HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT : SYSTEMATIC REVIEW

Authors

  • Nikmatul Hidayah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Adang Bachtiar Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Cicilya Candi Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37178

Keywords:

Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit, SERVQUAL, Systematic Review

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit merupakan faktor krusial yang mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas pasien terhadap institusi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen-elemen yang mempengaruhi kepuasan pasien di rumah sakit dengan mengaplikasikan pendekatan SERVQUAL, yang digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan antara harapan dan pengalaman pasien dalam lima dimensi: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah systematic review, mengacu pada pedoman PRISMA, dengan melakukan pencarian literatur di berbagai database seperti ProQuest, ScienceDirect, Scopus, dan Google Scholar yang mencakup periode 2014 hingga 2024. Temuan dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa dimensi responsiveness dan empathy memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap kepuasan pasien, diikuti oleh dimensi tangible, reliability, dan assurance. Layanan yang konsisten, cepat tanggap, aman, dan memperhatikan kebutuhan individu pasien terbukti meningkatkan kepercayaan serta loyalitas mereka, sekaligus memperkuat reputasi rumah sakit. Penelitian ini menekankan pentingnya evaluasi layanan secara terus-menerus untuk memenuhi harapan pasien dan meningkatkan daya saing rumah sakit. Hasil temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kebijakan yang lebih tepat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Author Biography

Nikmatul Hidayah, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Department of Health Policy and Administration

References

Alrwashdh, S., & Alishaq, M. (2023). Analytical study to assess the impact of health service quality on patient satisfaction in Hamad Medical Corporation Hospitals in Qatar: using SERVQUAL. IJQHC Communications, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.1093/ijcoms/lyad016

Ananda, R., Damayanti, R., Maharja, R., & Kesehatan, F. I. (2023). Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan Level of Public Satisfaction with Performance Health services. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(1), 9–17. https://doi.org/10.36590/v4i1.570

Ariyanti, K. Y., Afiyanti, Y., & Maria, R. (2024). Pengaruh Perawatan Paliatif terhadap Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara. Journal of Telenursing (JOTING), 6(1), 613–621. https://doi.org/10.31539/joting.v6i1.9415

Ghimire, P., Ghimire, P., & Acharya, M. (2020). SERVQUAL Questionnaire based Health Service Quality Assessment in a Private Hospital of Western Nepal. Nepal Journal of Medical Sciences, 5(1), 79–85.

Goula, A., Stamouli, M. A., Alexandridou, M., Vorreakou, L., Galanakis, A., Theodorou, G., Stauropoulos, E., Kelesi, M., & Kaba, E. (2021). Public hospital quality assessment. Evidence from greek health setting using SERVQUAL model. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3418), 1–16. https://doi.org/10.3390/ijerph18073418

Karunia, M., Azizah, N., Rahayu, O., Melati, P. S., & Santoso, A. P. A. (2022). Mutu dan Kepuasan terhadap Pasien. Journal Complementary of Health (JCoHealth), 2(1), 63–66. https://doi.org/10.36086/jch.v2i1

Khatimah, G. K., Cokki, C., & Helmi, M. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RS YPK Mandiri Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(3), 668–680.

Nadirah Machmud, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Voice Of Midwifery, 10(2), 940–954.

Nidya Oktavia, S., & Prayoga, D. (2023). Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien pada Rumah Sakit Ibu dan Anak: Tinjauan Literatur. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3).

Nurlin, Sabil, F. A., & Mutmainnah. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2, 280–287.

Pati D, & Lorusso LN. (2018). How to Write a Systematic Review of the Literature. HERD: Health Environments Research & Design Journal. , 11(1), 15–30.

Pratiwi, A. A. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dengan Metode Fuzzy-SERVQUAL pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Journal of Advances in Information and Industrial Technology (JAIIT), 2(1), 22–35.

Sabina, D., Fannya, P., Indawati, L., & Sonia, D. (2023). Tinjauan Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Layanan di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(9), 565–576.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122

Umoke, M. J., Umoke, P. C. I., Nwimo, I. O., Nwalieji, C. A., Onwe, R. N., Emmanuel Ifeanyi, N., & Samson Olaoluwa, A. (2020). Patients’ satisfaction with quality of care in general hospitals in Ebonyi State, Nigeria, using SERVQUAL theory. SAGE Open Medicine, 8, 1–9. https://doi.org/10.1177/2050312120945129

Ursula, F. B., & Saryatmo, M. A. (2024). Studi mengenai kualitas layanan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit RSUD K.R.M.T Wongsonegoro. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(1), 138–149.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service?; Balancing Customer Perception and Expectations. . New York: The Free Press.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Hidayah, N., Bachtiar, A. ., & Candi, C. . (2024). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT : SYSTEMATIC REVIEW. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 6300–6308. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37178