PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN MELALUI KINERJA PERAWAT TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT DI RSAU dr. SUKIRMAN LANUD ROESMIN NURJADIN PEKANBARU

Authors

  • Indah Sri Mulyani Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Budi Hartono Universitas Hang Tuah, Pekanbaru
  • Reno Renaldi Universitas Hang Tuah, Pekanbaru
  • Hetty Ismainar Universitas Hang Tuah, Pekanbaru
  • Abdurrahman Hamid Universitas Hang Tuah, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37478

Keywords:

Competence, Discipline, Performance, Nurse, Service Quality

Abstract

Mutu pelayanan rumah sakit dinilai dari kepuasan pasien yang dicapai melalui layanan efektif dan efisien, serta dipengaruhi oleh kinerja perawat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi dan disiplin terhadap mutu pelayanan melalui kinerja perawat di RSAU dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan seluruh perawat (41 orang) sebagai populasi dan sampel melalui teknik purposive sampling. Data primer dikumpulkan menggunakan kuesioner, dan analisis dilakukan dengan uji Outer dan Inner Model menggunakan SmartPLS. Hasil menunjukkan kompetensi memiliki pengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan (p-values 0,003), menegaskan bahwa kompetensi yang lebih tinggi meningkatkan mutu pelayanan. Sebaliknya, disiplin tidak berpengaruh signifikan (p-values 0,722). Kinerja perawat berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan (p-values 0,000), menguatkan bahwa kinerja yang baik meningkatkan mutu. Kompetensi juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat (p-values 0,000), sementara disiplin tidak (p-values 0,769). Selain itu, kompetensi berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan melalui kinerja (p-values 0,000), sedangkan disiplin tidak menunjukkan pengaruh signifikan melalui kinerja (p-values 0,767). Kesimpulannya, peningkatan kompetensi perawat menjadi faktor kunci dalam meningkatkan mutu pelayanan melalui kinerja yang lebih baik. Penelitian ini memberikan wawasan bagi rumah sakit dan perawat untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, mendukung perawatan berkualitas, dan pengalaman pasien yang lebih baik.

References

Adhisti, Setyohadi, J. S., & Sumaryati. (2022). Servant Leadership and Work Discipline: Between Partial and Simultaneous Effects on Employee Performance. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 2987–2998.

Apriani, M., & Sureskiarti, E. (2021). Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Daya Tanggap Mutu Pelayanan Keperawatan di RSIA Quratta A’yun Samarinda Tahun 2020. Borneo Student Research, 2(2), 987–993.

Benjamin, I. W. (2014). Menelusuri Arus Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan ke Luar Negeri. Jurnal Widya Medika, 2(1), 1–14.

Damopolii, S. H., Tucunan, A. A. T., dan Maramis, F. R. R. (2018). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rs Bhayangkara Tk Iii Manado. Kesmas, 7(5).

Duanta, S. N. P., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Perawat RSU Bhakti Husada Krikilan Glenmore. Jurnal Pendidikan Ekonomi:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16(1), 53–59. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.23453

Efendi, F., Aurizki, G. E., Auwalin, I., Kurniati, A., Astari, L. D., Puspitasari, I. T., & Chong, M. C. (2022). The Paradox of Surplus and Shortage: A Policy Analysis of Nursing Labor Markets in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 15, 627–639. https://doi.org/10.2147/JMDH.S354400

Fathoni, A. (2006). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja,. Bandung: CV. Mandar Maju.

Fitri Purwaningsih, D. (2015). Strategi Peningkatkan Perilaku Caring Perawat Dalam Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Managemen Keperawatan, 3(1), 1–6.

Gulom, M. (2019). Pengaruh Kompetensi, Disiplin dan Lingkungan Kerja Terhadap Mutu Pelayanan pada Bank Pembangunan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal Ekonomi Trend, 07(02), 42–47.

Gunawan, J., Aungsuroch, Y., & Fisher, M. L. (2019). Competence-based human resource management in nursing: A literature review. Nursing Forum, 54(1), 91–101. https://doi.org/10.1111/nuf.12302

Hung, P., Henning-Smith, C. E., Casey, M. M., & Kozhimannil, K. B. (2017). Access to obstetric services in rural counties still declining, with 9 percent losing services, 2004-14. Health Affairs, 36(9), 1663–1671. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2017.0338

Juhari. (2016). STATUS HUKUM RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT. Jurnal Spektrum Hukum, 13(2), 221–237.

Kusmiran, E. (2018). Pelatihan Soft Skills Caring Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Kota Bandung. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 1(2), 72–81. https://doi.org/10.22435/jpppk.v1i2.440

Lubis, M. S. I., & Rahayu, E. S. (2021). PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MESIN ATM DI CV PC BANK MEDAN. Jurnal Network Media, 4(2).

