ANALISIS PENYEBAB PENDING KLAIM BERKAS BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI

Authors

  • Marsa Arinal Haq S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kusuma Estu Werdani S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.41201

Keywords:

BPJS Kesehatan, Pending Klaim, Rawat Inap

Abstract

Berdasarkan data total pengajuan klaim Rumah Sakit Nirmala Suri periode bulan Januari-Juni 2024 sebanyak 4.392.  Sedangkan kasus pending klaim di Rumah Sakit Nirmala Suri sejumlah 377 (8,58%) kasus dengan rincian pada bulan Januari sebanyak 51 berkas (8%), bulan Februari 64 berkas (9%) bulan Maret 63 berkas (7,8%), bulan April 53 berkas (6%), bulan Mei berkas 47 (6%) dan pada bulan Juni yaitu 99 berkas (16%). Pending klaim memiliki dampak terjadinya keterlambatan pembayaran yang diajukan rumah sakit untuk pelayanan kesehatan oleh BPJS Kesehatan. Oleh sebab itu perlunya menganalisis penyebab pending klaim di Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penyebab pending klaim berkas BPJS Kesehatan pasien rawat inap di Rumah Sakit Nirmala Suri. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan populasi seluruh berkas pending klaim periode Januari-Juni 2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Variabel penelitian ini yaitu kelengkapan administrasi, kaidah koding, dan standar pelayanan. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif untuk menghitung frekuensi dan persentase dari setiap penyebab pending klaim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab pending klaim didominasi oleh kluster kelengkapan administrasi dengan persentase rerata sebesar 27,16 (39,4%) dengan konfirmasi penyebab paling tinggi yaitu pada konfirmasi pemeriksaan penunjang sebanyak 63 (38,7%). Diikuti dengan standar pelayanan, dengan persentase rerata sebanyak 19,83 (33,2%) dan konfirmasi penyebab paling besar yaitu konfirmasi rangkaian rawat inap sebanyak 35 (29,4%), terakhir yaitu kluster kaidah koding dengan persentase rerata 15,83 (27,4%) serta konfirmasi terhadap kluster ini didominasi oleh konfirmasi ketepatan kode diagnosis penyakit sebesar 53 (55,8%).

References

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. (2023). Panduan Pelaksanaan Klaim BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan.

Bella, C. R., Pratama, A., & Abidin, A. Z. (2024). Gambaran Penyebab Pending Claim BPJS Kesehatan Akibat Ketidaktepatan Kode Diagnosis di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS). RAMMIK: Jurnal Rekam Medik Dan Manajemen Informasi Kesehatan, 3(2), 7–17. https://doi.org/10.47134/rammik.v3i2.47

Christy, J., Nengsih, Y. G., Sitorus, M. S., & Widyasari, S. (2024). Faktor-Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Rawat Inap di RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 9(1), 100–106. http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI

Erlangga, D., Suhrcke, M., Ali, S., & Bloor, K. (2019). Correction: The impact of public health insurance on health care utilisation, financial protection and health status in low- and middle-income countries: A systematic review. PLOS ONE, 14(11), e0225237. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0225237

Farhansyah, F., Cahyani, H., & Amanda, J. (2024). Faktor Penyebab Pending Klaim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit X. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 21(6), 374–379.

Indawati, L., Dewi, D. R., Pramono, A. E., & Maryati, Y. (2018). Manajemen Informasi Kesehatan V: Sistem Klaim dan Asuransi Pelayanan Kesehatan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INACBG) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan RI.

Kurnia, E. K., & Mahdalena. (2022). Faktor penyebab pending klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap di Rumah Sakit X periode triwulan I tahun 2022. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional.

Maulida, E. S., & Djunawan, A. (2022). Analisis penyebab pending claim berkas BPJS Kesehatan pelayanan rawat inap Rumah Sakit Universitas Airlangga. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(6), 374–379.

Pranayuda, B., Haryanti, I., Utomo, Y., & Madiistriyatno, H. (2023). Analisis Penyebab Pending Klaim Pasien BPJS Kesehatan dalam Pengajuan Klaim di Rumah Sakit Umum Persahabatan. Blantika: Multidisciplinary Journal, 1(4), 7–17. https://rammik.pubmedia.id/index.php/rmik/article/download

Putri, N., Semiarty, R., & Syah, N. (2020). Health Insurance (BPJS-Kesehatan) late payment for hospital inpatient claims - a case study in West Sumatra. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 36(12), 352–357.

Rumah Sakit Nirmala Suri. (2024). Tentang Kami Rumah Sakit Nirmala Suri. Rsnirmalasuri.Com. https://www.rsnirmalasuri.com/tentang-kami/

Sari, D. A. N., & Cholifah, C. (2024). Decoding Health Care Complexity with Investigating Pending Claims in Indonesia. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 6(1). https://doi.org/10.21070/jims.v6i1.1601

Sari, N. W. A. A., & Hidayat, B. (2023). Analisis Faktor Penyebab Klaim Pending Pelayanan BPJS di Era JKN. Medicina, 54, 5–9. https://doi.org/https://doi.org/10.15562/medicina.v54i1.1203

Semarajana, I. N. G., & Soewondo, P. (2019). Factors Related to Pending Claim in Indonesian National Health Insurance (JKN): A Systematic Review. Proceedings of International Conference on Applied Science and Health, 4, Science for the Mankind: Translating Research Results into Policy and Practices.

Siswati, & Pratami, S. L. (2015). Hubungan Ketepatan Pemberian Kode Diagnosa dan Tindakan Terhadap Persetujuan Klaim BPJS. Jurnal Inohim, 3.

Sitorus, M. S., Hasibuan, P. M., Erlindai, Christy, J., & Manik, J. R. (2023). Factors Causing Pending Claims in BPJS Participant Patients at Imelda Worker General Hospital Indonesia Medan Year 2022. Jurnal Eduhealth, 14(2), 1118. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/healt

Ubaidillah, A., Ngestiono, H., Kristiani, N., & Prasetyowati, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Rawat Inap di RSUD RAA Soewondo Pati Periode Triwulan IV Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan, 2(2).

Wahyuni, F. S., Yudhana, A., & Dewi, W. P. (2024). Analysis Of Accuracy In Determining Diagnosis Coding And Completeness Of Claim Files For Pending Claims BPJS Kesehatan Inpatient Services UOBK Simpang Lima Gumul RSUD Kediri District. Journal of Hospital Management and Services, 6(1), 6–12. https://thejhms.org/index.php/JHMS

World Health Organization. (2020). Global Health Observatory: Health Financing.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Haq, M. A., & Werdani, K. E. (2025). ANALISIS PENYEBAB PENDING KLAIM BERKAS BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 765–774. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.41201

Issue

Section

Articles