EFEKTIFITAS HAZARD IDENTIFICATION GAME TERHADAP PENGETAHUAN BAHAYA DAN RISIKO SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43470Keywords:
efektifitas, eksperimen, game, hazard, K3, pengetahuanAbstract
Edukasi tentang K3 di sekolah masih terfokus pada metode konvensional sehingga diperlukan adanya alternatif media pembelajaran yang lebih menarik dalam memahami konsep identifkasi bahaya dan risiko di area kerja. Hazard Identification Game, merupakan permainan identifikasi bahaya dan risiko di tempat kerja yang belum dilakukan ujicoba di sekolah menengah kejuruan (SMK). Penulis melakukan ujicoba game tersebut di SMK Desa Putra untuk melihat efektivitas game dalam meningkatkan pengetahuan siswa terkait bahaya dan risiko di tempat kerja. Metode penelitan menggunakan metode eksperimen dengan teknik purposive sampling. Responden dibagi menjadi 3 kelompok: intervensi dengan PPT, PPT dan game, serta game saja. Instrumen penelitian menggunakan form untuk mengukur tingkat pengetahuan dari pretest dan posttest. Pengolahan data menggunakan analisis deskristif dan diuji menggunakan uji Kruskas Wallis. Secara deksriptif diketahui bahwa intervensi dengan game dapat meningkatkan tingkat pengetahuan siswa setelah posttest SMK Desa Putra dengan kategori Baik sebesar 89% dengan tingkat pengetahuan awal mayaoritas pada kategori Kurang dan Cukup. Dari uji kruskas wallis diperoleh p-value < 0.005 sehingga dapat disimpulkan bahwa perubahan tersebut signifikan. Berdasarkan analisis deskriptif dan uji kruskas wallis, intervensi 3 (dengan game) terbukti secara signifikan meningkatkan pengetahuan bahaya dan risiko siswa SMK Desa Putra.References
Adiratna Y, Astono S, Fertiaz M, Subhan, Sugistria CAO, Prayitno H, Khair RI, Brando A, Putri BA. (2022) “Profil Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Nasional Indonesia Tahun 2022”. Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia: Jakarta.
Azizah HAN, Amelia CR, Dewi M. (2018). Perbedaan Pengaruh Metode Simulation Game (SIG) dengan Audio Visual terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Putri di SMK Negeri 1 Pujon. Journal of Issues in Midwifery. Vol 2,No 2, 1-11.
Elviana E, Riana M, Latif A, Nurhasanah Y. (2022) “Fire Safety Game: an Educational Learning Innovation to Increase Fire Safety Knowledge among Vocational Students” In Proceedings of the First Jakarta International Conference on Multidisciplinary Studies Towards Creative Industries, pp.1-5.
Ismara K. I, Suharjono A, Supriadi D. (2021) “Ubiquitous Learning in Occupational Health and Safety for Vocational Education” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 285–292, 2021, doi: 10.11591/IJERE.V10I1.20823.
Maharani SA. (2019). Perbandingan Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Antara Metode Brain Storming Dan Simulation Game (SIG) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Mengenai Kanker Payudara Pada Siswi Kelas XII SMAN 4 Malang. Skripsi. Universitas Brawijaya.
Nabilla, D.Y., dkk. (2022). Pengembangan Biskuit “Prozi” Tinggi Protein dan Kaya Zat Besi untuk Ibu Hamil sebagai Upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Amerta Nutrition, Vol. 6(1SP): 79-84. https://doi.org/10.20473/amnt.v6i1SP.2022.79-84
Nisa, Latifa Suhada. (2018). Kebijakan Penanggulangan Stunting di Indonesia. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 13(2): 173-179
Olo, A., Mediani, H.S., & Rakhmawati, W. (2021). Hubungan Faktor Air dan Sanitasi dengan Kejadian Stunting pada Balita di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2): 1113-1126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521
Priyanto, A.D., & Nisa, F.C. (2016). Formulasi Daun Kelor dan Ampas Daun Cincau Hijau sebagai Tepung Komposit pada Pembuatan Mie Instan. Jurnal Teknologi Pangan, 17(1): 29-36
Ram A, Med E, Ahmed R, Abuzeid M, Al Najjar A, and Abdulqader N. (2018) “Evaluating the Effect of Occupational Health Education on Workers Knowledge” Emerg. Med. Investig., vol. 2018, no. 05, pp. 1–4, doi: 10.29011/2475-560.
Rizqina F, Saputri R, Alawiyah T. (2022). Efektivitas Edukasi Media Leaflet dan Konseling Terhadap Pengetahuan Pelajar Tentang Zat Kimia Berbahaya Pada Kosmetik. Health Research Journal of Indonesia. Vol 1, No 1, pp. 1-8.
Rodrigues M. A, Vale C, Silva M. V. (2018) “Effects of An Occupational Safety Programme: A Comparative Study Between Different Training Methods Involving Secondary and Vocational School Students” Saf. Sci., vol. 109, no. March 2017, pp. 353–360, doi: 10.1016/j.ssci.2018.06.013.
Terok YC, Doda DVD, Adam H. (2020) “Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Tindakan Tidak Aman dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Kelompok Nelayan di Desa Tambala” Jurnal Kesmas, Vol. 09, No 1, Januari, p.114-121.
Thamrin Y. (2019) “Young Workers Health and Safety: a Summary of Literature Review,” J. Kesehatan. Masy. Marit., vol. 1, no. 1, doi: 10.30597/jkmm.v1i1.870
Yulianti S. (2020). Pengaruh Metode Simulation Game (SIG) Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Kecamatan Puyung. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol 4 No 3, 16-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elviana Elviana, Sheren Aryefa Leontin Kusuma, Faiz Rafi Hariyanto, Aliyyah Dwi Novita, Annisa Jasmine, Chario Chandra Wiranata Kusumah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







