LITERATURE REVIEW : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43299Keywords:
kepuasan pasien, kualitas pelayananAbstract
Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu pelayanan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan adalah rumah sakit. Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Kualitas pelayanan merupakan titik sentral bagi perusahaan jasa karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan, pelanggan akan merasa puas apabila mereka mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Metode yang digunakan yaitu literature review dengan desain narrative review untuk mengidentifikasi dan merangkum artikel yang telah diterbitkan sebelumnya mengenai pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Dari 20 artikel yang dirangkum, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien didominasi dengan pelayanan kesehatan dimensi empathy.References
Abdullah, R. P. I. (2019). The Influence of Leadership Style on Nurse Performance at Ibnu Sina Hospital Makassar. UMI Medical Journal, 4(1), 102–110.
Abdullah, R. P. I., Zulfahmidah, Z., & Abdullah, S. S. (2022). Penyuluhan Diet Diabetes Melitus dan Pemeriksaan Kadar Glukosa Darah Sewaktu Pasien Prolanis di Puskesmas Parangloe. Jurnal Pengabdian Kedokteran Indonesia, 3(2), 79–85. https://doi.org/10.33096/jpki.v3i2.194
Baan, R. R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RS. Bahagia Makassar. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis.
Hanifah, S., Khaidir, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pauh Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP).
Hasrianty., Sudirman., Rosnawati. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Wilayah Kerja Puskesmas Dolo Kabupaten Sigi. Jurnal Kolaboratif Sains.
Hastuti, E. H., Hikma, N., Setiyorini, H. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI. Jurnal Kesehatan Tambusai.
Ihsanul, M. Haeruddin, Sumiaty. (2023). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. Journal of Muslim Community Health (JMCH).
Lapudi, D. L., Sudharmono. (2024). Analisa Kepuasan Pasien terhadap Kesehatan Di Klinik Universitas Advent Indonesia. Jurnal Kesehatan.
Mutiara, N., Gustina, E., Rahutami, S. (2023). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Kesehatan. Cendekia Medika : Jurnal STIKES Al-Ma’arif Baturaja.
Najib, K., Nugroho, H. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal MANISE “Manajemen, Bisnis, dan Ekonomi”.
Ningsih, S. M., Haeruddin., Multazam. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Puskesmas Antang Perumnas. Window of Public Health Journal.
Putri Indarwati Abdulla, R. (2023). Hubungan Beban Kerja Mental dengan Kelelahan pada Pekerja di Perusahaan. Wal’afiat Hospital Journal, 04(01), 57–64.
Ramadhani, A., Hermana, C. (2023). Strategi Pelayanan Kesehatan Primer Dalam Mencapai Kinerja Program Puskesmas (Studi Kasus Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Tahun 2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Safitri, D., Anastasya, R. et al. (2022). Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan.
Setianingsih, A., Susanti, A. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit“S”. Jurnal Menara Medika.
Sondakh, V., Lengkong, V. D., Palar, N. (2022). Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Noongan. Jurnal Administrasi Publik.
World Health Organization. (2006). Quality of care : a process for making strategic choices in health systems. World Health Organization.
Yulianto., Yosepha, S. Y. (2022). Pengaruh Citra dan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien RS Tk. IV Cijantung Kesdam Jaya Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress.
Yunus, N. M., Abdullah, M. Z. et al. (2024). The Impact of Healthcare Service Quality on Patient Satisfaction at University Health Center. Information Management and Business Review.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muh. Fadlurrahman Ishak, Salahuddin A. Palloge, Rezky Putri Indarwati Abdullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).