PENGARUH DAYA TANGGAP, KEHANDALAN, JAMINAN, EMPATI DAN BUKTI FISIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH AL-ISHAQIY

Authors

  • Paxia Reyna Prisya Department of Hospital Administration, Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Indonesia
  • Hendra Achmadi Department of Hospital Administration, Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.38217

Keywords:

daya tanggap, empati, kehandalan, jaminan, kepuasan pasien

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien BPJS di RS Bedah Khusus Al-Ishaqiy yaitu daya tanggap, keandalan, kepastian, empati, dan bukti fisik yang disajikan. Teknik penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pasien yang dirawat dengan BPJS di RS Bedah Khusus Al-Ishaqiy selama bulan Januari dan Februari 2024 dimasukkan ke dalam sampel penelitian. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah seratus orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian ini, komponen bukti fisik dan kepastian terbukti memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pasien terhadap BPJS (nilai p < 0,05). Temuan ini sangat relevan bagi manajemen rumah sakit, yang harus terus mengembangkan karakteristik layanan yang terkait dengan kelima dimensi tersebut untuk meningkatkan kepuasan pasien BPJS dan memastikan keberlanjutan perawatan kesehatan yang baik. Temuan penelitian ini diharapkan dapat membantu rumah sakit meningkatkan kualitas layanan dan lebih memahami elemen-elemen yang memengaruhi kebahagiaan pasien.

References

Amran, R., Apriyani, A., & Dewi, N. P. (2022). Peran Penting Kelengkapan Rekam Medik di Rumah Sakit. Baiturrahmah Medical Journal, 1(September 2021), 69–76.

Angelia, S. Y., Utami, S. A., Yanti, M., Willys, R., & Sumihardi, S. (2020). Evaluasi Kualitas Pelayanan Kesehatan Dasar Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kota Bukittinggi Tahun 2020. Jurnal BONANZA: Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 98–109. https://doi.org/10.47896/mb.v1i2.287

Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.33830/jom.v13i1.13.2017

Asari, A. F. (2022). Pengaruh Work-Life Balance terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Karimunjawa. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2001), 843–852. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/18565

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867

Djuria, R. F. (2019). The Implementation of Quality Prescription Service at Hospital, Pangkalpinang, Bangka Belitung. 243–243. https://doi.org/10.26911/the6thicph.04.05

Fadla Silvia, A., Saputra, W., Sunaryo, H., & Sinlae, F. (2024). Analisis Keamanan Data Pribadi pada Pengguna BPJS Kesehatan: Ancaman, Risiko, Strategi Kemanan (Literature Review). Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(1), 201–207. https://jurnal.intekom.id/index.php/njms

Ida Bagus Made Dwi Indrawan. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jkn-Kis Terhadap Kepuasan Peserta Jkn-Kis Pada Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Rsud Dr. Murjani Sampit. Kindai, 16(2), 201–219. https://doi.org/10.35972/kindai.v16i2.390

Kesehatan, J. P., Pratiwi, Y., Rahmawaty, A., & Islamiyati, R. (2020). Peranan apoteker dalam pemberian swamedikasi pada pasien bpjs. 3(1), 65–72.

Marpaung, T. F. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Apotek Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Malinau. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(11), 2035–2042. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i11.456

Nurlina, Mahsyar, A., & Riskasari. (2021). Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Kecamatan Anggreja Kabupaten Enrekang. Jurnal Unismuh, 2(3), 1117–1130.

Prasetio, I. S., Marlina, H., & Jepisah, D. (2022). Analisis Indikator Mutu Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Arifin Achmad Pada Massa Pandemi Covid 19. Menara Ilmu, 16(2). https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3607

Ratnasari, I., & Damayanti, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pasien terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas 1 Peserta BPJS di RSUD Karawang. Jurnal CM-BJ, 2(2). https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/cmbj/article/view/117

Rizal, F., Marwati, T. A., & Solikhah, S. (2021). Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien: Studi Di Unit Fisioterapi. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 8(2), 54. https://doi.org/10.29406/jkmk.v8i2.2624

Sari, A. N., Setiawan, H., & Rizany, I. (2022). Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Pelaksanaan Patient Safety di RSD Idaman Kota Banjarbaru. Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.32584/jkmk.v5i1.1371

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Prisya, P. R., & Achmadi, H. (2024). PENGARUH DAYA TANGGAP, KEHANDALAN, JAMINAN, EMPATI DAN BUKTI FISIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH AL-ISHAQIY. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 3819–3826. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.38217