PENGARUH PENGGUNAAN SOSIA MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37563Keywords:
Social media, Academic Performance, grade-point averageAbstract
Pada era digitalisasi saat ini, kebutuhan akan penggunaan media sosial semakin meningkat. Media sosial telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan mahasiswa. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, platform seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan YouTube sering digunakan mahasiswa untuk berkomunikasi, Gadget atau smart phone merupakan salah satu alat komunikasi yang mempunyai banyak fungsi. Gadget dianggap sebagai alat komunikasi yang lebih lengkap dan mudah dibawa dibandingkan alat komunikasi elektronik lainya. Gadget digunakan untuk mengakses informasi, mencari hiburan hingga mencari berbagi sumber pengetahuan. Mayoritas mahasiswa di Politeknik Harapan Bersama dalam rentang usia remaja. Fase remaja merupakan fase perkembangan yang berada pada masa sangat potensial, baik dilihat dari aspek kognitif, emosi maupun fisik. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Penggunaan Sosia Media Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional study atau studi potong lintang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 117 responden dengan menggunakan metode proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari masing-masing variabel yaitu penggunaan media sosial dengan prestasi belajar akademik berdasarkan hasil analisis uji chi-square diperoleh nilai p= 0,000 atau (p < 0,05). Kesimpulan Terdapat pengaruh penggunaan sosia media terhadap prestasi belajar mahasiswa. Lama (Durasi) Penggunaan Media Sosial mayoritas responden menggunakannya perharinya lebih dari 6 jam. . Tingkat Prestasi Belajar paling banyak pada kategori sangat memuaskan dengan IPK antara 3,01-3,50References
Al-Rahmi, W. M., Alias, N., Othman, M. S., Alzahrani, A. I., & Yahaya, N. (2023). The impact of social media use on students’ academic performance: A structural equation modeling approach. Journal of Educational Technology & Society, 26(1), 45-60.
Andriani, A. E., & Sulistyorini, S. (2022). Penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa selama pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 63–70.
Budury, S., Fitriasari, A., & Khamida (2019). Penggunaan media sosial terhadap kejadian depresi, kecemasan dan stres pada mahasiswa. Bali Medika Jurnal, 6(2), 205–208.
Chugh, R., & Ruhi, U. (2023). Social media as a learning tool: A systematic review of literature. Education and Information Technologies, 28(1), 15–38. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11008-6
Cicekoglu, P., Durualp, E., & Durualp, E. (2014). Evaluation of the level ofinternet addiction among (6th-8th) grade adolescents in term of variousvariables. European Journal of Research on Education, 6(3), 22-28.
Esther, B. V., Tucunan, A. A. T., & Rumayar, A. A. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Akademik Pelajar Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Manado. Kesmas, 7(4).
Gurcan H.I. 2015. Contribution of Social Media to the Students’ Academic Development. International Journal of Information and Education Technology, (Online), Vol. 5, No. 12,
Jones, P., & Smith, D. (2022). The role of digital tools in higher education: Fostering collaboration or distraction? Journal of Educational Research and Development, 47(2), 134-150.
Keating, S. R., & Rudd-Arieta, M. (2021). Emerging adults’ attitudes and beliefs about suicide and technology/social media. Journal for Nurse Practitioners, 17(7), 833–839.
Kemp, S. (2023). Digital 2023: Global Overview Report. DataReportal. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report
Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (studi kasus di smp negeri 2 kelas viii banda aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91-106.
Kumar, S., & Natarajan, R. (2021). Social media as a tool for academic learning: A comparative study of its benefits and drawbacks. Asian Journal of Education and Social Studies, 19(3), 145-157
Monica, V., & Rosari, R. B. (2020). Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya. Scriptura, 9(2), 71–81. Https://Doi.Org/10.9744/Scriptura.9.2.71-81
Park, J., Lee, H., & Kim, S. (2022). The relationship between social media use and academic performance: Evidence from meta-analysis. Journal of Educational Computing Research, 60(3), 487–509. https://doi.org/10.1177/07356331211044744
Susanto, Heri & Akmal, Helmi. 2018. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197-206.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Candra Andodo, Nanda Bahtiar, Nurul Fatwati Fitriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).