PENGARUH SARAPAN PAGI TERHADAP KONSENTRASI DAN DAYA TANGGAP ANAK TK DI INDONESIA : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Meilani Dwi Sapitri Program Studi Gizi, Jurusan Gizi, Universitas Sriwijaya
  • Fatria Harwanto Program Studi Gizi, Jurusan Gizi, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43278

Keywords:

anak TK, daya tanggap, gizi, konsentrasi, sarapan

Abstract

Sarapan pagi merupakan aktivitas penting yang berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan energi dan gizi anak-anak, khususnya dalam meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap mereka. Namun, masih banyak anak usia dini di Indonesia yang tidak sarapan atau mengonsumsi sarapan dengan kualitas gizi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kebiasaan sarapan dengan konsentrasi dan daya tangkap anak TK di Indonesia melalui metode literatur review. Studi ini meninjau enam penelitian yang relevan dengan desain observasional deskriptif dan korelasional yang dilakukan pada anak usia 4-5 tahun. Literatur yang digunakan diperoleh dari database Google Schoolar dan Portal Garuda, dengan rentang tahun publikasi 2015 hingga 2024. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literatur mencakup “Anak TK”, “Daya Tanggap”, “Gizi”, “Konsentrasi”, “Pengaruh Sarapan”. Studi yang terpilih kemudian dianalisis berdasarkan tujuan penelitian, metode yang digunakan, jumlah sampel, serta hasil utama yang di peroleh. Hasil review menunjukkan bahwa anak yang rutin sarapan memiliki tingkat konsentrasi dan daya tangkap yang lebih baik dibandingkan yang tidak sarapan. Penelitian oleh Hastriati & Joni (2024) menemukan bahwa sarapan pagi berkontribusi sebesar 20,25% terhadap daya tangkap, sementara 79,75% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti pola tidur, aktivitas fisik, dan lingkungan belajar. Selain itu, studi oleh Karissa (2017) dan Putri (2020) menunjukkan bahwa anak yang tidak sarapan cenderung mengalami kelelahan, mudah mengantuk, dan kurang fokus dalam pembelajaran. Temuan ini menekankan pentingnya kebijakan yang mendukung kebiasaan sarapan sehat bagi anak usia dini. Rekomendasi utama meliputi edukasi gizi kepada orang tua dan guru, penyediaan sarapan sehat di sekolah, serta peningkatan kesadaran akan pentingnya pola tidur dan aktivitas fisik untuk meningkatkan konsentrasi anak.

References

Adikara, B. (2024). Data Kemenkes Sebut 66,8 Persen Anak Sarapan dengan Pangan Rendah Gizi, Ajak Orang Tua untuk Lebih Peka dengan Pentingnya Makan Pagi. Jwapos.com. https://www.jawapos.com/kesehatan/014946928/data-kemenkes-sebut-668-persen-anak- sarapan-dengan-pangan-rendah-gizi-ajak-orang-tua-untuk-lebih-peka-dengan- pentingnya-makan-pagi

Al-Faida, N. (2021). Pengaruh Kebiasaan Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Stikes Persada Nabire Provinsi Papua. Ikesma: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 17(2),

81. https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i1.22397

Ekka, A., Ca, C., Abiddin, A. H., & Martiningsih, W. (2024). The Relationship Between Breakfast Habits and Learning Concentration of Elementary School Students. 1(3), 91– 98.

Gao, C. L., Zhao, N., & Shu, P. (2021). Breakfast Consumption and Academic Achievement Among Chinese Adolescents: A Moderated Mediation Model. Frontiers in Psychology, 12(November), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.700989

Hastriati, A. Y., & Joni. (2024). Hubungan Antara Sarapan Dengan Daya Tangkap Anak kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Sekecamatan Binawidya Pekanbar. Jurnal Pendidikan Tuntas, 2(2), 97–107.

Hazizah, A. W., Embrik, I. S., & Pratiwi, A. (2024). Pengaruh Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Anak Kelas V Di SDN 04 Tigaraksa. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 323–328.

Hibatulloh, H. M. (2023). Pengaruh aktivitas fisik terhadap kemampuan belajar siswa. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 3(10). https://doi.org/10.17977/um067.v3.i10.2023.3

Karissa, V. C. (2017). Hubungan Antara Sarapan Dengan Daya Tangkap Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, VI(4), 390–399.

Kawabata, M., Lee, K., Choo, H. C., & Burns, S. F. (2021). Breakfast And Exercise Improve Academic And Cognitive Performance In Adolescents. Nutrients, 13(4). https://doi.org/10.3390/nu13041278

Luthfillah, M., & Aryanto, S. J. (2022). Pengaruh Sarapan Pagi Terhadap Kosentrasi Belajar Anak Usia Dini Di Ra Roudhotut Tholibin Morobakung Gresik. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 590. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.727

Nisa, N. H. P. K., & Arifin, M. B. U. B. (2021). Pengaruh Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas 5 MINU Durung Bedug Candi Sidoarjo. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 152–163. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.7598

Nova, R. E., & Marlina, S. (2023). Hubungan Pembiasaan Pemberian Sarapan Dengan Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun di Kenagarian Koto Kaciak Kabupaten Pasaman. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.763

Pitaloka, W. (2019). Terdapat Hubungan Kebiasaan Sarapan Dengan Konsentrasi Belajar Anak TK B di TK Pertiwi 01 Krasak Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pratiwi, S., & Asi’ah, Y. N. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui

Kegiatan Menjahit. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 1(1), 114–122.

Putri, M. S. K. (2020). Dampak Sarapan Terhadap Daya Tangkap Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak–Kanak Negeri 2 Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/12094/%0Ahttp://repository.radenintan.ac. id/12094/1/skripsi 2.pdf

Downloads

Published

2025-04-07

How to Cite

Sapitri, M. D., & Harwanto, F. (2025). PENGARUH SARAPAN PAGI TERHADAP KONSENTRASI DAN DAYA TANGGAP ANAK TK DI INDONESIA : LITERATURE REVIEW. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 942–948. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43278

Issue

Section

Articles