PENGARUH TERAPI MINDFULNESS TERHADAP SKOR GANGGUAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN KADER DI DESA TLAHAB LOR KABUPATEN PURBALINGGA

Authors

  • Iren Dwi Kintani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Suci Ratna Estria Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kris Linggardini Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wahyu Riyaningrum Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37926

Abstract

Gangguan emosional merupakan kondisi kesehatan yang mempengaruhi pikiran, perasaan dan suasana hati.Gangguan emosional, seperti kecemasan depresi, stress, sering dialami kader desa akibat peran ganda yang meningkatkan beban kerja. Untuk membantu mengatasi masalah ini, terapi mindfulness dapat menjadi solusi efektif. Terapi mindfulness adalah terapi yang menekankan pemfokusan pada peristiwa yang terjadi disini dan sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi mindfulness terhadap skor gangguan emosional dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest dengan subjek penelitian kader desa Tlahab Lor yang terdiri dari 35 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Peneliti menggunakan kuisioner Depression Anxiety Stress Scale (DASS) yang terdiri dari 42 item. Data penelitian diolah menggunakan SPSS 26. Analisis data meliputi uji univariat dan bivariat. Uji bivariat menggunakan uji paired t-test untuk data yang berdistribusi normal, serta uji wilcoxon untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil uji statistik didapatkan adanya pengaruh terapi mindfulness pada variabel gangguan emosional dan keterampilan kader dinilai peneliti, keterampilan kader dinilai kader didapatkan hasil dengan p-value 0,000 < 0,005 yang artinya terdapat pengaruh dalam penurunan skor ganguan emosional, keterampilan kader dinilai peneliti, dan keterampilan kader dinilai kader. Dapat disimpulkan bahwa pemberian terapi mindfulness berpengaruh pada gangguan emosional dan keterampilan kader di desa Tlahab lor Kabupaten Purbalingga.

References

A A Syarifuddin, H Muktamiroh, N Nugrohowati, & S Y Dewi. (2022). A. A Syarifuddin. Seminar Nasional Riset Kedokteran (SENSORIK), 115–121.

Andini Mukti, G., Pratomo, H., Khotimah Elfiyani, N., Dhahifa Wahyuni, R., & Widayanti Putri, S. (2020). Dampak Sosial Emosional Remaja Selama Social Distancing?: Literature Review Social Emotional Impact in Adolescents During Social Distancing: Literature Review. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 121–128.

Anisah, I. A., Kusumawati, Y., & Kirwono, B. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kader Communty TB Care ‘Aisyiyah Surakarta. Jurnal Kesehatan, 10(2), 47. https://doi.org/10.23917/jurkes.v10i2.5533

Apriliyani, I., Dwidiyanti, M., & Sari, S. P. (2020). Pengaruh Terapi Mindfulness terhadap Tingkat Depresi pada Remaja. Pengaruh Terapi Mindfulness Terhadap Tingkat Depresi Pada Remaja, 74–84.

Asiva Noor Rachmayani. (2015). Pengaruh Pelatihan Berbasis Mindfulness Terhadap Tingkat Stress Pada Guru Paud. 6.

Astuti, A., Wijayanti, K., Murniati, E., & Damailina, H. T. (2020). Pendampingan dan Pelatihan Media Buku Saku oleh Kader Sebagai Motivator Keberhasilan Pemberian Asi Eksklusif pada Ibu rumah tangga. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 110–114. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7561

Azizah, D. N., Badriah, D. L., & Setiati, N. W. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Kader Posyandu Tentang Golden Period Pada Anak Batita Di Posyandu Desa Garajati Kecamatan Ciwaru 2021. Journal of Midwifery Care, 2(01), 24–33. https://doi.org/10.34305/jmc.v2i01.352

Basri, H. (2018). Cognitive Ability In Improving The Effectiveness Of Social Learning For Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/11054

Berek Pius, F. M. (2024). Peningkatan kinerja kader kesehatan melalui pelatihan kader posyandu 8 meja di desa kabuna haliwen atambua Nusa Tenggara Timur. Jurnal Budimas, 6(1), 1–10. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/12128/4903

Creswell, J. D. (2017). Mindfulness Interventions. Annual Review of Psychology, 68, 491–516. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-042716-051139

