PENGALAMAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN PASIEN JKN TERHADAP PERSEPSI PELAYANAN KESEHATAN

Authors

  • Wulan Kurnia Sari Universitas Negeri Sriwijaya Palembang
  • Haerawati Idris Universitas Negeri Sriwijaya Palembang
  • Misnaniarti Misnaniarti Universitas Negeri Sriwijaya Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.36466

Keywords:

JKN, pelayanan dan kesehatan, pengalaman, persepsi

Abstract

Penelitian ini berjudul pengalaman dan tingkat pendidikan pasien JKN terhadap persepsi pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan pengalaman pasien dalam menggunakan layanan kesehatan yang dibiayai oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait kepuasan, tantangan, dan harapan pasien terhadap program JKN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien menghargai aksesibilitas dan biaya rendah yang ditawarkan oleh JKN, namun juga menghadapi beberapa masalah seperti lamanya waktu tunggu dan keterbatasan pilihan fasilitas kesehatan. Penelitian ini menggunakan penelitian field research dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai aspek-aspek yang perlu ditingkatkan dalam sistem JKN untuk meningkatkan kualitas pengalaman pasien dan efektivitas layanan kesehatan yang disediakan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pembuat kebijakan dalam merumuskan strategi perbaikan program JKN guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pasien dengan lebih baik.

References

Azwar, A. (1980). Pengantar administrasi kesehatan. PT Grafiti Medika Pers, Jakarta.

Handayani, S. (2016). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42-48.

Samuel Pangihutan, S. (2017). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. ??????? ???????????????, 4(1)

Susan E. Mazer, P. D. (2022). Perception: What Influences the Patient’s Perception of Their Experiences? Healing Healthcare System. https://www.healinghealth.com/perception-what-influences-the-patients- erception-of-their-experiences

Rahmadhani, W., Kusumastuti, K., & Phu, P. T. (2021). The Effect of Service Quality on Patient Satisfaction in Obstetrics and Gynecology Polyclinic of PKU Muhammadiyah

Listiani, I., & Supratman, M. K. (2017). Hubungan tingkat pendidikan dan penghasilan pasien dengan persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Muhlisin, A., & Listiani, I. (2019, January). Faktor Tingkat Pendidikan Dan Penghasilan Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. In Prosiding Seminar Nasional 2018 “Peran Dan Tanggung Jawab Tenaga Kesehatan Dalam Mendukung Program Kesehatan Nasional” (Pp. 84-92).

Primanita, A. (2011). Hubungan antara persepsi tentang sakit dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta jaminan kesehatan masyarakat di puskesmas gunungpati kota semarang. Universitas Negeri Semarang. Semarang: S1 Skipsi Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Grondahl, V. A., Wilde-Larsson, B., Karlsson, I., & Hall-Lord, M. L. (2013). Patientsâ experiences of care quality and satisfaction during hospital stay: a qualitative study. European Journal for Person Centered Healthcare, 1(1), 185.

Yanuarti, R., Febriawati, H., Angraini, W., Pratiwi, B. A., & Wati, N. (2021). Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan Rumah Sakit pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(2), 49–59.

Wolf PhD, C., & Jason, A. (2014). Defining patient experience. Patient Experience Journal, 1(1)

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Kurnia Sari, W., Idris, H. ., & Misnaniarti, M. (2024). PENGALAMAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN PASIEN JKN TERHADAP PERSEPSI PELAYANAN KESEHATAN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 5491 – 5496. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.36466