ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN KUALITAS MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DAYA KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.38963Keywords:
tingkat kepuasan, mutu pelayanan kefarmasian, instalasi farmasiAbstract
Kepuasan pasien merupakan merupakan indikator penting dalam pelayanan kefarmasian dan erat kaitannya dengan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada pasien sehingga mempengaruhi pasien untuk kembali lagi ke rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas mutu pelayanan kefarmasian serta hubungan kualitas mutu pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Daya Kota Makassar. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif non-eksperimental menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 318 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91,19% kualitas mutu pelayanan kefarmasian sangat baik, sedangkan pada tingkat kepuasan pasien mengunakan model servqual menunjukkan bahwa pada dimensi tangibles berada pada kategori sangat puas (83,15%), reliability sangat puas (81,46%), responsiveness puas (79,07%), emphaty puas (80,11%) dan assurance sangat puas (82,86%). Dari analisis data dengan menggunakan metode Chi-square terkait hubungan kualitas mutu pelayanan kefarmasian terhadap kepuuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Daya Kota Makassar didapatkan nilai probabilitas sig?0,05 yaitu sebesar 0,047 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut.References
Ahmad, F. (2019). Pengaruh persepsi mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di puskesmas Titi Papan Kecamatan Medan Deli Tahun 2019 (Doctoral dissertation, Universitas islam Negeri Sumatera Utara).
Boavida de Araujo, E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 29–39. https://doi.org/10.53416/jurmik.v2i2.105
Bunet, G. C. E., Lolo, W. A., & Rumondor, E. M. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Tanawangko. Pharmacon, 9(3), 397. https://doi.org/10.35799/pha.9.2020.30024
Citraningtyas, Marev, & Jayanto, G. (2021). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rsud Tagulandang. Pharmacon– Program Studi Farmasi, Fmipa, Universitas Sam Ratulangi, 10(129), 1115–1120.
Citraningtyas, G., Jayanto, I., Nangaro, J., & Nangaro, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS X Tahuna. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 10(1), 14. https://doi.org/10.22146/jmpf.45917
Dominika Priska Tsu, Tadeus A.L. Regaletha, & Yoseph Kenjam. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta JKN di Puskesmas Oesapa Tahun 2022. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(4), 399–408. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v1i4.1195
Fasirah, N., Umar, Z., & Mardahlia, D. (2024). Hubungan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di UPTD Puskesmas Remaja Samarinda. JURNAL MEDIA INFORMATIKA [JUMIN], 6(1), 100–107.
Irene, D. . (2015). Tingkat kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan di Apotek Instalasi Farmasi rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Surakarta.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2008). No. 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. In Direktorat Jenderal Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Vol. 49, pp. 69–73). https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation, society and inequalities(lsero).pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Permenkes No. 72 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Kefarmasian. Kemenkes RI, 13(May), 31–48.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020a). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 tentang. Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas, 879, 2004–2006.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020b). Permenkes No 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit, 3, 1–80. http://bppsdmk.kemkes.go.id/web/filesa/peraturan/119.pdf
Kristanti, N. D., Sumarni, & Wiedyaningsih, C. (2015). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Era Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 5(2), 72–79. https://journal.ugm.ac.id/jmpf/article/view/29543
Kunaedi, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang Tahun 2022. Journal of Pharmacopolium, 5(2), 118–125. https://doi.org/10.36465/jop.v5i2.914
Mahendro, U. J., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17455
Nur Azizah, R., Zulkarnain, I., & Mirawati. (2023). Analisis Mutu Pelayanan Kefarmasian Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Morowali. 15(1), 2085–4714.
Putri, D. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian terhadap Kepuasan, Kepercayaan, & Loyalitas Konsumen Apotek. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(1), 23. https://doi.org/10.24269/ijhs.v1i1.381
Raising, R. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Dan Apotek. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, 5(01), 31–37. https://doi.org/10.35311/jmpi.v5i01.44
Siregar, S. E. (2018). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (Doctoral dissertation).
Yan Kurniawan, K. (2018). Tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan kefarmasian di apotek wae laku ruteng kabupaten manggarai (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kupang).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siska Oktavina S. Palongko, Tadjuddin Naid, Mirawati Mirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