Dwi Ariani Sulistyowati, Siti Handayani, & Zakky Abdul Ghoniy. (2022). Pemberian Terapi Meditasi Mindfulness Untuk Relaksasi Pada Kader Dan Lansia Di Posyandu Lansia Rw Ix Mojosongo, Jebres, Surakarta. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 5471–5474. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i7.3977

Estria, S. R., & Suparti, S. (2018). Perbedaan Tingkat Ansietas Dan Depresi Antara Pasien Kanker Payudara Dengan Usia Penyakit Kurang Dan Lebih Dari Satu Tahun. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 7(1), 89. https://doi.org/10.31596/jcu.v0i0.217

Estria, S. R., & Trihadi, D. (2019). Upaya meningkatkan koping anak yang mengalami stress presircumcision dengan spiritual mindfulness caring. In Prosiding Seminat Nasional LPPM UMP, 1(1), 171–177.

Fajrini, F., Sakinah, S., Latifah, N., Romdhona, N., & Andriyani, A. (2022). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Stress Para Pekerja Di Percetakan Kota Ciputat Tahun 2021. Environmental Occupational Health and Safety Journal, 2(2), 155. https://doi.org/10.24853/eohjs.2.2.155-162

Firdawsyi Nuzula, Maulida Nurfazriah Oktaviana, R. D. Y. Y. (2020). Pendidikan Kesehatan terhadap Kader tentang Intervensi Gizi Spesifik dalam Pencegahan Stunting. The Indonesian Journal of Health Science, 12(2).

Handayani, P. A., Dwidiyanti, M., & Mu’in, M. (2021). Pengaruh Mindfulness Terhadap Tingkat Stres Pada Ibu Yang Bekerja Sebagai Perawat Critical Care. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 4(1), 24. https://doi.org/10.35473/ijnr.v4i1.879

Jones, A. & H. (2020). Adapting mindfulness for diverse educational backgrounds: Practical approaches. Mindfulness in Education Journal, 5(3), 114-128. Adapting Mindfulness for Diverse Educational Backgrounds: Practical Approaches. Mindfulness in Education Journal, 5(3), 114-128.

Juwita Pratiwi Lukman. (2024). Pemberdayaan Perempuan Sebagai Poros Utama Pembangunan Berkelanjutan: Membangun Kesetaraan, Kesejahteraan, Dan Keseimbangan Lingkungan. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(8), 88–97. https://doi.org/10.62504/jimr822

Kamalah, A. D., Novianasari, & Nafiah, H. (2023). Gejala Mental Emosional dan Upaya dalam Meningkatkan Kesehatan Jiwa Remaja. Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat, 1(2), 68–72. https://doi.org/10.35473/jkbs.v1i2.2419

Kamila, L. (2023). Pengenalan teknik terapi mindfulness (meditasi) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan psikologis. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 1317–1323.

Kartikasari, A., Dwi Anggraeni, M., Latifah, L., & Setiawati, N. (2019). The Community Health Volunteers description in Exclusive Breastfeeding Promotion and Improved Knowledge Through Training Based on the Concept of «insufficient Milk Supply». IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 255(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/255/1/012026

Kementerian Kesehatan Republik indonesia. (2020). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Laporan Nasional Kesehatan Mental. Jakarta: Kemenkes RI. Laporan Nasional Kesehatan Mental. Jakarta: Kemenkes RI.

Khattrine Noviyanti, L., Dwi Nugroho, K., & Asmara Dewa, S. (2023). “Pak Dede” (Program Aktualisasi Kader Deteksi Dini Depresi) Lansia Dengan Penyakit Tbc. Jurnal Indonesia Mengabdi, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.55080/jim.v2i1.136

Kusumawaty, I., & Yunike. (2021). Pemberdayaan Kader Kesehatan Mengatasi Kecemasan Masa Adaptasi Covid-19 Melalui Afirmasi Positif. CARARDDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 575–583. https://www.neliti.com/publications/388688/pemberdayaan-kader-kesehatan-mengatasi-kecemasan-masa-adaptasi-covid-19-melalui

