ANALISIS KEPUASAN PASIEN TBC RO TERHADAP PELAYANAN DI RSUD PASAMAN BARAT KABUPATEN PASAMAN BARAT 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.36545Keywords:
kepuasan, pasien, pelayanan, tuberculosisAbstract
Sebagai salah satu fasilitas kesehatan rujukan di Provinsi Sumatera Barat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat memainkan peran penting dalam diagnosis, pengobatan dan pemantauan pasien dengan berbagai penyakit, salah satunya penyakit Tuberkulosis Resisten Obat (TBC RO). TBC RO merupakan salah satu tantangan besar dalam dunia kesehatan karena sifatnya yang lebih sulit diobati dibandingkan penyakit yang lain. Oleh karena itu rumah sakit ini berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada pasien, termasuk mereka yang menderita TBC RO, dan memastikan bahwa pasien puas dengan layanan mereka. Kepuasan pasien tidak hanya menggambarkan pengalaman mereka selama perawatan, tetapi juga mempengaruhi kepatuhan pasien terhadap perawatan dan hasil kesehatan jangka panjang mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kepuasan Pasien TBC RO Terhadap Pelayanan di RSUD Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, pertanyaan yang digunakan dalam wawancara (indeph interview) termasuk catatan, rekaman audio atau video, dan foto dari perangkat Android. Semua ini digunakan untuk mengumpulkan informasi dan menilai metode pengumpulan data. Panduan wawancara ini mencakup semua pertanyaan yang ditanyai kepada informan. Berdasarkan hasil penelitian semua menunjukkan bahwa pasien TBC RO mengalami kepuasan pada pelayanan di RSUD Pasaman Barat, meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan seperti waktu pelayanan pada laboratorium yang perlu dievaluasi agar pelayanan diberikan semakin optimal.References
Astuti, S. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit DR.A.Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 11(1), 49. https://doi.org/10.47218/jkpbl.v11i1.222
Baumgarten, A., Hilgert, J. B., Pinto, I. C., Zacharias, F. C. M., & Bulgarelli, A. F. (2019). Facility infrastructure of primary health services regarding tuberculosis control: a countrywide cross-sectional study. Primary Health Care Research & Development, 20, 1–8. https://doi.org/10.1017/S1463423618000646
Budiarti, L. M., Kusumawati, A., & Sari, R. N. (2023). Evaluating Patient Satisfaction with MDR-TB Services at RSUD Dr. Sutomo, Surabaya. Journal of Health and Medical Research, 15(2), 99–113.
Ferreira, D. C., Vieira, I., Pedro, M. I., Caldas, P., & Varela, M. (2023). Patient Satisfaction with Healthcare Services and the Techniques Used for its Assessment: A Systematic Literature Review and a Bibliometric Analysis. Healthcare, 11(5), 639. https://doi.org/10.3390/healthcare11050639
Gupta, A., & Rokade, V. (2016). Hospital Management: An Evaluation. Journal of Health Management, 18(2), 289–305.
Hidayat, A. D., Jayanti, K. D., Oktaviasari, D. I., Widyaningrum, Y. D. A., & Novitasari, I. A. (2023). Hubungan Kelengkapan Informasi Rekam Medis dengan Keakuratan Kode Diagnosis di Rumah Sakit. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Indonesia, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.62951/jurmiki.v3i1.520
Ibrahim, M. (2021). The Role of Policy in Hospital Health Services. Journal of Health Policy and Management, 15(4), 312–326. https://doi.org/10.1007/s11479-021-00265
Ilmayanti, N. A., Arni Rizqiani Rusydi, & Ella Andayanie. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Poli Interna di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 3(6), 1079–1088. https://doi.org/10.33096/woph.v3i6.527
Janes, G., Mills, T., Budworth, L., Johnson, J., & Lawton, R. (2021). The Association Between Health Care Staff Engagement and Patient Safety Outcomes: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Patient Safety, 17(3), 207–216. https://doi.org/10.1097/PTS.0000000000000807
Jesus, G. S., Pescarini, J. M., Silva, A. F., Torrens, A., Wellington M Carvalho , MSc, dan E. P. J., Ichihara, M. Y., Barreto, M. L., Rebouças, P., Macinko, J., Sanchez, M., & Rasella, D. (2024). The effect of primary health care on tuberculosis in a nationwide cohort of 7·3 million Brazilian people: a quasi-experimental study. Global Health Research and Policy, 31(1), 12–19. https://doi.org/10.1186/s41256-018-0063-3
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Kementerian Kesehatan RI.
Kurniawati, D., Susanti, A. I., & Harsono, L. (2021). Determinants of Patient Satisfaction with MDR-TB Services at RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Journal of Health Policy and Management, 6(1), 45–58.
Kusumawati, A., Utami, W., & Fajri, M. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di RSUD Kabupaten X. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(1), 45–54.
Priyanto, H., Widyastuti, D., & Utami, R. (2022). Factors Influencing Patient Satisfaction with MDR-TB Services at RSUD Dr. Moewardi, Surakarta. Journal of Health Services Management, 13(3), 215–229.
Taylor, A., Martin, L., & Hall., C. (2020). The Role of Continuous Quality Monitoring in Improving Healthcare Services. Journal of Healthcare Quality, 42(4).
World Health Organization. (2021). Global Tuberculosis Report 2021. WHO.
Avedis Donabedian, M.D., M.P.H. Explorations in Quality Assessment and Monitoring, The Defenition of Quality and Approches to its Assassment. Health Administration Press, Ann Arbor, Michigan, 1980.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rani Marta Hayu, Bambang Setiaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







