PENGARUH EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO BLOG (VLOG) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU HAMIL DALAM PENCEGAHAN COVID 19 DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.41036Keywords:
COVID 19 prevention, pregnancy, educational vlog animationAbstract
COVID 19 (Coronavirus Diseases 2019) merupakan wabah virus corona jenis SARS-CoV-2. Adapun salah satu media edukasi yang banyak digemari oleh ibu hamil adalah melalui video blog (Vlog). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan video blog (Vlog) sebagai media edukasi terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku ibu hamil dalam pencegahan COVID 19 dalam masa kehamilan. Penelitian ini menggunakan desain campuran (mixed methods) dengan strategi sequential exploratory. Kebutuhan informasi pada ibu hamil diketahui dari hasil kualitatif, lalu dilakukan uji pakar oleh ahli media visual dan komunikasi, ahli gizi, ahli obgyn dan ahli anak. Penelitian kuantitatif guna menganalisis pengaruh edukasi menggunakan video blogging (Vlog) terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu hamil tentang pencegahan COVID 19 dalam masa kehamilan. Sampel ditentukan dengan cara purposive sampling pada penelitian kualitatif dan simple random sampling pada penelitian kuantitatif. Didapatkan 6 sampel kualitatif dan 72 sampel kuantitatif. Uji pakar dilakukan oleh 10 orang ahli/pakar, kemudian diolah menggunakan Facets. Uji pengaruh dan uji beda dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil kualitatif menunjukkan bahwa dibutuhkannya media edukasi pencegahan COVID 19 dalam masa kehamilan. Pembuatan video blog (Vlog) terdiri dari 4 tema yaitu tujuan promosi kesehatan, karakteristik sasaran, media komunikasi, informasi dan teknologi, dan Substansi video. Hasil uji pakar menunjukkan bahwa video blog (Vlog) sudah layak untuk digunakan. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa skor pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan yang bermakna yaitu peningkatan rerata skor pengetahuan sebesar 33,3 (P<0,005), peningkatan rerata skor sikap sebesar 9,2 (P<0,005) dan peningkatan rerata skor perilaku sebesar 26,4 (P<0,005). Edukasi menggunakan video blog (Vlog) dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku tentang pencegahan COVID 19 dalam masa kehamilan.References
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2020). Laporan Media Harian COVID 19.
David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).
F. Garry Cunningham ea. (2012).Obstetri Wiliams. Edisi ke -23. Jakarta: EGC
Hanifa W. (2010). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Bina Pustaka
Kaiamedia.(2016). Pengertian Vlog. http:/www.kaiamedia.com/pengertian-Vlog;
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID 19). Jakarta: Direktorat Surveilans Dan Karantina Kesehatan Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.(2020). Pedoman Bagi Ibu Hamil, Ibu Nifas Dan Bayi Baru Lahir, Selama Social Distancing. Jakarta: Sub Direktorat Kesehatan Maternal dan Neonatal Direktorat Kesehatan Keluarga Direktorat Jendderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. (2020) Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCov). Jakarta: Direktorat Surveilans Dan Karantina Kesehatan Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging.
Larasati, A. T., & Manalu, S. R. (2017). Dampak Menonton Vlog terhadap Perilaku Viewers Remaja (Studi Eksploratif Penonton Vlog) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Liu, H., Liu, F., Li, J., Zhang, T., Wang, D., & Lan, W. (2020). Clinical and CT imaging features of the COVID-19 pneumonia: Focus on pregnant women and children. Journal of infection, 80(5), e7-e13.
Munadi, Y. (2019). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan.
Pokja Infeksi Saluran Reproduksi Perkumpulan Obstetri Dan Ginekologi Indonesia. (2020). Rekomendasi Penanganan Infeksi Virus Corona (COVID 19) Pada Maternal (Hamil, Bersalin, Nifas). Surabaya: POGI.
Prawirohardjo, S. (2010). Ilmu kebidanan.
Priana, R. Y. S. (2017, May). Pemanfaatan vlog sebagai media pembelajaran teritegrasi tekhnologi informasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).
Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(1).
Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Preciosa Alnashava, J. (2018). The potential of youtube as educational media for young people (Potensi youtube sebagai media edukasi bagi anak muda). Edulib, 8(1), 81-98.
Royal College of Obstretricians and Gynaecologists (2020). Royal College Of Midwives and Royal College of Paediatrics Dan Child Health (RCPCH). Coronavirus (COVID 19) Infection in Pregnancy, Information for Healthcare Proffesionals Version 1. London: Royal College of Obstretricians and Gynaecologists.
WHO. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID 19) Situation Report – 59.
Yu, N., Li, W., Kang, Q., Xiong, Z., Wang, S., Lin, X., ... & Wu, J. (2020). Clinical features and obstetric and neonatal outcomes of pregnant patients with COVID-19 in Wuhan, China: a retrospective, single-centre, descriptive study. The Lancet Infectious Diseases, 20(5), 559-564.
Zhou, W. (2020). The coronavirus prevention handbook: 101 science-based tips that could save your life. Simon and Schuster.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inggrid Agatha Diru, Dewi Marhaeni D. H, Hadi Susiarno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).