Mengga, C., Pasiak, T., & Tuda, J. (2022). Pengaruh Meditasi Kesadaran (Mindfulness Meditation) dengan Metode Pendekatan Cognitive Trancendence Strategies terhadap Perubahan Perilaku Merokok. Jurnal Biomedik:JBM, 14(1), 30. https://doi.org/10.35790/jbm.v14i1.37283

Muhammad A, D., Rosyidawati, N. H., Sudrajat, A. A., Khairunnisa, N. H., Rahmawati, B. D. Z., Khatimah, W. H., Apriyani, P., Andriani, A. P. D., Widyastuti, P. A., Suryani, D. S., Nur Azizah, P. F. S., & Yuniasih, D. (2021). Anxiety of Final Semester Students: Mini Review. Ahmad Dahlan Medical Journal, 2(2), 85–92. https://doi.org/10.12928/admj.v2i2.5432

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240

Nathania Nabila, Ratna Djuwita, J. H. (2022). NoPeran Mindfulness Dalam Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Dimordesi Oleh Gender. 9(12), 356–363.

Organization, W. H. (2021). World Health Organization. (2021). Mental Health Atlas 2021. Retrieved from [who.int](https://www.who.int). Mental Health Atlas 2021. Retrieved from [Who.Int](Https://Www.Who.Int).

Prayitno, E., Tarigan, N., Sukmawaty, W., & Mauidzoh, U. (2022). 2 3 4 1. Kebangkitan Umkm Pascapandemi Covid-19, 2(4), 4787–4794. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/3641/2684

Prihanti, G. S., Ilahika, A. P., Rahadi, A. R., Alifah, A., Fadriyana, B. S., Rozikin, H. K., Rofikawati, H. N., Miandi, R. K., & Bariroh, R. El. (2022). Penguatan Kapasitas Manajemen Stress Dengan Pendekatan Spiritual , Mindfulness , Koping , Dan Menurut Peraturan Menteri Kesehatan ( Permenkes ) Republik Indonesia Gangguan Mental Emosional Dan Perilaku Termasuk Kepikunan Menggunakan Mini Cog Atau Mini Men. Jurnal Graha Pengabdian, 4(4), 281–295.

Purnamasari, Y., Fitri, N., & Mardiana, N. (2023). Faktor-faktor yang Memengaruhi Gangguan Mental Emosional Remaja SMA. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(2), 609–616. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i2.1527

Putri, R. (2022). Pengaruh Stres terhadap Kinerja Kader di Program Kesehatan Masyarakat. Pengaruh Stres Terhadap Kinerja Kader Di Program Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(3), 201-210., 201–210.

Rahmawati, D. (2021). (2021). Dukungan Sosial dan Pengaruhnya terhadap Stres Kader. Jurnal Psikologi,. Dukungan Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Stres Kader. Jurnal Psikologi, 10(2), 115-123., 115–123.

Ramadhani, R., Kartika Dewi, C., Rafi Fauzan, D., Alianissa, R., Gavirania Maharani, V., Wulandari, W., Bhayangkara Jakarta Raya, U., Kunci, K., Kerja, S., Kerja, B., & Karyawan, K. (2023). Pengaruh Stress Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Literatur Review). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 102–114. https://doi.org/XX..XXXXX/JMEB

Riskesdas. (2018). (2018). Riset Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Rizwari, M. C. A. P., Wiswanti, I. U., & Pramita, F. A. (2023). Learning to BREATHE: Intervensi Berbasis Mindfulness pada Remaja dengan Nonsuicidal Self-Injury (NSSI). GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 140. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i1.6419

Romadhoni, R. W., & Widiatie, W. (2020). The Effect of Mindfulness Therapy on Adolescent Stress Levels at Al-Hasan Watugaluh Orphanage in Diwek Jombang. Pengaruh Terapi Mindfulness Terhadap Tingkat Stres Remaja Di Panti Asuhan Al-Hasan Watungaluh Diwek Jombang, 4(2), 77–86. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/edunursing/article/view/2312

Roro Ratuningrum Anggorodiputro. (2022). Tingkat Kecemasan Kader Survailans Berbasis Masyarakat (SBM) Dalam Peningkatan Variant Omicron. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 17(2), 215–220. https://doi.org/10.36911/pannmed.v17i2.1298

Rosenansi, S. F., Yunus, M., Abdullah, A., & Raharjo, S. (2022). Survei Aktivitas Fisik pada Kesehatan Mental Emosional Ibu Rumah Tangga. Sport Science and Health, 4(11), 994–1000. https://doi.org/10.17977/um062v4i112022p994-1000

Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta 2021. Asuhan Keperawatan Pasien Stroke Non Hemoragik Dalam Pemenuhan Kebutuhan Aktivitas Dan Latihan, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Santrock, J. (2018). Perkembangan Rentang Hidup. Perkembangan Rentang Hidup.

