PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.41547Keywords:
kesadaran, konformitas, kontrol diri, perilaku merokokAbstract
Konformitas merupakan suatu perilaku yang ditampilkan oleh seseorang karena disebabkan orang lain juga menampilkan perilaku tersebut. Kontrol diri adalah kemampuan untuk mengendalikan dan meregulasi impuls atau dorongan, emosi, keinginan, harapan, dan perilaku lain yang berada di dalam diri. Kesadaran adalah keadaan seseorang di mana ia tahu/mengerti dengan jelas apa yang ada dalam pikirannya. Perilaku merokok adalah sesuatu aktivitas yang dilakukan individu berupa membakar dan menghisapnya serta dapat menimbulkan asap yang dapat terhisa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku merokok pada siswa Siswa Menengah Kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi analitik observasional menggunakan metode survei dan pembagian kuesioner dengan pendekatan cross sectional. variabel dalam penelitian ini variabel bebas Konformitas teman sebaya disekolah dan kontrol diri Variabel terikat Kesdaran dan perilaku merokok. Dalam penelitian ini yang menjadi instrumen penelitian yaitu kuesioner dari 4 peneliti sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur terbanyak yaitu 16 tahun (64,4%) dan yang paling sedikit yaitu 15 tahun (3,4%), jenis kelamin responden terbanyak yaitu laki-laki dengan jumlah 34 (57,6%), hasil pengaruh konformitas teman sebaya dengan kesadaran dan perilaku merokok pada siswa diperoleh nilai P-Value <0,005. Selanjutnya pengaruh kontrol diri dengan kesadaran dan perilaku merokok pada siswa diperoleh nilai P-Value <0,005. Kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara konformitas teman sebaya dan kontrol diri dengan kesadaran dan perilaku merokok.References
Aridha, P. J., & Rina, R. (2022). Kontrol Diri Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Merokok Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Psikologi, 10, 1.
Astuti, K. (2010). Model Kognitif Sosial Perilaku Merokok Pada Remaja. Disertasi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik. (2024). Data Perokok 2021-2023.
Bayu, M. S., & Triana N, E. D. (2020). Hubungan Antara Konformitas Terhadap teman Sebaya Dengan Kecenderungan Kenakalan Pada Remaja. Jurnal Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Eriksen, M., Mackay, J., Schluger, N., Gomeshtapeh, F. I., & Drope, J. (2018). The Tobaccoatlas Six Edition. Atlanta USA: The AMerican Cancer Society.
İçmeli ÖS, Türker H, Gündoğuş B, Çiftci M, Aka Aktürk Ü. Behaviours and opinions of adolescent students on smoking. Tuberk Toraks. 2016 Sep;64(3):217-222. English. doi: 10.5578/tt.20925. PMID: 28393728.
Khadija. (2020). Perkembangan Jiwa Keagamaan Pada Remaja. Ejournal, 0. Diambil kembali dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php.attaujih/.
Leatherdale ST, Manske S. The relationship between student smoking in the school environment and smoking onset in elementary school students. Cancer Epidemiol Biomarkers Prev. 2005 Jul;14(7):1762-5. doi: 10.1158/1055-9965.EPI-05-0065. PMID: 16030114.
Noviera, A. D. A. (2021) Hubungan antara kontrol diri dan penyesuaian diri dengan perilaku merokok pada siswa SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Putri, M., Daharnis, & ZIkra. (2019). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Membolos Siswa Di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Konselor, Vol 6 No 1.
Santrock, J. W. (2012). Life-span Development. (13th Ed). Americas, New York : Mc Graw-Hill.
Santrock, J. W. (2018). Adolescence (Remaja) (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Seo, C. D., & Huang, Y. (2012). Systematic review of social network analysis in adolescent cigarette smoking behavior. Journal of School Health. 21-27. doi: 10.1111/j.1746-1561.2011.00663.x.
Setiawan, I. D., Setiawan, O. R., & Lestari, S. M. (2020). Kontrol DIri Dan Perilaku Merokok Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Malahayati, 1-9.
Swearer, S. M., & Hymel, S. (2015). Understanding the psychology of bullying: Moving toward a social-ecological diathesis-stress model. American Psychologist. 70, 344–353. doi: 10.1037/a0038929.
Ulhaq, M. (2008). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Siswi SMAN 1 Parakan. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi UII.
Wang, Y., Tian, L., & Huebner, S. E., (2019). Parental control and Chinese adolescent smoking and drinking: The mediating role of refusal self-efficacy and the moderating role of sensation seeking. Children and Youth Services Review. 102, 63-72. doi: 10.1016/j.childyouth.2019.05.001.
World Helath Organization , W. (2020). Diambil kembali dari http://www.who.int
Wulan, K.D. (2012). Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Pada Remaja. Jurnal Humaniora. Vol. 3. No.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prisilia Karina Wurangian, Windy M. V. Wariki, Harsali F. Lampus, Bernabas H. R. Kairupan, Jehosua S. V. Sinolungan, Mercy I. R. Taroreh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).