PENGARUH SARAPAN PAGI TERHADAP KONSENTRASI DAN DAYA TANGGAP ANAK TK DI INDONESIA : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43278Keywords:
anak TK, daya tanggap, gizi, konsentrasi, sarapanAbstract
Sarapan pagi merupakan aktivitas penting yang berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan energi dan gizi anak-anak, khususnya dalam meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap mereka. Namun, masih banyak anak usia dini di Indonesia yang tidak sarapan atau mengonsumsi sarapan dengan kualitas gizi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kebiasaan sarapan dengan konsentrasi dan daya tangkap anak TK di Indonesia melalui metode literatur review. Studi ini meninjau enam penelitian yang relevan dengan desain observasional deskriptif dan korelasional yang dilakukan pada anak usia 4-5 tahun. Literatur yang digunakan diperoleh dari database Google Schoolar dan Portal Garuda, dengan rentang tahun publikasi 2015 hingga 2024. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literatur mencakup “Anak TK”, “Daya Tanggap”, “Gizi”, “Konsentrasi”, “Pengaruh Sarapan”. Studi yang terpilih kemudian dianalisis berdasarkan tujuan penelitian, metode yang digunakan, jumlah sampel, serta hasil utama yang di peroleh. Hasil review menunjukkan bahwa anak yang rutin sarapan memiliki tingkat konsentrasi dan daya tangkap yang lebih baik dibandingkan yang tidak sarapan. Penelitian oleh Hastriati & Joni (2024) menemukan bahwa sarapan pagi berkontribusi sebesar 20,25% terhadap daya tangkap, sementara 79,75% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti pola tidur, aktivitas fisik, dan lingkungan belajar. Selain itu, studi oleh Karissa (2017) dan Putri (2020) menunjukkan bahwa anak yang tidak sarapan cenderung mengalami kelelahan, mudah mengantuk, dan kurang fokus dalam pembelajaran. Temuan ini menekankan pentingnya kebijakan yang mendukung kebiasaan sarapan sehat bagi anak usia dini. Rekomendasi utama meliputi edukasi gizi kepada orang tua dan guru, penyediaan sarapan sehat di sekolah, serta peningkatan kesadaran akan pentingnya pola tidur dan aktivitas fisik untuk meningkatkan konsentrasi anak.References
Adikara, B. (2024). Data Kemenkes Sebut 66,8 Persen Anak Sarapan dengan Pangan Rendah Gizi, Ajak Orang Tua untuk Lebih Peka dengan Pentingnya Makan Pagi. Jwapos.com. https://www.jawapos.com/kesehatan/014946928/data-kemenkes-sebut-668-persen-anak- sarapan-dengan-pangan-rendah-gizi-ajak-orang-tua-untuk-lebih-peka-dengan- pentingnya-makan-pagi
Al-Faida, N. (2021). Pengaruh Kebiasaan Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Stikes Persada Nabire Provinsi Papua. Ikesma: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 17(2),
81. https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i1.22397
Ekka, A., Ca, C., Abiddin, A. H., & Martiningsih, W. (2024). The Relationship Between Breakfast Habits and Learning Concentration of Elementary School Students. 1(3), 91– 98.
Gao, C. L., Zhao, N., & Shu, P. (2021). Breakfast Consumption and Academic Achievement Among Chinese Adolescents: A Moderated Mediation Model. Frontiers in Psychology, 12(November), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.700989
Hastriati, A. Y., & Joni. (2024). Hubungan Antara Sarapan Dengan Daya Tangkap Anak kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Sekecamatan Binawidya Pekanbar. Jurnal Pendidikan Tuntas, 2(2), 97–107.
Hazizah, A. W., Embrik, I. S., & Pratiwi, A. (2024). Pengaruh Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Anak Kelas V Di SDN 04 Tigaraksa. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 323–328.
Hibatulloh, H. M. (2023). Pengaruh aktivitas fisik terhadap kemampuan belajar siswa. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 3(10). https://doi.org/10.17977/um067.v3.i10.2023.3
Karissa, V. C. (2017). Hubungan Antara Sarapan Dengan Daya Tangkap Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, VI(4), 390–399.
Kawabata, M., Lee, K., Choo, H. C., & Burns, S. F. (2021). Breakfast And Exercise Improve Academic And Cognitive Performance In Adolescents. Nutrients, 13(4). https://doi.org/10.3390/nu13041278
Luthfillah, M., & Aryanto, S. J. (2022). Pengaruh Sarapan Pagi Terhadap Kosentrasi Belajar Anak Usia Dini Di Ra Roudhotut Tholibin Morobakung Gresik. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 590. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.727
Nisa, N. H. P. K., & Arifin, M. B. U. B. (2021). Pengaruh Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas 5 MINU Durung Bedug Candi Sidoarjo. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 152–163. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.7598
Nova, R. E., & Marlina, S. (2023). Hubungan Pembiasaan Pemberian Sarapan Dengan Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun di Kenagarian Koto Kaciak Kabupaten Pasaman. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.763
Pitaloka, W. (2019). Terdapat Hubungan Kebiasaan Sarapan Dengan Konsentrasi Belajar Anak TK B di TK Pertiwi 01 Krasak Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pratiwi, S., & Asi’ah, Y. N. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui
Kegiatan Menjahit. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 1(1), 114–122.
Putri, M. S. K. (2020). Dampak Sarapan Terhadap Daya Tangkap Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak–Kanak Negeri 2 Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/12094/%0Ahttp://repository.radenintan.ac. id/12094/1/skripsi 2.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meilani Dwi Sapitri, Fatria Harwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).