PENGARUH PENGGUNAAN SOSIA MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Candra Andodo Prodi DIII Keperawatan, Politeknik Harapan Bersama
  • Nanda Bahtiar Prodi DIII Keperawatan, Politeknik Harapan Bersama
  • Nurul Fatwati Fitriana Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37563

Keywords:

Social media, Academic Performance, grade-point average

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, kebutuhan akan penggunaan media sosial semakin meningkat. Media sosial telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan mahasiswa. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, platform seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan YouTube sering digunakan mahasiswa untuk berkomunikasi, Gadget atau smart phone merupakan salah satu alat komunikasi yang mempunyai banyak fungsi. Gadget dianggap sebagai alat komunikasi yang lebih lengkap dan mudah dibawa dibandingkan alat komunikasi elektronik lainya. Gadget digunakan untuk mengakses informasi, mencari hiburan hingga mencari berbagi sumber pengetahuan. Mayoritas mahasiswa di Politeknik Harapan Bersama dalam rentang usia remaja. Fase remaja merupakan fase perkembangan yang berada pada masa sangat potensial, baik dilihat dari aspek kognitif, emosi maupun fisik. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Penggunaan Sosia Media Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional study atau studi potong lintang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 117 responden  dengan menggunakan metode proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari masing-masing variabel yaitu penggunaan media sosial dengan prestasi belajar akademik berdasarkan hasil analisis uji chi-square diperoleh nilai p= 0,000 atau (p < 0,05). Kesimpulan Terdapat pengaruh penggunaan sosia media terhadap prestasi belajar mahasiswa. Lama (Durasi) Penggunaan  Media Sosial mayoritas responden menggunakannya perharinya lebih dari 6 jam. . Tingkat Prestasi Belajar paling banyak pada kategori sangat memuaskan dengan IPK antara 3,01-3,50

References

Al-Rahmi, W. M., Alias, N., Othman, M. S., Alzahrani, A. I., & Yahaya, N. (2023). The impact of social media use on students’ academic performance: A structural equation modeling approach. Journal of Educational Technology & Society, 26(1), 45-60.

Andriani, A. E., & Sulistyorini, S. (2022). Penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa selama pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 63–70.

Budury, S., Fitriasari, A., & Khamida (2019). Penggunaan media sosial terhadap kejadian depresi, kecemasan dan stres pada mahasiswa. Bali Medika Jurnal, 6(2), 205–208.

Chugh, R., & Ruhi, U. (2023). Social media as a learning tool: A systematic review of literature. Education and Information Technologies, 28(1), 15–38. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11008-6

Cicekoglu, P., Durualp, E., & Durualp, E. (2014). Evaluation of the level ofinternet addiction among (6th-8th) grade adolescents in term of variousvariables. European Journal of Research on Education, 6(3), 22-28.

Esther, B. V., Tucunan, A. A. T., & Rumayar, A. A. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Akademik Pelajar Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Manado. Kesmas, 7(4).

Gurcan H.I. 2015. Contribution of Social Media to the Students’ Academic Development. International Journal of Information and Education Technology, (Online), Vol. 5, No. 12,

Jones, P., & Smith, D. (2022). The role of digital tools in higher education: Fostering collaboration or distraction? Journal of Educational Research and Development, 47(2), 134-150.

Keating, S. R., & Rudd-Arieta, M. (2021). Emerging adults’ attitudes and beliefs about suicide and technology/social media. Journal for Nurse Practitioners, 17(7), 833–839.

Kemp, S. (2023). Digital 2023: Global Overview Report. DataReportal. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report

Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (studi kasus di smp negeri 2 kelas viii banda aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91-106.

Kumar, S., & Natarajan, R. (2021). Social media as a tool for academic learning: A comparative study of its benefits and drawbacks. Asian Journal of Education and Social Studies, 19(3), 145-157

Monica, V., & Rosari, R. B. (2020). Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya. Scriptura, 9(2), 71–81. Https://Doi.Org/10.9744/Scriptura.9.2.71-81

Park, J., Lee, H., & Kim, S. (2022). The relationship between social media use and academic performance: Evidence from meta-analysis. Journal of Educational Computing Research, 60(3), 487–509. https://doi.org/10.1177/07356331211044744

Susanto, Heri & Akmal, Helmi. 2018. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197-206.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Andodo, C., Bahtiar, N. ., & Fitriana, N. F. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN SOSIA MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 7058–7065. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37563