ANALISIS KEPUASAN PASIEN TBC RO TERHADAP PELAYANAN DI RSUD PASAMAN BARAT KABUPATEN PASAMAN BARAT 2024

Authors

  • Rani Marta Hayu Program Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
  • Bambang Setiaji Program Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.36545

Keywords:

kepuasan, pasien, pelayanan, tuberculosis

Abstract

Sebagai salah satu fasilitas kesehatan rujukan di Provinsi Sumatera Barat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat memainkan peran penting dalam diagnosis, pengobatan dan pemantauan pasien dengan berbagai penyakit, salah satunya penyakit Tuberkulosis Resisten Obat (TBC RO). TBC RO merupakan salah satu tantangan besar dalam dunia kesehatan karena sifatnya yang lebih sulit diobati dibandingkan penyakit yang lain. Oleh karena itu rumah sakit ini berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada pasien, termasuk mereka yang menderita TBC RO, dan memastikan bahwa pasien puas dengan layanan mereka. Kepuasan pasien tidak hanya menggambarkan pengalaman mereka selama perawatan, tetapi juga mempengaruhi kepatuhan pasien terhadap perawatan dan hasil kesehatan jangka panjang mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kepuasan Pasien TBC RO Terhadap Pelayanan di RSUD Pasaman Barat  Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, pertanyaan yang digunakan dalam wawancara (indeph interview) termasuk catatan, rekaman audio atau video, dan foto dari perangkat Android. Semua ini digunakan untuk mengumpulkan informasi dan menilai metode pengumpulan data. Panduan wawancara ini mencakup semua pertanyaan yang ditanyai kepada informan. Berdasarkan hasil penelitian semua menunjukkan bahwa pasien TBC RO mengalami kepuasan pada pelayanan di RSUD Pasaman Barat, meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan seperti waktu pelayanan pada laboratorium yang perlu dievaluasi agar pelayanan diberikan semakin optimal.

References

Astuti, S. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit DR.A.Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 11(1), 49. https://doi.org/10.47218/jkpbl.v11i1.222

Baumgarten, A., Hilgert, J. B., Pinto, I. C., Zacharias, F. C. M., & Bulgarelli, A. F. (2019). Facility infrastructure of primary health services regarding tuberculosis control: a countrywide cross-sectional study. Primary Health Care Research & Development, 20, 1–8. https://doi.org/10.1017/S1463423618000646

Budiarti, L. M., Kusumawati, A., & Sari, R. N. (2023). Evaluating Patient Satisfaction with MDR-TB Services at RSUD Dr. Sutomo, Surabaya. Journal of Health and Medical Research, 15(2), 99–113.

Ferreira, D. C., Vieira, I., Pedro, M. I., Caldas, P., & Varela, M. (2023). Patient Satisfaction with Healthcare Services and the Techniques Used for its Assessment: A Systematic Literature Review and a Bibliometric Analysis. Healthcare, 11(5), 639. https://doi.org/10.3390/healthcare11050639

Gupta, A., & Rokade, V. (2016). Hospital Management: An Evaluation. Journal of Health Management, 18(2), 289–305.

Hidayat, A. D., Jayanti, K. D., Oktaviasari, D. I., Widyaningrum, Y. D. A., & Novitasari, I. A. (2023). Hubungan Kelengkapan Informasi Rekam Medis dengan Keakuratan Kode Diagnosis di Rumah Sakit. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Indonesia, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.62951/jurmiki.v3i1.520

Ibrahim, M. (2021). The Role of Policy in Hospital Health Services. Journal of Health Policy and Management, 15(4), 312–326. https://doi.org/10.1007/s11479-021-00265

Ilmayanti, N. A., Arni Rizqiani Rusydi, & Ella Andayanie. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Poli Interna di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 3(6), 1079–1088. https://doi.org/10.33096/woph.v3i6.527

Janes, G., Mills, T., Budworth, L., Johnson, J., & Lawton, R. (2021). The Association Between Health Care Staff Engagement and Patient Safety Outcomes: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Patient Safety, 17(3), 207–216. https://doi.org/10.1097/PTS.0000000000000807

Jesus, G. S., Pescarini, J. M., Silva, A. F., Torrens, A., Wellington M Carvalho , MSc, dan E. P. J., Ichihara, M. Y., Barreto, M. L., Rebouças, P., Macinko, J., Sanchez, M., & Rasella, D. (2024). The effect of primary health care on tuberculosis in a nationwide cohort of 7·3 million Brazilian people: a quasi-experimental study. Global Health Research and Policy, 31(1), 12–19. https://doi.org/10.1186/s41256-018-0063-3

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Kementerian Kesehatan RI.

Kurniawati, D., Susanti, A. I., & Harsono, L. (2021). Determinants of Patient Satisfaction with MDR-TB Services at RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Journal of Health Policy and Management, 6(1), 45–58.

Kusumawati, A., Utami, W., & Fajri, M. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di RSUD Kabupaten X. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(1), 45–54.

Priyanto, H., Widyastuti, D., & Utami, R. (2022). Factors Influencing Patient Satisfaction with MDR-TB Services at RSUD Dr. Moewardi, Surakarta. Journal of Health Services Management, 13(3), 215–229.

Taylor, A., Martin, L., & Hall., C. (2020). The Role of Continuous Quality Monitoring in Improving Healthcare Services. Journal of Healthcare Quality, 42(4).

World Health Organization. (2021). Global Tuberculosis Report 2021. WHO.

Avedis Donabedian, M.D., M.P.H. Explorations in Quality Assessment and Monitoring, The Defenition of Quality and Approches to its Assassment. Health Administration Press, Ann Arbor, Michigan, 1980.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Hayu, R. M., & Setiaji, B. (2025). ANALISIS KEPUASAN PASIEN TBC RO TERHADAP PELAYANAN DI RSUD PASAMAN BARAT KABUPATEN PASAMAN BARAT 2024. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 1271–1277. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.36545

Issue

Section

Articles