LITERATURE REVIEW : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN

Authors

  • Muh. Fadlurrahman Ishak Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Umum, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Salahuddin A. Palloge Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Rezky Putri Indarwati Abdullah Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43299

Keywords:

kepuasan pasien, kualitas pelayanan

Abstract

Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu pelayanan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan adalah rumah sakit. Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Kualitas pelayanan merupakan titik sentral bagi perusahaan jasa karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan, pelanggan akan merasa puas apabila mereka mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Metode yang digunakan yaitu literature review dengan desain narrative review untuk mengidentifikasi dan merangkum artikel yang telah diterbitkan sebelumnya mengenai pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Dari 20 artikel yang dirangkum, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien didominasi dengan pelayanan kesehatan dimensi empathy.

References

Abdullah, R. P. I. (2019). The Influence of Leadership Style on Nurse Performance at Ibnu Sina Hospital Makassar. UMI Medical Journal, 4(1), 102–110.

Abdullah, R. P. I., Zulfahmidah, Z., & Abdullah, S. S. (2022). Penyuluhan Diet Diabetes Melitus dan Pemeriksaan Kadar Glukosa Darah Sewaktu Pasien Prolanis di Puskesmas Parangloe. Jurnal Pengabdian Kedokteran Indonesia, 3(2), 79–85. https://doi.org/10.33096/jpki.v3i2.194

Baan, R. R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RS. Bahagia Makassar. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis.

Hanifah, S., Khaidir, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pauh Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP).

Hasrianty., Sudirman., Rosnawati. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Wilayah Kerja Puskesmas Dolo Kabupaten Sigi. Jurnal Kolaboratif Sains.

Hastuti, E. H., Hikma, N., Setiyorini, H. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI. Jurnal Kesehatan Tambusai.

Ihsanul, M. Haeruddin, Sumiaty. (2023). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. Journal of Muslim Community Health (JMCH).

Lapudi, D. L., Sudharmono. (2024). Analisa Kepuasan Pasien terhadap Kesehatan Di Klinik Universitas Advent Indonesia. Jurnal Kesehatan.

Mutiara, N., Gustina, E., Rahutami, S. (2023). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Kesehatan. Cendekia Medika : Jurnal STIKES Al-Ma’arif Baturaja.

Najib, K., Nugroho, H. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal MANISE “Manajemen, Bisnis, dan Ekonomi”.

Ningsih, S. M., Haeruddin., Multazam. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Puskesmas Antang Perumnas. Window of Public Health Journal.

Putri Indarwati Abdulla, R. (2023). Hubungan Beban Kerja Mental dengan Kelelahan pada Pekerja di Perusahaan. Wal’afiat Hospital Journal, 04(01), 57–64.

Ramadhani, A., Hermana, C. (2023). Strategi Pelayanan Kesehatan Primer Dalam Mencapai Kinerja Program Puskesmas (Studi Kasus Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Tahun 2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Safitri, D., Anastasya, R. et al. (2022). Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Setianingsih, A., Susanti, A. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit“S”. Jurnal Menara Medika.

Sondakh, V., Lengkong, V. D., Palar, N. (2022). Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Noongan. Jurnal Administrasi Publik.

World Health Organization. (‎2006)‎. Quality of care : a process for making strategic choices in health systems. World Health Organization.

Yulianto., Yosepha, S. Y. (2022). Pengaruh Citra dan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien RS Tk. IV Cijantung Kesdam Jaya Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress.

Yunus, N. M., Abdullah, M. Z. et al. (2024). The Impact of Healthcare Service Quality on Patient Satisfaction at University Health Center. Information Management and Business Review.

Downloads

Published

2025-04-05

How to Cite

Ishak, M. F., Palloge, S. A., & Abdullah, R. P. I. (2025). LITERATURE REVIEW : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 811–825. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43299

Issue

Section

Articles