EAR DISORDER SCREENING IN IMPROVING HEARING QUALITY IN CHILDREN AT CIANTRA STATE ELEMENTARY SCHOOL 01 CIKARANG SELATAN BEKASI

Authors

  • Wiro A. Sumilat Medical Faculty, President University, Indonesia
  • Muhammad Subhan Alfaqih Medical Faculty, President University, Indonesia
  • Reza Yuridian Purwoko Medical Faculty, President University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.37996

Keywords:

Ear Screening, Cerumen, Hearing Disorders, Child Health

Abstract

Gangguan pendengaran pada anak usia sekolah merupakan masalah kesehatan yang dapat memengaruhi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional mereka. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 34 juta anak mengalami gangguan pendengaran, dengan 60% kasus dapat dicegah. Penelitian ini bertujuan untuk menyaring gangguan pendengaran serta meningkatkan kesadaran tentang kesehatan telinga pada siswa Sekolah Dasar Negeri Ciantra 01, Cikarang Selatan. Metode yang digunakan meliputi pemeriksaan otoskopi terhadap 68 siswa kelas 1 dan 5, disertai dengan edukasi kesehatan telinga. Persiapan dilakukan melalui koordinasi dengan pihak sekolah dan penyediaan peralatan medis seperti otoskop, lampu kepala, dan alat pembersih telinga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 26 siswa (38%) mengalami cerumen yang dapat memengaruhi fungsi pendengaran mereka, dan 6 siswa (23%) membutuhkan rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan. Selain itu, tidak ditemukan kelainan telinga lain yang signifikan. Kegiatan edukasi menunjukkan hasil positif, dengan siswa dan guru memperlihatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kebersihan telinga, sebagaimana tercermin dari keberhasilan siswa dalam kuis edukasi. Sekolah memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini dan merekomendasikan agar program serupa dilaksanakan secara rutin. Penelitian ini menyoroti pentingnya program pemeriksaan dan edukasi kesehatan telinga untuk mencegah gangguan pendengaran pada anak-anak. Implementasi program ini secara luas diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan proses belajar siswa, serta berkontribusi pada kebijakan kesehatan masyarakat terkait pencegahan gangguan pendengaran.

References

Akotey, S. C., Adza, E. K., Awini, A., Cobbinah, J. B., Darko, K., Ador, E. W., Arckertson, L. P., Dadzie-Bonney, P., Adzoe, C., & Asamoah, B. (2017). Significance of ear wax impaction in school children: a case of winneba west circuit, ghana. Significance, 35.

Damayanthi, M. N., & Ranganatha, S. C. (2016). Effectiveness of health education on knowledge regarding personal hygiene among school children in rural field practice area of medical college. Annals of Community Health, 4(4), 8.

Doyle, J., & Ristevski, E. (2010). Less germs, less mucus, less snot: teachers’ and health workers’ perceptions of the benefits and barriers of ear health programs in lower primary school classes. Australian Journal of Primary Health, 16(4), 352–359.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2010). Telinga sehat pendengaran baik. Kemkes.Go.Id. https://www.kemkes.go.id/article/view/840/telinga-sehatpendengaran-baik.html

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/350/2018 tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Otitis Media Supuratif Kronik. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/1989/2022 tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Tuli Sensorineural Kongenital. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ologe, F. E., & Kolade Ernest, S. (2004). Screening audiometry in a private primary school in Ilorin, Nigeria. Annals of Tropical Paediatrics, 24(2), 195–196.

Pengurus Pusat PERHATI-KL. (2016). Panduan praktek klinis prosedur tindakan (Vol. 2, pp. 19–20). Jakarta: Pengurus Pusat PERHATI-KL.

Shehieb, W., Ridha, A. M., & Sharif, T. (2018). Diagnostic Approach for Hearing Impairment and Earwax Blockage using Smartphone. 2018 2nd European Conference on Electrical Engineering and Computer Science (EECS), 123–127.

World Health Organization. (2021). World report on hearing. Geneva: World Health Organization. https://www.who.int/publications/i/item/world-report-on-hearing

Downloads

Published

2025-03-10

How to Cite

A. Sumilat, W., Alfaqih, M. S., & Purwoko, R. Y. (2025). EAR DISORDER SCREENING IN IMPROVING HEARING QUALITY IN CHILDREN AT CIANTRA STATE ELEMENTARY SCHOOL 01 CIKARANG SELATAN BEKASI. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 607–612. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.37996

Issue

Section

Articles