PERAN ORGANISASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT DAM KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.39871Keywords:
kedisiplinan, motivasi belajar, organisasi sekolah, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana peran organisasi sekolah dalam meningkatkan semangat belajar dan kedisiplinan siswa, serta menganalisis faktor-faktor yang mendukung keberhasilan program organisasi sekolah di SMA Namira Islamic School Medan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan siswa yang aktif dalam berbagai organisasi sekolah, seperti Pramuka, OSIS, Paskibraka, PMR, dan PIE-R (Pengembangan Ilmu dan Riset). Wawancara difokuskan pada peran organisasi dalam menanamkan kedisiplinan, pengaruh partisipasi organisasi terhadap semangat belajar, serta tantangan yang dihadapi siswa dalam kegiatan organisasi. Penelitian ini juga mengeksplorasi dukungan sekolah terhadap pembinaan organisasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian narasi, dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada temuan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan dalam organisasi berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa, dengan memberikan dampak positif pada pengembangan keterampilan, kepercayaan diri, dan pengelolaan waktu yang efektif.References
Aminah, S., & Fathurrahman, M. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 45-52.
Anggryni, Meri., et al. (2021). Faktor Pemberian Nutrisi Masa Golden Age dengan Kejadian Stunting pada Balita di Negara Berkembang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2): 1764-1776. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.967
BPOM. 2016. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Acuan Label Gizi. Jakarta.
BPOM. 2016. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pengawasan Klaim pada Label dan Iklan Pangan Olahan. Jakarta.
Budiani, D.R., et al. (2020). Buku Saku: Pemanfaatan Tepung Daun Kelor sebagai Komponen Makanan Pendamping ASI (MPASI) Padat Nilai Gizi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Chairunnisa, E., Kusumastuti, A.C., & Panunggal, B. (2018). Asupan Vitamin D, Kalsium dan Fosfor pada Anak Stunting dan Tidak Stunting Usia 12-24 Bulan di Kota Semarang. Universitas Diponegoro, Semarang.
Dewi, Devillya Puspita. (2018). Substitusi Tepung Daun Kelor (Moringa Oleifera L.) pada Cookies Terhadap Sifat Fisik, Sifat Organoleptik, Kadar Proksimat, dan Kadar Fe. Jurnal Ilmu Gizi Indonesia, 1(2): 104-112
Dianti, R., Simanjuntak, B.Y., W, T.W. (2023). Formulasi Nugget Ikan Gaguk (Arius Thalassinus) dengan Penambahan Tepung Daun Kelor (Moringa Oleifera). Jurnal Media Gizi Indonesia, 18(2): 157-163. https://doi.org/10.20473/mgi.v18i2.157-163
Febriyanti, P. A., Soesanto, E., Nugroho, F. P., & Saragih, R. I. (2024). Pengembangan Diri Dalam Ruang Lingkup Organisasi Sekolah SMA (OSIS). Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(8), 51-60.
Lestari, N., & Suhartono, R. (2022). Pengaruh Organisasi Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 88-96.
Nugraha, P., & Kusuma, H. (2023). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa melalui Program OSIS di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(1), 22-31.
Qayyum, Q., Akib, H., & Darwis, M. (2019). Pengaruh Partisipasi dalam Organisasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Ramdhan, F., & Hartati, W. (2023). Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Organisasi Sekolah terhadap Semangat Belajar. Jurnal Edukasi dan Pembelajaran, 18(3), 101-110.
Saputra, R., Sari, M., & Putri, A. (2022). Pendekatan Partisipatif dalam Pengelolaan Organisasi Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 7(4), 77-86.
Sulastri, N., & Dewi, I. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Menumbuhkan Disiplin dan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(2), 55-64.
Wahyu Fatikhatul, U. (2020). Upaya Peningkatan Potensi Diri Melalui Organisasi Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Di SMA Negeri 1 Jatilawang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhayati Nurhayati, Salwa Siti Almira, Nur Anisa, Annisa Marsya Agustin, Sofia Raniah, Amanda Husnatul Nazli, Sahnaz Nurul Aghnia, Nilam Cahya Sari, Nurul Hidayah, Wan Yara Yasmin, Nadia Rizka Yulianda, Israyani Israyani, Najwa Safira Hasibuan, Eka Cahyani, Alya Dwi Ananta, Dwi Ajeng Ramadhani, M Iqbal Haqiqi Zein, Iqbal Firdaus Matondang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







