ANALISIS PERILAKU PEMANFAATAN POSBINDU PTM REMAJA DI SEKOLAH SEBAGAI DETEKSI DINI RISIKO HIPERTENSI PADA REMAJA (STUDI KASUS DI SMA X KOTA SEMARANG)
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37183Keywords:
hipertensi, pemanfaatan, posbindu, PTM, remajaAbstract
Penyakit Hipertensi adalah salah satu faktor risiko yang paling berpengaruh terhadap kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah dimana hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Hipertensi sekarang telah merambat hingga usia remaja. Salah satu intervensi yang dilakukan pihak Puskesmas saat ini adalah melalui kegiatan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Remaja yang juga menjadi cara untuk mendeteksi dini suatu risiko hipertensi pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pemanfaatan Posbindu PTM Remaja di sekolah sebagai deteksi dini risiko hipertensi pada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional-study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pengetahuan (r value = 0,001), sikap (r value = 0,000), keyakinan (r value = 0,000), dukungan guru (r value = 0,012), dukungan teman (r value = 0,025) dan dukungan petugas kesehatan (r value = 0,000) dengan perilaku pemanfaatan Posbindu PTM remaja di sekolah sebagai deteksi dini risiko hipertensi pada remaja. Kesimpulan pada penelitian ini yakni adanya kegiatan Posbindu PTM Remaja di sekolah merupakan kegiatan yang sangat efektif dalam pemantauan status kesehatan untuk mengendalikan kejadian Penyakit Tidak Menular dan juga sebagai salah satu cara deteksi dini risiko hipertensi pada remaja. Adanya peningkatan pengetahuan serta dukungan dari berbagai pihak khususnya dilingkungan sekolah yaitu dukungan guru, dukungan teman dan petugas kesehatan dari Puskesmas dilingkungan sekolah serta bagi siswa itu sendiri.References
Balanzá–Martínez, V., Atienza–Carbonell, B., Kapczinski, F., & De Boni, R. B. (2020). Lifestyle Behaviours During The Covid-19 – Time To Connect. In Acta Psychiatrica Scandinavica (Vol. 141, Issue 5). Https://Doi.Org/10.1111/Acps.13177
Berman, A. T., Snyder, C., & Frandsen, G. (2016). Kozier & Erb’s Fundamentals Of Nursing: Concepts, Process, And Practice. In Pearson Education Inc.
Daniar, D. A. P. (2018). Pengaruh Faktor Host Dan Lingkungan Terhadap Kepatuhan Voluntary Counseling And Testing (Vct) Pada Waria Di Kabupaten Madiun (Doctoral Dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia).
Ginting, S. N. (2019). Faktor Yang Memengaruhi Terhadap Pemanfaatan Posbindu Ptm Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Rantang Medan Kecamatan Medan Petisah Tahun 2018 (Doctoral Dissertation, Institut Kesehatan Helvetia).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2013) Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019) Laporan Nasional Riskesdas Tahun 2018. Jakarta.
Lainun Lutfi, S. S. (2019). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Pengetahuan
Made Sumarwati1, Wastu Adi Mulyono2, Desiyani Nani3, Keksi Girindra Swasti4, Haidar Amr Abdilah5
Nanda Desi Rahma, S. A. (2021). Faktor Risiko Hipertensi Pada Remaja. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 1–9.
Octafyananda, D., Berliana, N., & Sugiarto, S. (2021). Gambaran Pencegahan Hipertensi Pada Remaja. Mitra Raflesia (Journal Of Health Science), 13(2).
Pinashti, R. W. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Remaja Dalam Mengikuti Posyandu Remaja Di Desa Pandes Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten Tahun 2020(Doctoral Dissertation, Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta).
Pratasik, J. Y., Pertiwi, J. M., & Nelwan, J. E. (2024). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular Di Wilayah Kerja Puskesmas Koya Kabupaten Minahasa. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3), 5895-5905.
Purnamasari, N. K. A., Muliawati, N. K., & Faidah, N. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Masyarakat Usia Produktif Dalam Pemanfaatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu Ptm): Relationship Between Knowledge Level And Compliance Of Productive Age Communities In Utilizing Integrated Coaching Post Of Non-Communicable Diseases (Posbindu Ptm). Bali Medika Jurnal, 7(1), 93-104.
Sangamesh, V.S. 2016. Prevalence Of Hypertension In Urban School Going Adolescents Of Bangalore, India. International Journal Of Contemporary Pediatrics, 3(2): 416 – 423 Doi: 10.18203/23493291.Ijcp20160488.
Shaumi, N. R. F., & Achmad, E. K. (2019). Kajian Literatur: Faktor Risiko Hipertensi Pada Remaja Di Indonesia. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 29(2), 115–122.
Shaumi, N. R. F., & Achmad, E. K. (2019). Literature Review: Hypertension Risk Factors Among Adolescents In Indonesia. Media Litbangkes, 29(2), 115-122.
Tanjung, W. W., Harahap, Y. W., & Panggabean, M. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Program Pos Pembinaan Terpadupenyakit Tidak Menular Di Wilayah Kerja Puskesmas Batang Toru Kabupatentapanuli Selatan Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 3(2), 92-108.
Tirtana, A. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Hipertensi Pada Lansia Hipertensi Di Rw 04 Tegal Rejo Kelurahan Tegal Rejo. Skripsi. Stikes Aisyiyah. Yogyakarta.
U.S Department Of Health And Human Services. Theory At A Glance: Application To Health Promotion And Health Behavior (Second Edition). National Cancer Institute. 2005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulia Annisa, Antono Suryoputro, Bagoes Widjanarko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







