LITERATURE REVIEW : GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIN DI PUSKESMAS

Authors

  • Suci Ramadhani Magister Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Bhakti Kencana Bandung
  • Siti Saidah Magister Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Bhakti Kencana Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43218

Keywords:

Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, SERVQUAL, Puskesmas, Dimensi Kualitas

Abstract

Pelayanan kefarmasian di Puskesmas memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang berdampak pada kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas menggunakan model SERVQUAL. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review yang telah melakukan penelusuran publikasi ilmiah dalam lima tahun terakhir, dengan desain penelitian Descriptive Survei, Kuantitatif Deskriptif dan Descriptive Cross sectional. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat variasi tingkat kepuasan pasien, dengan dimensi empati dan ketanggapan sering kali mendapatkan nilai lebih tinggi, sementara dimensi kehandalan dan bukti fisik menunjukkan nilai yang lebih rendah. Penelitian juga menemukan kesenjangan signifikan antara harapan dan kenyataan pelayanan yang diterima di beberapa Puskesmas, sehingga banyak pasien yang merasa tidak puas. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah perlunya perbaikan dalam dimensi kehandalan dan bukti fisik untuk meningkatkan kepuasan pasien. Implikasi dari temuan ini mendorong pihak Puskesmas untuk lebih fokus pada pelatihan staf dan memperbaiki fasilitas agar dapat memenuhi ekspektasi pasien secara optimal.

References

Diana, K., Rinaldhi Tandah, M., Agnes, C., & Diwayani, M. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Palopo. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2).

Fadhilah, H., Nurlita, & Listiana, I. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada. Edu Masda Journal, 4(2). http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda

Fristiohady, A., Ode Muhammad Fitrawan, L., Dwi Pemudi, Y., Ihsan, S., & Bafadal, M. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Surya Medika (JSM), 6(1), 6–12. https://doi.org/10.33084/jsm.vxix.xxx

Hidayah, N., Sitepu, N., Hilda, H., Masniah, M., & Ulina, K. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di UPT Puskesmas Bromo Kecamatan Medan Denai. Jurnal Kesehatan Tadulako, 9(1), 27–35.

Imron, M., & Ananta Clarin Sheny. (2024). Strategi Perbaikan Pelayanan Kefarmasian Pada Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Gambiran Kota Kediri. Java Health Journal, 11(1), 1–11.

Karina Putri, A., Siti Fatimah, F., Dwinta, E., & Radne Imran Rimba, P. (2023). Evaluasi Kepuasan Pasien di Unit Kefarmasian Puskesmas Kalasan. INPHARNMED Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal), 7(2), 121–134. https://doi.org/10.21927/inpharnmed.v7i2.3442

Kementrian Kesehatan RI. (2024). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2024 Tentang Penyelenggaraan Pusat Kesehatan Masyarakat.

Langi, S., Winarti, E., Kadiri, U., & Timur, J. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Medis Indonesia (JIMI, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.35912/jimi.v3i1.2870

Luthfia, A. R., & Alkhajar, E. N. S. (2019). Praktik Pelayanan Publik: Puskesmas Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 71. https://doi.org/10.23969/decision.v1i2.1802

Mahendro, U. J., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17455

Mulyani, Fudholi, A., & Satibi. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Model Servqual di Puskesmas Kabupaten Garut Analysis of Patient Satisfaction Level of Pharmaceutical Services Using Servqual Models in Public Health. | Majalah Farmaseutik, 17(3), 284–295. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v1i1.54017

Novalisa Much Ilham A. W., Kusuma Anjar Mahardian, Kulsum Umu, Asmara Rany Indrani D., & Dewi Rahmawati Kartika. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kinerja Apoteker Puskesmas di Tiga Kabupaten: Purbalingga, Bajarnegara, Cilacap Tahun 2015. Pharmacy, 13(01).

Pambudy, A. P. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Dukun Gresik. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 1(1), 11. https://doi.org/10.30736/jpim.v1i1.2

Pangemanan, C., Citraningtyas, G., & Jayanto, I. (2021). Kesesuaian Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kota Tomohon. Pharmacon, 10(4), 1072–1080.

Prihartini, N., Yuniar, Y., Susyanty, A. L., & Raharni, R. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit dan Puskesmas di 11 Provinsi di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 10(1), 42–49. https://doi.org/10.22435/jki.v10i1.1697

Sari, M., & Sitorus, T. (2023). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi UPT Puskesmas Muliorejo Sunggal. Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(3).

Setiawan, D., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Nawangan Pacitan. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 79–85. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17439

Suciati, G., Zaman, C., Gustina, E., & Studi Magister Kesehatan Masyarakat, P. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 102–116.

Wardatun Hasanah, S. (2024). Strategi Implementasi Keselamatan Pasien Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rsud Abdoel Wahab Sjahranie. Jurnal Inovasi Nusantara, 3(1), 12–43.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Ramadhani, S., & Saidah, S. (2025). LITERATURE REVIEW : GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIN DI PUSKESMAS. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 1504–1510. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43218

Issue

Section

Articles