HUBUNGAN FAKTOR EUCS DENGAN MANFAAT PENGGUNAAN SIMPUS DI PUSKESMAS WILAYAH KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.42472Keywords:
EUCS, kepuasan pengguna, SIMPUSAbstract
Kemajuan teknologi informasi di sektor kesehatan semakin berkembang, mendorong penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) untuk mengembangkan efisiensi dan kualitas layanan. Sejak 2011, implementasi SIMPUS di Kota Surakarta belum optimal, dan hingga kini belum ada evaluasi menyeluruh terkait kepuasan penggunaanya. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna SIMPUS di Puskesmas Kota Surakarta menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Pendekatan studi yang diterapkan berupa observasional analitik dengan metode kuantitatif serta rancangan cross-sectional. Populasi sebanyak 172 pekerja dari 17 puskesmas di Wilayah Kota Surakarta. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 120 orang yang diperoleh menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan secara memilih kelompok secara acak (Cluster Sampling). Penelitian ini menganalisis variabel Content, Format, Accuracy, Timeliness, dan Ease of Use. Data dihimpun dari kuesioner dan dianalisis memakai metode univariat serta uji bivariat Chi-square. Hasil analisis mengungkapkan bahwa terdapat keterkaitan yang signifikan antara Content (p = 0,017), Format (p = 0,000), Timeliness (p = 0,000), dan Ease of Use (p = 0,021) dengan manfaat nyata penggunaan SIMPUS, sementara Accuracy tidak memiliki hubungan signifikan (p = 1,000). Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan aspek isi, format, ketepatan waktu, dan kemudahan penggunaan berperan penting di dalam keberhasilan implementasi SIMPUS. Oleh karena itu, optimalisasi sistem diperlukan untuk meningkatkan kepuasan penggunaan dan efektivitas layanan kesehatan di Puskesmas Kota Surakarta.References
Adiningsih, L. Y., Putri, P. C. S., & Boko, C. A. (2022). Hubungan Faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap Manfaat Nyata Penerapan ePuskesmas di Puskesmas I Denpasar Selatan. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 10(2), 126-133. https://doi.org/10.47007/inohim.v10i2.431
Adiputra, Z., & Garmelia, E. (2021). Analisis tingkat kepuasan pengguna sistem informasi puskesmas menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di puskesmas. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 4(1).
Adrianti, H. (2018). Pengaruh Faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) Terhadap Manfaat Nyata Pengguna Sistem Informasi Elektronik (E-Puskesmas) di Puskesmas Sawah Besar Jakarta. In Health Information Management Journal (Vol. 6, Issue 2).
Adrianti, H., & Usman, H. (2018). Pengaruh Faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) Terhadap Manfaat Nyata Pengguna Sistem Informasi Elektronik (E-Puskesmas) di Puskesmas Sawah Besar Jakarta. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 6(2), 63-69. https://doi.org/10.47007/inohim.v6i2.21
Alfiansyah, G., et al. (2020). Evaluasi kepuasan pengguna Electronic Health Record (EHR) menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di unit rekam medis pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Penelitian Kesehatan 'Suara Forikes' (Journal of Health Research ‘Forikes Voice’), 11(3), 258. https://doi.org/10.33846/Sf11307
Amelinda, S., Salsabila, G. S., Nuha, Y. K., & Pradesa, H. A. (2024). Optimalisasi layanan kesehatan melalui sosialisasi dan edukasi penggunaan sistem pendaftaran online di Puskesmas Rancaekek DTP. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2652–2661. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25909
Anderjovi, S., Hamzah, M. L., Maita, I., & Ahsyar, T. H. (2022, April). User satisfaction analysis of e-learning using End User Computing Satisfaction in COVID-19. Proceedings of the 4th African International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Nsukka, Nigeria (pp. 5-7).
Apriliana, C. (2024). Evaluasi sistem informasi manajemen puskesmas dengan metode HOT-FIT di Puskesmas Baki-2152200014 (Doctoral dissertation, Universitas Veteran Bangun Nusantara). https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/215
Artanto, F. A., Kusumawardani, H. H., Khoirruchim, A., & Himawan, G. (2023). End User Computing Satisfaction (EUCS) pada analisis kepuasan penggunaan website OpenLearning. Teknomatika, 13(1), 13–21.