Sari, R., et al. (2020). Prevalensi Depresi di Kalangan Kader Kesehatan di Yogyakarta." *Jurnal Kesehatan Masyarakat*, 14(2), 123-130. Sari, R., et Al. (2020). “Prevalensi Depresi Di Kalangan Kader Kesehatan Di Yogyakarta.” *Jurnal Kesehatan Masyarakat*, 14(2), 123-130.

Setiawati, N., Latifah, L., Kartikasari, A., & Anggraeni, M. D. (2021). Peningkatan Pengetahuan Penanganan Morning Sickness Pada Kader Kesehatan Melalui Penyuluhan dan Penerapan Latihan Yoga. Jurnal of Community Health Development, 2(2), 15. https://doi.org/10.20884/1.jchd.2021.2.2.3555

Soedirman., U. J. (2022). Studi Kecemasan Kader di Kabupaten Purbalingga. Purbalingga: Unsoed. Universitas Jenderal Soedirman. (2022). Studi Kecemasan Kader Di Kabupaten Purbalingga. Purbalingga: Unsoed.

Suhartatik, S., & Al Faiqoh, Z. (2022). Peran Kader Posyandu dalam Pemantauan Status Gizi Balita?: Literature Review. Journal of Health Education and Literacy, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.31605/j-healt.v5i1.1573

Taufik, M., Hasnani, & Suhartina. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Kesetaraan Gender Dalam Keluarga (Di Desa Mattiro Ade Kabupaten Pinrang). Sosiologia: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(1), 50–65. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Tiara, N., Agusman, F., Mendrofa, M., & Mandaty, A. (2024). Pengaruh Program Deli (Demensia Peduli) Terhadap Pengetahuan Dan Efikasi Diri Kader Kesehatan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 15(1), 30–39.

Ulan, D., Ayu, S., & Yudiarso, A. (2021). Efektivitas mindfulness untuk meningkatkan kualitas hidup: Studi meta-analisis. Jurnal Psikologi Udayana 2021, 8(2), 9–16. https://doi.org/10.24843/JPU/2021.v08.i02.p02

Wang, Y., & Wang, C. (2021). Social support and anxiety among community health workers: A cross-sectional study. *BMC Public Health. Social Support and Anxiety among Community Health Workers: A Cross-Sectional Study. *BMC Public Health*, 21(1), 1234., 21.

Warnidar, E., Riani, E. O., Elvin, S. D., Afdhal, A., Ritawati, R., & Nurhayati, N. (2024). Depresi Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal Keperawatan, 3(1), 63–67. https://doi.org/10.58774/jourkep.v3i1.72

WHO. (2021a). Community Health Workers: Bringing Health to Communities.

WHO. (2021b). Memahami Usia Produktif Menurut WHO yang Sering Terabaikan. Sejarah Dan Sosial. https://m.kumparan.com/amp/sejarah-dan-sosial/memahami-usia-produktif-menurut-who-yang-sering-terabaikan-21HF4MQDsU0

Widianita, D. D. (2023). No Terapi Mindfulness Terhadap Kesehatan Mental Remaja. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Widiyati, S., Chandra, A., & Purwadi. (2019). Analisis Kecemasan Anak Tk DI Awal Masuk Sekolah Dalam Interaksi Didalam Kelas Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 92–96.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Dwi Kintani, I., Estria, S. R. ., Linggardini , K. ., & Riyaningrum, W. . (2024). PENGARUH TERAPI MINDFULNESS TERHADAP SKOR GANGGUAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN KADER DI DESA TLAHAB LOR KABUPATEN PURBALINGGA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 7160–7175. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37926