FAKTOR – FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT : SYSTEMATIC REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43418Keywords:
faktor kepuasan pasien, rawat jalan, rumah sakitAbstract
Kepuasan pasien perlu ditinjau dari beberapa faktor. Kepuasan pasien menjadi faktor yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan rumah sakit dalam persaingan yang semakin kompetitif. Dari beberapa survei di berbagai tempat masih banyak keluhan pasien rawat jalan rumah sakit yang mengindikasikan faktor kepuasan pasien rawat jalan terus perlu dievaluasi. Tujuan dari systematic review ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan penelitian sebelumnya. Metode yang digunakan adalah systematic review dengan menggunakan artikel yang terbit yaitu antara tahun (2019 sampai 2024). Sumber artikel berasal dari jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari database Google Scholar dan PubMed, dengan kata kunci: “faktor kepuasan pasien, rawat jalan, rumah sakit” dan “patient satisfaction factors, outpatient, hospital”. Artikel kemudian disaring berdasarkan kriteria inklusi yang dirancang peneliti dengan mengacu pada panduan Prisma. Telaah terhadap 5 jurnal menunjukkan bahwa terdapat dimensi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien, yaitu mutu pelayanan yang terdiri dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari waktu tunggu, komunikasi, dan profesionalisme. Dimensi prespektif pasien yaitu pertimbangan biaya pengobatan medis. Dimensi aspek sosiodemografi yaitu pendidikan, pendapatan, tempat tinggal, jenis asuransi, usia pasien. Kesimpulan pada systematic review ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan yaitu mutu pelayanan, kualitas pelayanan, prespektif pasien, dan aspek sosiodemografi. Seluruh dimensi tersebut perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pasien, hal ini menjadi penting karena persaingan rumah sakit semakin kompetitif, sehingga perlu menjaga tingkat kepuasan pasien untuk bisa bersaing.References
Adhikari, M., Paudel, N. R., Mishra, S. R., Shrestha, A., & Upadhyaya, D. P. (2021a). Patient satisfaction and its socio-Demographic Correlates In A Tertiary Public Hospital In Nepal: A Cross-Sectional Study. Bmc Health Services Research, 21(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.1186/S12913-021-06155-3
Adhikari, M., Paudel, N. R., Mishra, S. R., Shrestha, A., & Upadhyaya, D. P. (2021b). Patient Satisfaction And Its Socio-Demographic Correlates In A Tertiary Public Hospital In Nepal: A Cross-Sectional Study. Bmc Health Services Research, 21(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.1186/S12913-021-06155-3
Al Rajab, M., & Andilah, S. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1, 73–86. Https://Medika.Respati.Ac.Id/Index.Php/Medika/Article/View/850
Bariya, U. K., Rosyidah, R., & Hidayat, M. S. (2024). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Narative Literatur Review. Jurnal Kesehatan Tadulako, 10, 547–555. Https://Jurnal.Fk.Untad.Ac.Id/Index.Php/Htj/Article/View/1213
Bhatt, L. D., Ghimire, S., & Khanal, K. (2024). Patient Satisfaction And Their Determinants In Outpatient Department Of A Tertiary Public Hospital In Nepal: A Cross-Sectional Study. Journal Of Patient-Reported Outcomes, 8(1). Https://Doi.Org/10.1186/S41687-024-00696-X
Buky, H. E., Pandie, D. B. W., & Littik, S. K. A. (2024). Pengaruh Mutu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan Rsud Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Journal Of Evidence-Based Nursing And Public Health, 1(1). Https://Doi.Org/10.61511/Jevnah.V1i1.2024.371
Elvina, E. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Putri Hijau Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 17(1), 27–32. Https://Doi.Org/10.33221/Jikes.V17i1.56
Fachri, M. (2024). Pelayanan Dan Daya Tanggap Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit X Tahun 2023. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 20, 87–98. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Jkk
Has’ad Rahman Attamimi, Yunita Lestari, & Nikodimus Margo Rinenggantyas. (2024). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan. Compromise Journal : Community Proffesional Service Journal, 2(1), 25–29. Https://Doi.Org/10.57213/Compromisejournal.V2i1.169
Hermiati, Hutapea, F., & Wiyono, T. (2017). Analisa Waktu Tunggu Pelayanan Radiologi Rs Santa Elisabet Batam. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (Marsi), 1(1), 42–50.
Indriasari, M. (2019a). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (1st Ed.). Unitomo Press. Http://Repository.Unitomo.Ac.Id/2773/1/Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.Pdf
Indriasari, M. (2019b). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (1st Ed.). Unitomo Press.
Kartikasari, D. (2019). Administrasi Rumah Sakit (I. Tri & T. R. Ratna A, Eds.; 1st Ed.).
Ke, L., Chen, J., Jia, J., Ke, P., Chen, X., Mao, Z., & Liu, B. (2020). Outpatients’ Satisfaction In The Context Of 10 Years Of Health-Care Reform: A Cross-Sectional Study Of Tertiary Hospitals In Shiyan, China. Patient Preference And Adherence, 14, 191–202. Https://Doi.Org/10.2147/Ppa.S233472
Mengistu, D. A., & Tolera, S. T. (2020). Prevalence Of Occupational Exposure To Needle-Stick Injury And Associated Factors Among Healthcare Workers Of Developing Countries: Systematic Review. In Journal Of Occupational Health (Vol. 62, Issue 1). John Wiley And Sons Inc. Https://Doi.Org/10.1002/1348-9585.12179
Mernawati, D., & Zainafree, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 1(1), 45–52.
Munawwaroh, A. I., & Indrawati, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Lerep. Indonesian Journal Of Public Health And Nutrition, 2(3), 268–277. Https://Doi.Org/10.15294/Ijphn.V2i3.55161
Nadillah Nurahma, Fitri Kumalasari, & Suwarto Suwarto. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(4), 134–146. Https://Doi.Org/10.55606/Makreju.V1i4.2164
Premenkes, Pub. L. No. Hk.01.07/Menkes/1128/2022, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (2022).
Premenkes Ri No 3, Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit 1 (2020).
Ramadhani, K. M. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Rsu Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2019 [Institut Kesehatan Helvetia]. In Journal Of …. Http://Repository.Helvetia.Ac.Id/Id/Eprint/2853
Ren, W., Sun, L., Tarimo, C. S., Li, Q., & Wu, J. (2021). The Situation And Influencing Factors Of Outpatient Satisfaction In Large Hospitals: Evidence From Henan Province, China. Bmc Health Services Research, 21(1). Https://Doi.Org/10.1186/S12913-021-06520-2
Steele, J. R., Jones, A. K., Clarke, R. K., & Shoemaker, S. (2015). Health Care Delivery Meets Hospitality: A Pilot Study In Radiology. Journal Of The American College Of Radiology, 12(6), 587–593. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jacr.2014.10.008
Tamara, C. V., Utami, T. N., & Aini, N. (2021). Analisis Pengaruh Komunikasi Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Klinik Pratama Siti Rahmah Tanjung Morawa. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 3, 29–38.
Yanti, R., Zulfikar, T., Wirawan, C., Mulyati, R., Asnar, S. M., & Supriatna, A. (2024). Peran Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Yang Berimplikasi Terhadap Loyalitas Pasien. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 15(2). Https://Journal.Ikopin.Ac.Id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evrin Isna Nur Kuncara, Sulistyawati Sulistyawati, Rosyidah Rosyidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







