LITERATURE REVIEW : GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIN DI PUSKESMAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43218Keywords:
Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, SERVQUAL, Puskesmas, Dimensi KualitasAbstract
Pelayanan kefarmasian di Puskesmas memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang berdampak pada kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas menggunakan model SERVQUAL. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review yang telah melakukan penelusuran publikasi ilmiah dalam lima tahun terakhir, dengan desain penelitian Descriptive Survei, Kuantitatif Deskriptif dan Descriptive Cross sectional. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat variasi tingkat kepuasan pasien, dengan dimensi empati dan ketanggapan sering kali mendapatkan nilai lebih tinggi, sementara dimensi kehandalan dan bukti fisik menunjukkan nilai yang lebih rendah. Penelitian juga menemukan kesenjangan signifikan antara harapan dan kenyataan pelayanan yang diterima di beberapa Puskesmas, sehingga banyak pasien yang merasa tidak puas. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah perlunya perbaikan dalam dimensi kehandalan dan bukti fisik untuk meningkatkan kepuasan pasien. Implikasi dari temuan ini mendorong pihak Puskesmas untuk lebih fokus pada pelatihan staf dan memperbaiki fasilitas agar dapat memenuhi ekspektasi pasien secara optimal.References
Diana, K., Rinaldhi Tandah, M., Agnes, C., & Diwayani, M. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Palopo. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2).
Fadhilah, H., Nurlita, & Listiana, I. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada. Edu Masda Journal, 4(2). http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda
Fristiohady, A., Ode Muhammad Fitrawan, L., Dwi Pemudi, Y., Ihsan, S., & Bafadal, M. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Surya Medika (JSM), 6(1), 6–12. https://doi.org/10.33084/jsm.vxix.xxx
Hidayah, N., Sitepu, N., Hilda, H., Masniah, M., & Ulina, K. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di UPT Puskesmas Bromo Kecamatan Medan Denai. Jurnal Kesehatan Tadulako, 9(1), 27–35.
Imron, M., & Ananta Clarin Sheny. (2024). Strategi Perbaikan Pelayanan Kefarmasian Pada Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Gambiran Kota Kediri. Java Health Journal, 11(1), 1–11.
Karina Putri, A., Siti Fatimah, F., Dwinta, E., & Radne Imran Rimba, P. (2023). Evaluasi Kepuasan Pasien di Unit Kefarmasian Puskesmas Kalasan. INPHARNMED Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal), 7(2), 121–134. https://doi.org/10.21927/inpharnmed.v7i2.3442
Kementrian Kesehatan RI. (2024). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2024 Tentang Penyelenggaraan Pusat Kesehatan Masyarakat.
Langi, S., Winarti, E., Kadiri, U., & Timur, J. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Medis Indonesia (JIMI, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.35912/jimi.v3i1.2870
Luthfia, A. R., & Alkhajar, E. N. S. (2019). Praktik Pelayanan Publik: Puskesmas Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 71. https://doi.org/10.23969/decision.v1i2.1802
Mahendro, U. J., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17455
Mulyani, Fudholi, A., & Satibi. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Model Servqual di Puskesmas Kabupaten Garut Analysis of Patient Satisfaction Level of Pharmaceutical Services Using Servqual Models in Public Health. | Majalah Farmaseutik, 17(3), 284–295. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v1i1.54017
Novalisa Much Ilham A. W., Kusuma Anjar Mahardian, Kulsum Umu, Asmara Rany Indrani D., & Dewi Rahmawati Kartika. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kinerja Apoteker Puskesmas di Tiga Kabupaten: Purbalingga, Bajarnegara, Cilacap Tahun 2015. Pharmacy, 13(01).
Pambudy, A. P. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Dukun Gresik. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 1(1), 11. https://doi.org/10.30736/jpim.v1i1.2
Pangemanan, C., Citraningtyas, G., & Jayanto, I. (2021). Kesesuaian Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kota Tomohon. Pharmacon, 10(4), 1072–1080.
Prihartini, N., Yuniar, Y., Susyanty, A. L., & Raharni, R. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit dan Puskesmas di 11 Provinsi di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 10(1), 42–49. https://doi.org/10.22435/jki.v10i1.1697
Sari, M., & Sitorus, T. (2023). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi UPT Puskesmas Muliorejo Sunggal. Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(3).
Setiawan, D., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Nawangan Pacitan. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 79–85. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17439
Suciati, G., Zaman, C., Gustina, E., & Studi Magister Kesehatan Masyarakat, P. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 102–116.
Wardatun Hasanah, S. (2024). Strategi Implementasi Keselamatan Pasien Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rsud Abdoel Wahab Sjahranie. Jurnal Inovasi Nusantara, 3(1), 12–43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Ramadhani, Siti Saidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







