ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT INAP ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MERAUKE TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.42345Keywords:
kepuasan pasien, kualitas pelayanan, rawat inap anakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Merauke berdasarkan karakteristik (Jenis Kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, kelas perawatan) orang tua pasien anak yang dirawat di ruang tersebut. Menganalisis Pengaruh Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Langsung, Empati dan kehandalan dalam pelayanan kesehatan yang merupakan gambaran kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien serta menemukan faktor dominan dari kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian dilakukan di Unit Rawat Inap, yakni ruang Rawat Anak Rumah Sakit Umum Daerah Merauke. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei berupa pengamatan sesaat dengan pendekatan kuantitatif, mengambil sampel menggunakan rumus Lameshow untuk menentukan jumlah sampel minimal jika populasi tidak diketahui atau tidak terbatas. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepuasan pasien dan data yang terkumpul bersifat kategorikal dan numerikal. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan analisis cross sectional, analisis univariat, bivariat dan multivariat dan diagram kartesius.References
Agustya, F. I., Allan, D., Sakti, K., & Pribadi, F. A. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Palang The Effect Of Service Quality To Patient Satisfaction At Patient Registration Puskesmas Palang. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan, 8(1), 71–83.
Akmaliah, G. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Baros Kota Sukabumi. Jurnal.Stikesmi.Ac.Id, 1(1), 1–12.
Ampera, A. (2018). Tanggung Jawab Rumah Sakit Terhadap Pasien Dalam Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan. Al-Ishlah : Jurnal Ilmiah Hukum, 21(2), 59–74. https://doi.org/10.33096/aijih.v20i2.17
Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
Aryska, M., & Kasmirudin. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). Jom Fisip, 4(1), 1–15.
Brown. (2017). LANDASAN TEORI A . Deskripsi Teori Brown.
Fachri, M. (2024). Pelayanan dan Daya Tanggap terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit X Tahun 2023. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 20(1), 87–98.
Ferial, A. (2014). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Instalasi Rawat Inap Rsud H. Sulthan Daeng Radja …. Osf.Io, 007001362012, 1–13.
Herudiansyah, G., Fitantina, F., & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah. Motivasi, 8(1), 9. https://doi.org/10.32502/mti.v8i1.5663
MELELO, S. S. (2023). PENGARUH RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE DI KOTA SAMARINDA. 5, 1–14.
Petra Surya Mega Wijaya, SE, M. S. (n.d.). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PASIEN, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS DI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA. 61–77.
Suhermi, S., Beda Ama, P. G., Ramun, V., & Djaali, N. A. (2019). Metode Diagram Kartesius Untuk Melihat Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 11(2), 161–168. https://doi.org/10.37012/jik.v11i2.112
Syahnita, R. (2021). PENGARUH RESPONSIVENESS DAN TANGIBLES TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN RIAK. Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat, 6.
Tampiasih, J., & Karno, D. (2023). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT Article Information. Jurnal Tampiasih, 1(2), 22–32.
Taufiq, M., Samsualam, & Surahman Batara, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkassar Parepare. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2022, 3(1), 83–92.
Tocqiun, P. (2019). PENGARUH DAYA TANGGAP DAN EMPATI PARA MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT DEMANG SEPULAU RAYA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. 2(April), 1–19.
Yunita Nirma. (2022). Jurnal Hubungan Kepuasan Keluarga Pasien pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap. Hubungan Kepuasan Keluarga Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru, XII(3), 1–5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mirna Abdullah, Achmad Lukman Hakim, Yunus Otto Ayamiseba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).