Ariyanto, A. D. P., Setyawan, A. F., & Citra, A. D. P. (2023). Sosialisasi penggunaan sistem antrian online pada pelayanan klinik pratama di Desa Kebongembong, Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 449–454. https://doi.org/10.54082/jippm.112
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikasi (ICT) dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik Unisa Kuningan, 2(2), 39–46. https://www.neliti.com/publications/455512/perkembangan-teknologi-informasi-komunikasi-ict-dalam-berbagai-bidang
Darwati, L., & Fitriyani, F. (2022). Analisis pengukuran tingkat kepuasan pengguna aplikasi OVO menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Just IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 12(2). https://doi.org/10.24853/justit.12.2.%25p
Gita, A. P. A., Surya, N. T., & Kuraini, S. N. (2023). Analisis kepuasan tenaga kesehatan terhadap SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas) di Puskesmas Sibela Surakarta. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 11(3), 231–240. https://doi.org/10.14710/jmki.11.3.2023.231-240
Golo, Z. A., Fahyudi, A., & Wijayanta, S. (2023, September). Analysis of User Satisfaction to No Queue Health Service (Puskesmas Tanpa Antrian/u201cPustakau201d) using the End User Computing Method in Semarang. In The International Conference on Public Health Proceeding (Vol. 7, No. 01, pp. 537-542).
Herwati, I., Ayu, J. P., & Mustafida, L. (2023). User Satisfaction Analysis of Hospital Management Information System Using the EUCS Method at Mitra Delima Hospital. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 11(3), 260-268.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas. https://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/pmk-nomor-43-tahun-2019-tentang-puskesmas.pdf
Khomariyah, Z. Q., Khotimah, H., & Tauriana, S. (2024). Hubungan kepuasan tenaga kesehatan dalam penggunaan sistem informasi manajemen puskesmas (SIMPUS) di Puskesmas Pakuniran, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(3), 165–173. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v3i3.3064
Meiyana, N. S., Susanto, T., Rokhmah, D., Yunanto, R. A., & Rahmawati, I. (2023). Analysis of hospital management information system satisfaction using the end-user computing satisfaction method: A cross-sectional study: End-User Computing Satisfaction Method. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 11(1), 4-11.
Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi teknologi aplikasi aset dan kompetensi pegawai dalam peningkatan kinerja pegawai pengelolaan barang milik negara di SOPD Kota Cimahi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2800
Nawangsari, S., Harahap, R. K., Herlina, N., & Ekowati, E. (2023). Testing and analysis user satisfaction of Salute Bidan application using End User Computing Satisfaction. Journal of System and Management Sciences, 13(5), 457–469.
Padalia, A., & Natsir, T. (2022). End-User Computing Satisfaction (EUCS) model: Implementation of Learning Management System (LMS) on students’ satisfaction at universities. International Journal of Environment, Engineering and Education, 4(3), 100–107. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28706
Prasojo, I. B. (2024). Tantangan penerapan sistem informasi manajemen puskesmas di Indonesia: literature review (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/331709
Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis kepuasan pengguna aplikasi Flip.id menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 19–26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jeisbi/article/view/43245
Restu Candra Suryaningtyas, R. (2022). Analisis kepuasan pengguna sistem bridging SIMPUS dan Primary Care (P-Care) BPJS dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta). http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/3732
Shah, F. A. (2024). Assessment of End User Computing Satisfaction (EUCS) of Electronic Hospital Management Information System (eHMIS) in Lady Reading Hospital Peshawar Pakistan. Pakistan Journal of Medical Sciences, 40(11), 2458.
Suryandari, E. S. D. H. (2023). Evaluasi penerimaan sistem informasi manajemen puskesmas menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 12(1), 81–89. https://doi.org/10.33475/jikmh.v12i1.309
Suryaningtyas, R. C., Prasastin, O. V., Progam, M., Sarjana, S., Kesehatan, A., & Kesehatan, I. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Bridging Simpus Dan Primary Care (P-Care) Bpjs Dengan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Keseatan Kota Surakarta. http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/3732
Zulkarina, A. N., & Fannya, P. (2022). Gambaran tingkat kepuasan pengguna sistem informasi manajemen puskesmas Pasir Nangka Tigaraksa tahun 2022. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 608–614. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.9025
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Endah Cahya Mursiam, Noor Alis Setiyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







