KORELASI DURASI DAN FREKUENSI SCREEN TIME TERHADAP STATUS PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • Widia Sari Program Studi Keperawatan Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Ratna Dewi Program Studi Keperawatan Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Rian Adi Pamungkas Program Studi Keperawatan Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Novardian Novardian Program Studi Keperawatan Universitas Esa Unggul Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.38338

Keywords:

durasi, frekuensi, perkembangan anak, screen time

Abstract

Peningkatan penggunaan gadget selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, termasuk pada anak usia prasekolah. Penggunaan gadget tersebut akan berdampak positif dan negatif terhadap perkembangan anak yaitu gangguan perkembangan, perubahan perilaku dan emosional pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi durasi dan frekuensi screen time terhadap status perkembangan anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di RA Annida Uttalamidz Kota Tangerang dengan jumlah sampel sebanyak 40 anak dan orang tua. Instrumen pengukuran perkembangan menggunakan DDST II serta kuesioner untuk penilaian frekuensi dan durasi screen time. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas durasi penggunaan gadget pada anak adalah 3 jam per 24 jam (52.5%), frekuensi penggunaan gadget > 3x dalam 24 jam. Ditemukan juga bahwa ada hubungan antara durasi dan frekeunsi penggunaan gadget dengan perkembangan motorik halus, motorik kasar dan personal sosial (P<0.05) dengan nilai korelasi negatif. Oleh karena itu, diperlukan pembatasan serta monitoring dan pemdampingan oleh orang tua selama anak melakukan aktivitas screen time pada anak usia prasekolah untuk meminimalkan dampak negatif dari penggunaan screen time.

References

American Academy of Child and Adolescent Psychiatry. Screen Time and Children [Internet]. Washington, DC: AACAP; 2020 [cited 2024 June 20]. Available from: https://www.aacap.org/AACAP/Families_and_Youth/Facts_for_Families/FFF-Guide/Children-And-Watching-TV-054.aspx#:~:text=Managing%20a%20child's%20screen%20time,30%2D60%20minutes%20before%20bedtime

Alamri, M. M., Alrehaili, M. A., Albariqi, W., Alshehri, M. S., Alotaibi, K. B., & Algethami, A. M. (2023). Relationship Between Speech Delay and Smart Media in Children: A Systematic Review. Cureus, 15(9). https://doi.org/10.7759/cureus.45396

Dy, A. B. C., Dy, A. B. C., & Santos, S. K. (2023). Measuring effects of screen time on the development of children in the Philippines: a cross-sectional study. BMC Public Health, 23(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12889-023-16188-4

First Hardian Deotama & Gunarti Dwi Lestari. (2021). Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di PG/TK Asa Cendekia Pepe, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo. J+Plus Unesa, 10(1), 408–418.

Frankenburg WK, Dodds J, Archer P, Shapiro H, Bresnick B. Denver II: a major revision and restandardization of the Denver Developmental Screening Test. Pediatrics. 1992;89(1):91–7

G, C. S., V, H., Tumati, K. R., & Ramisetty, U. M. (2024). The Impact of Screen Time on Sleep Patterns in School-Aged Children: A Cross-Sectional Analysis. Cureus, 16(2), 1–8. https://doi.org/10.7759/cureus.55229

Kabali, H. K., Irigoyen, M. M., Nunez-Davis, R., Budacki, J. G., Mohanty, S. H., Leister, K. P., & Bonner, R. L. (2015). Exposure and use of mobile media devices by young children. Pediatrics, 136(6), 1044–1050. https://doi.org/10.1542/peds.2015-2151

Karani, N. F., Sher, J., & Mophosho, M. (2022). The influence of screen time on children’s language development: A scoping review. South African Journal of Communication Disorders, 69(1), 1–7. https://doi.org/10.4102/sajcd.v69i1.825

K?l?ç, A. O., Sari, E., Yucel, H., O?uz, M. M., Polat, E., Acoglu, E. A., & Senel, S. (2019). Exposure to and use of mobile devices in children aged 1–60 months. European Journal of Pediatrics, 178(2), 221–227. https://doi.org/10.1007/s00431-018-3284-x

Levine, L. E., Waite, B. M., Bowman, L. L., & Kachinsky, K. (2019). Mobile media use by infants and toddlers. Computers in Human Behavior, 94(September 2018), 92–99. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.12.045

Madigan, S., Browne, D., Racine, N., Mori, C., & Tough, S. (2019). Association between Screen Time and Children’s Performance on a Developmental Screening Test. JAMA Pediatrics, 173(3), 244–250. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2018.5056

Martzog, P., & Suggate, S. P. (2022). Screen media are associated with fine motor skill development in preschool children. Early Childhood Research Quarterly, 60, 363–373. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.03.010

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47.

Panjeti-Madan, V. N., & Ranganathan, P. (2023). Impact of Screen Time on Children’s Development: Cognitive, Language, Physical, and Social and Emotional Domains. Multimodal Technologies and Interaction, 7(5). https://doi.org/10.3390/mti7050052

Purwanto, N. P., Kristanto, E., & Adjie, K. (2021). Korelasi Screen Time Terhadap Perkembangan Berbahasa Anak USia 2-5 Tahun. Ebers Papyrus, 27(2), 66–74.

Radesky, J. S., & Christakis, D. A. (2016). Increased Screen Time: Implications for Early Childhood Development and Behavior. Pediatric Clinics of North America, 63(5), 827–839. https://doi.org/10.1016/j.pcl.2016.06.006

Tamana, S. K., Ezeugwu, V., Chikuma, J., Lefebvre, D. L., Azad, M. B., Moraes, T. J., Subbarao, P., Becker, A. B., Turvey, S. E., Sears, M. R., Dick, B. D., Carson, V., Rasmussen, C., Pei, J., & Mandhane, P. J. (2019). Screen-time is associated with inattention problems in preschoolers: Results from the CHILD birth cohort study. PLoS ONE, 14(4), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0213995

Yuan, R., Zhang, J., Song, P., & Qin, L. (2024). The relationship between screen time and gross motor movement: A cross-sectional study of pre-school aged left-behind children in China. PLoS ONE, 19(4 April), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0296862

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Sari, W., Dewi, R., Pamungkas, R. A., & Novardian, N. (2024). KORELASI DURASI DAN FREKUENSI SCREEN TIME TERHADAP STATUS PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 7304–7309. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.38338