Martono, M., Satino, S., Nursalam, N., Efendi, F., & Bushy, A. (2019). Indonesian nurses’ perception of disaster management preparedness. Chinese Journal of Traumatology - English Edition, 22(1), 41–46. https://doi.org/10.1016/j.cjtee.2018.09.002

Masruri, M., Nursalam, N., Abbas, K. A., Ayatulloh, D., & Priyantini, D. (2023). Pelatihan Kegawatdaruratan Berbasis Caring terhadap Kompetensi Profesional Perawat Emergency. Journal of Telenursing, 4(1), 88–100.

Meesala, A., & Paul, J. (2018). Service quality, consumer satisfaction and loyalty in hospitals: Thinking for the future. Journal of Retailing and Consumer Services, 40(July 2016), 261–269. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.10.011

Mulyono, M. H., Asiah Hamzah, A., & Abdullah, Z. (2013). Pengaruh Kinerja Perawat di Rumah Sakit Tingkat III Ambon. Junal AKK, 2(1), 18–26.

Muninjaya, G. A. (2019). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Navis, D. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN, SARANA PRASARANA TERHADAP MUTU PELAYANAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS LEUWISADENG. Muhammadiyah Public Health Journal, 1(1).

Nur, A., Sari, I., & Fernandi, F. (2023). PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT TORABELO KABUPATEN SIGI. Pustaka Katulistiwa: Karya Tulis Ilmiah Keperawatan, 4(2), 34–38.

Oktiana, M., & Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Perawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Indonesian Journal of Hospital Administration, 1(2), 55. https://doi.org/10.21927/ijhaa.v1i2.936

Peter, E., Mohammed, S., Killackey, T., MacIver, J., & Variath, C. (2022). Nurses’ experiences of ethical responsibilities of care during the COVID-19 pandemic. Nursing Ethics, 29(4), 844–857. https://doi.org/10.1177/09697330211068135

Pranitasari, D., & Khotimah, K. (2021). Analisis Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Bont Technologies Nusantara. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(01), 22–38. https://doi.org/10.36406/jam.v18i01.375

Qalehsari, M. Q., Khaghanizadeh, M., & Ebadi, A. (2017). Evaluation of the Quality of Health Service Providers: The Iranian People Perspective 2014. Electronic Physician, 9(10), 5541–5550.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Sleman: Deepublish.

Sagala, Y. R. Van. (2022). Pelatihan sumber daya manusia (Sdm) berbasis kompetensi Di rumah sakit umum pusat (Rsup) H. Adam Malik Medan. Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU), 2(2), 59–64.

Sahdin, M. (2019). PENGARUH ANTARA DISIPLIN KERJA DENGAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DI RUMAH SAKIT UMUM SANGATTA KABUPATEN KUTAI TIMUR. JAP: Jurnal ADMINISTRASI PUBLIK, 2(4).

Sakaria, M. (2021). Pengaruh Tujuan Dan Kemampuan, Teladan Pimpinan, Keadilan, Pengawasan Melekat, Sangsi Hukum, Ketegasan, Dan Hubungan Kemanusiaan Terhadap Loyalitas Pegawai Kantor Camat Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Jurnal Ekonomi Trend, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31970/trend.v8i1.185

Setyawati, Y., & Lestari, E. (2022). Peran Disiplin dan Kompetensi Pegawai Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit. Optima, 6(2), 72–81.

Siagian, S. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bina Aksara.

Siregar, P. H., Siregar, M. Y., & Isnaniah, I. (2020). Pengaruh Kerjasama Tim dan Kompetensi Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Permata Bunda Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1–13.

Syahrul, S., Hermanto, H., & Wahyulina, S. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Penerapan Prinsip-Prinsip Standar Layanan Covid 19 terhadap Mutu Pelayanan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 433–441. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.250

Tursunbayeva, A. (2019). Human resource technology disruptions IN HEALTHCARE.pdf. 3, 1–8.

Woran, I. L., Tucunan, A. A. T., & Maramis, F. R. R. (2018). Hubungan Antara Supervisi dan Keamanan Kerja Dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Noongan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(5), 1–9.

Zarei, E., Daneshkohan, A., Khabiri, R., & Arab, M. (2015). The Effect of Hospital Service Quality on Patient ’ s Trust. 17(1), 1–5. https://doi.org/10.5812/ircmj.17505

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Mulyani, I. S., Hartono, B., Renaldi, R., Ismainar, H., & Hamid, A. (2024). PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN MELALUI KINERJA PERAWAT TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT DI RSAU dr. SUKIRMAN LANUD ROESMIN NURJADIN PEKANBARU. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 7602–7619. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37478