21927/jnki.2015.3(3).145-149
Notoadmodjo. (2018). Metode Penelitian. Jurnal Kesehatan, 36–40.
Nursalam, N. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. In Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (4th ed.). Jakarta. In Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis.
Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. In Jakarta: Rineka Cipta.
Rojabtiyah, U. R. (2019). Efektivitas Promosi Kesehatan Menggunakan Metode Index Card Match dan Metode Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pada Disabilitas Intelektual Ringan. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 15(2), 68–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v15i2.26301
SDKI. (2017). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia Tahun 2017.
Sunardi, Alimansur, M., Mirasa, Y. A., & Winarti, E. (2023). Promosi Kesehatan Melalui Metode Role Play Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remajatentang Anemia. Jurnal Pengabdian Kesehatan (JUPKes), 3(1), 43–49. http://ejournal.stikeselisabethmedan.ac.id:85/index.php/JUPKes/article/view/589/376
Syaiful, Y., Fatmawati, L., Qomariah, S. N., & Firdani, M. (2021). Dampak metode pencocokan kartu indeks terhadap pengetahuan dan sikap tentang keputihan pada remaja putri. 4(3), 221–227.
WHO. (2018). Adolescent Health. Who.Int. https://www.who.int/health-topics/adolescent-health
WHO. (2021). World Health Organization.. - World Health Organization. Who, 2019(December), 5. https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/arsenic
WHO. (2023). Prevalence of anaemia in women of reproductive age ( aged 15-49 ) (%) Location type Prevalence of anaemia in women of repro. The Global Health Observatory, 2023.
Yuda, A., Solihati, & Septimar, Z. M. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Poster Leaflet Dan Permainan Index Card Match Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 283–291.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diana Iswara Indra Putri, Farida Fasha Davina, Triseu Setianingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







