APLIKASI “STOP HIVA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN REMAJA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37332Keywords:
Aplikasi STOP HIVA, Pengetahuan, HIV AIDSAbstract
HIV AIDS merupakan penyakit menular yang menyerang masyarakat dan saat ini belum ditemukan vaksin atau pengobatannya. HIV/AIDS merupakan ancaman besar bagi daya saing bangsa dan kualitas manusia. Inisiatif promosi kesehatan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan HIV AIDS. Aplikasi "STOP HIVA" dikembangkan sebagai alat intervensi informasi tentang HIV AIDS. Penelitian ini menggunakan model R&D dan desain pra-eksperimen one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah remaja Kota Semarang. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang remaja dari Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Strategi pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian, para ahli media menilai produk aplikasi STOP HIVA sangat valid dengan skor rata-rata 90,96%. Dengan skor rata-rata 81,7%, para ahli materi menilai aplikasi STOP HIVA sangat valid. Setelah menyelesaikan aplikasi STOP HIVA, remaja di Kota Semarang memperoleh lebih banyak pengetahuan; skor median mereka meningkat dari 70 sebelum intervensi menjadi 90 setelah pelaksanaannya. Menurut temuan penelitian, produk media aplikasi STOP HIVA dapat digunakan sebagai pengganti untuk meningkatkan kesadaran remaja tentang pencegahan HIV AIDS dan memenuhi persyaratan kelayakan yang direkomendasikan para ahli. Media aplikasi STOP HIVA berhasil meningkatkan pengetahuan remaja tentang pencegahan HIV AIDS.References
Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bendtsen, M., Seiterö, A., Bendtsen, P., Henriksson, H., Henriksson, P., Thomas, K., Löf, M., & Müssener, U. (2021) ‘mHealth intervention for multiple lifestyle behaviour change among high school students in Sweden (LIFE4YOUth): protocol for a randomised controlled trial’ BMC Public Health, 21(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12889-021-11446-9
Dinkes Jawa Tengah. (2022). Buku Saku Kesehatan Triwulan 3 Tahun 2022. In Dinkes Jawa Tengah.
Dinkes Kota Semarang. (2022). Profil Kesehatan 2022 Dinas Kesehatan Kota Semarang. In Dinas Kesehatan Kota Semarang (Vol. 6, Issue 1).
Ernawati, A., Perencanaan, B., Daerah, P., Pati, K., Raya, J., Km, P.-K., & Tengah, P. 59163 J. (2022) ‘Media Promosi Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Stunting Health Promotion Media to Increase Mother’s Knowledge about Stunting’ Jurnal Litbang, 18(2), 139–152. http://
KEMENKES RI. (2020) ‘Infodatin HIV AIDS’ Kesehatan, 1–8. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodati n-2020-HIV.pdf
Kordy, K., Tobin, N. H., & Aldrovandi, G. M. (2020) ‘HIV and SIV in Body Fluids: From Breast Milk to the Genitourinary Tract’ Curr Immunol Rev, 15(1), 139–152. https://doi.org/10.2174/1573395514666180605085313.HIV
Larki, M., Manouchehri, E., & Roudsari, R. L. (2022) ‘ABC complementary approaches for HIV/AIDS prevention: a literature review’ HIV and AIDS Review, 21(2), 89–98. https://doi.org/10.5114/hivar.2022.115950
Mabaso, M., Maseko, G., Sewpaul, R., Naidoo, I., Jooste, S., Takatshana, S., Reddy, T., Zuma, K., & Zungu, N. (2021) ‘Trends and correlates of HIV prevalence among adolescents in South Africa: evidence from the 2008, 2012 and 2017 South African National HIV Prevalence, Incidence and Behaviour surveys’ AIDS Research and Therapy, 18(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12981-021-00422-3
Marlinda, Y., & Azinar, M. (2017) ‘Perilaku Pencegahan Penularan HIV/AIDS’ Jurnal Of Health Education, 2(2), 192–200. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/
Moed, A. (2017) ‘Parent–Adolescent Conflict as Sequences of Reciprocal Negative Emotion: Links with Conflict Resolution and Adolescents’ Behavior Problems’ J Youth Adolesc, 176(1), 139–148. https://doi.org/10.1007/s10964-014-0209-5.Parent
Nisardi, M. R., Kasbawati, K., & Putra, R. A. (2023) ‘Fractional Mathematical Model of Hiv and Cd4+ T-Cells Interactions With Haart Treatment’ Journal of Fundamental Mathematics and Applications (JFMA), 6(1), 54–70. https://doi.org/10.14710/jfma.v6i1.17174
Raghupathi, V., & Raghupathi, W. (2020) ‘The influence of education on health: An empirical assessment of OECD countries for the period 1995-2015’ Archives of Public Health, 78(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s13690-020-00402-5
Seo, K., Tang, J., Roll, I., Fels, S., & Yoon, D. (2021) ‘The impact of artificial intelligence on learner–instructor interaction in online learning’ International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00292-9
Sudiarto, S., Niswah, F. Z., Pranoto, R. E. P., Hanifah, I., Enggardini, A. A., Masruroh, Z., & Muhammad, H. N. A. (2019) ‘Optimalisasi Pendidikan Kesehatan Kepada Remaja Melalui Aplikasi Android Profoteen’ Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 2(2), 74. https://doi.org/10.32584/jkmk.v2i2.380
Tiara Anggraini, Silaban, M., & Sartika, T. D. (2019) ‘Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Remaja Dalam Pencegahan Hiv/Aids’ Jurnal ‘Aisyiyah Medika | 148, 8(2), 148–161.
Tuthill, E. L., Odhiambo, B. C., & Maltby, A. E. (2024) ‘Understanding mother-to-child transmission of HIV among mothers engaged in HIV care in Kenya: a case report’ International Breastfeeding Journal, 19(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s13006-024-00622-3
Wahyuni, S., & Arisani, G. (2023) ‘Efektifitas Metode Aplikasi Android Sebagai Media Edukasi’ Jurnal Kebidanan Malakbi, 4(1), 1–16.
Wijaya, D., Ramzi, H., Saputra, A. F., & Muhimmah, I. (2023) ‘Studi Pustaka: Penggunaan Aplikasi Edukasi Seksual dalam Mendukung Sustainable Development Goals 2030’ Jurnal Sains Dan Kesehatan (J. Sains Kes.), 5(2), 236–242.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adelia Wahyuningtyas Maharani, Oktia Woro Kasmini Handayani, Widya Hary Cahyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).