PENGARUH EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO BLOG (VLOG) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU HAMIL DALAM PENCEGAHAN COVID 19 DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Inggrid Agatha Diru Universitas Padjadjaran Bandung
  • Dewi Marhaeni D. H Universitas Padjadjaran Bandung
  • Hadi Susiarno Universitas Padjadjaran Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.41036

Keywords:

COVID 19 prevention, pregnancy, educational vlog animation

Abstract

COVID 19 (Coronavirus Diseases 2019) merupakan wabah virus corona jenis SARS-CoV-2. Adapun salah satu media edukasi yang banyak digemari oleh ibu hamil adalah melalui video blog (Vlog). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan video blog (Vlog) sebagai media edukasi terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku ibu hamil dalam pencegahan COVID 19 dalam masa kehamilan. Penelitian ini menggunakan desain campuran (mixed methods) dengan strategi sequential exploratory. Kebutuhan informasi pada ibu hamil diketahui dari hasil kualitatif, lalu dilakukan uji pakar oleh ahli media visual dan komunikasi, ahli gizi, ahli obgyn dan ahli anak. Penelitian kuantitatif guna menganalisis pengaruh edukasi menggunakan video blogging (Vlog) terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu hamil tentang pencegahan COVID 19 dalam masa kehamilan. Sampel ditentukan dengan cara purposive sampling pada penelitian kualitatif dan simple random sampling pada penelitian kuantitatif. Didapatkan 6 sampel kualitatif dan 72 sampel kuantitatif. Uji pakar dilakukan oleh 10 orang ahli/pakar, kemudian diolah menggunakan Facets. Uji pengaruh dan uji beda dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil kualitatif menunjukkan bahwa dibutuhkannya media edukasi pencegahan COVID 19 dalam masa kehamilan. Pembuatan video blog (Vlog) terdiri dari 4 tema yaitu tujuan promosi kesehatan, karakteristik sasaran, media komunikasi, informasi dan teknologi, dan Substansi video. Hasil uji pakar menunjukkan bahwa video blog (Vlog) sudah layak untuk digunakan. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa skor pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan yang bermakna yaitu peningkatan rerata skor pengetahuan sebesar 33,3 (P<0,005), peningkatan rerata skor sikap sebesar 9,2 (P<0,005) dan peningkatan rerata skor perilaku sebesar 26,4 (P<0,005). Edukasi menggunakan video blog (Vlog) dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku tentang pencegahan COVID 19 dalam masa kehamilan.

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2020). Laporan Media Harian COVID 19.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).

F. Garry Cunningham ea. (2012).Obstetri Wiliams. Edisi ke -23. Jakarta: EGC

Hanifa W. (2010). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Bina Pustaka

Kaiamedia.(2016). Pengertian Vlog. http:/www.kaiamedia.com/pengertian-Vlog;

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID 19). Jakarta: Direktorat Surveilans Dan Karantina Kesehatan Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.(2020). Pedoman Bagi Ibu Hamil, Ibu Nifas Dan Bayi Baru Lahir, Selama Social Distancing. Jakarta: Sub Direktorat Kesehatan Maternal dan Neonatal Direktorat Kesehatan Keluarga Direktorat Jendderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. (2020) Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCov). Jakarta: Direktorat Surveilans Dan Karantina Kesehatan Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging.

Larasati, A. T., & Manalu, S. R. (2017). Dampak Menonton Vlog terhadap Perilaku Viewers Remaja (Studi Eksploratif Penonton Vlog) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Liu, H., Liu, F., Li, J., Zhang, T., Wang, D., & Lan, W. (2020). Clinical and CT imaging features of the COVID-19 pneumonia: Focus on pregnant women and children. Journal of infection, 80(5), e7-e13.

Munadi, Y. (2019). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan.

Pokja Infeksi Saluran Reproduksi Perkumpulan Obstetri Dan Ginekologi Indonesia. (2020). Rekomendasi Penanganan Infeksi Virus Corona (COVID 19) Pada Maternal (Hamil, Bersalin, Nifas). Surabaya: POGI.

Prawirohardjo, S. (2010). Ilmu kebidanan.

Priana, R. Y. S. (2017, May). Pemanfaatan vlog sebagai media pembelajaran teritegrasi tekhnologi informasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(1).

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Preciosa Alnashava, J. (2018). The potential of youtube as educational media for young people (Potensi youtube sebagai media edukasi bagi anak muda). Edulib, 8(1), 81-98.

Royal College of Obstretricians and Gynaecologists (2020). Royal College Of Midwives and Royal College of Paediatrics Dan Child Health (RCPCH). Coronavirus (COVID 19) Infection in Pregnancy, Information for Healthcare Proffesionals Version 1. London: Royal College of Obstretricians and Gynaecologists.

WHO. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID 19) Situation Report – 59.

Yu, N., Li, W., Kang, Q., Xiong, Z., Wang, S., Lin, X., ... & Wu, J. (2020). Clinical features and obstetric and neonatal outcomes of pregnant patients with COVID-19 in Wuhan, China: a retrospective, single-centre, descriptive study. The Lancet Infectious Diseases, 20(5), 559-564.

Zhou, W. (2020). The coronavirus prevention handbook: 101 science-based tips that could save your life. Simon and Schuster.

Downloads

Published

2025-02-07

How to Cite

Diru, I. A., Marhaeni D. H, D., & Susiarno, H. (2025). PENGARUH EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO BLOG (VLOG) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU HAMIL DALAM PENCEGAHAN COVID 19 DI KOTA BANDUNG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 328–341. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.41036

Issue

Section

Articles