ANALISIS KEPUASAN KERJA KARYAWAN PUSKESMAS X, KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN TAHUN 2024

Authors

  • Ajeng Sekartiwi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • R.T. Ayu Dewi Sartika Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37263

Keywords:

JSS Spector, kepuasan kerja, pengembangan organisasi, puskesmas

Abstract

Kepuasan kerja menggambarkan sejauh mana seseorang menyukai (puas) atau tidak menyukai (tidak puas) berbagai aspek dalam pekerjaannya dan seringkali dihubungkan dengan produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ketidakpuasan terhadap pekerjaan berhubungan dengan burnout dan turnover pegawai yang pada akhirnya tentu akan berdampak buruk terhadap kinerja organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja di Puskesmas X, Jakarta Selatan, berdasarkan 9 dimensi kepuasan kerja menurut Spector dan hubungannya dengan karakteristik karyawan (jenis kelamin, usia, masa kerja, status kepegawaian). Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan memanfaatkan hasil survey kepuasan karyawan yang dilakukan oleh Puskesmas X. Survey menggunakan kuesioner Job Satisfaction Survey, JSS Spector, dilakukan terhadap 61 tenaga kesehatan di Puskesmas X. Hasil penelitian menunjukkan 70,5% karyawan puas terhadap pekerjaannya. Dimensi kepuasan paling tinggi didapatkan pada dimensi Nature of Work (19,75) dan paling rendah pada dimensi Operating Condition (14,31). Ditemukan hubungan yang bermakna (p<0,05) antara jenis kelamin dan kepuasan kerja dengan nilai p=0,00, OR 26,727. Tidak ditemukan hubungan yang bermakna (p>0,05) antara usia (p=0,151), masa kerja (p=0,68), status kepegawaian (p=0,115) dengan kepuasan kerja. Kepuasan kerja karyawan di Puskesmas X sudah cukup baik. Untuk menjamin peningkatan mutu yang berkelanjutan, Puskesmas X dapat menyusun strategi pengembangan organisasi berdasarkan dimensi-dimensi kepuasan kerja dan melakukan evaluasi kepuasan kerja karyawan secara berkala.

References

Akbar, K. (2020). Kepuasan Kerja Karyawan di Dinas Kesehatan Kabupaten X Provinsi Jawa Timur Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 11(3). http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK

Allebdi, A., & Ibrahim, H. (2020). Level and determinants of job satisfaction among Saudi physicians working in primary health-care facilities in Western Region, KSA. J Family Med Prim Care, 9(9), 4656–4661. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_428_20

Badan Litbang Kesehatan. (2018). Riset Ketenagaan Bidang Kesehatan (Risnakes) 2017.

Behmann, M., Schmiemann, G., Lingner, H., Kühne, F., Hummers-Pradier, E., & Schneider, N. (2012). Job Satisfaction Among Primary Care Physicians. Deutsches Arzteblatt International, 109(11), 193–200. https://doi.org/10.3238/arztebl.2012.0193

Bernales-Turpo, D., Quispe-Velasquez, R., Flores-Ticona, D., Saintila, J., Ruiz Mamani, P. G., Huancahuire-Vega, S., Morales-García, M., & Morales-García, W. C. (2022). Burnout, Professional Self-Efficacy, and Life Satisfaction as Predictors of Job Performance in Health Care Workers: The Mediating Role of Work Engagement. Journal of Primary Care and Community Health, 13. https://doi.org/10.1177/21501319221101845

Chemali, Z., Ezzeddine, F. L., Gelaye, B., Dossett, M. L., Salameh, J., Bizri, M., Dubale, B., & Fricchione, G. (2019). Burnout among healthcare providers in the complex environment of the Middle East: A systematic review. BMC Public Health, 19(1). https://doi.org/10.1186/s12889-019-7713-1

Chen, Y., You, Y., Wang, Y., Wang, Y., & Dai, T. (2022). Systematic and meta-based evaluation on job satisfaction of village doctors: An urgent need for solution issue. Front.Med., 9. https://doi.org/10.3389/fmed.2022.856379

Elysa, M., & Ariyanti, F. (2022). Hubungan Faktor Demografi dan Kebahagiaan di Tempat Kerja dengan Kepuasan Kerja Staf Rumah Sakit di Provinsi Lampung (Analisis Data RISNAKES Tahun 2017). Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 6(1), 2715–8748. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/jukmas

Halawani, L., Halawani, M., & Beyari, G. (2021). Job satisfaction among Saudi healthcare workers and its impact on the quality of health services. J Family Med Prim Care, 10(5), 1873–1881. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_2236_20

Karaferis, D., Aletras, V., & Niakas, D. (2022). Determining dimensions of job satisfaction in healthcare using factor analysis. BMC Psychology, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40359-022-00941-2

Shafira, & Listiara, A. (2017). Perbedaan Kepuasan Kerja Pada Karyawan Berdasarkan Usia Dan Masa Kerja. Jurnal Empati, 6(1), 396–400.

Spector, P. E. (2022). Job Satisfaction. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003250616

Undang Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan

WHO. (2016). Global strategy on human resources for health: Workforce 2030. https://www.who.int/publications/i/item/9789241511131

Yilmaz, F. K., & Karaku?, S. (2023). The relationship between healthcare workers’ satisfaction level and patients’ satisfaction: Results of a path analysis model. Journal of Healthcare Quality Research, 38(6), 338–345. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jhqr.2023.08.003

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Sekartiwi, A., & Sartika, R. A. D. . (2024). ANALISIS KEPUASAN KERJA KARYAWAN PUSKESMAS X, KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN TAHUN 2024. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 6280–6287. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37263