PENGALAMAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN PASIEN JKN TERHADAP PERSEPSI PELAYANAN KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.36466Keywords:
JKN, pelayanan dan kesehatan, pengalaman, persepsiAbstract
Penelitian ini berjudul pengalaman dan tingkat pendidikan pasien JKN terhadap persepsi pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan pengalaman pasien dalam menggunakan layanan kesehatan yang dibiayai oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait kepuasan, tantangan, dan harapan pasien terhadap program JKN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien menghargai aksesibilitas dan biaya rendah yang ditawarkan oleh JKN, namun juga menghadapi beberapa masalah seperti lamanya waktu tunggu dan keterbatasan pilihan fasilitas kesehatan. Penelitian ini menggunakan penelitian field research dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai aspek-aspek yang perlu ditingkatkan dalam sistem JKN untuk meningkatkan kualitas pengalaman pasien dan efektivitas layanan kesehatan yang disediakan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pembuat kebijakan dalam merumuskan strategi perbaikan program JKN guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pasien dengan lebih baik.References
Azwar, A. (1980). Pengantar administrasi kesehatan. PT Grafiti Medika Pers, Jakarta.
Handayani, S. (2016). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42-48.
Samuel Pangihutan, S. (2017). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. ??????? ???????????????, 4(1)
Susan E. Mazer, P. D. (2022). Perception: What Influences the Patient’s Perception of Their Experiences? Healing Healthcare System. https://www.healinghealth.com/perception-what-influences-the-patients- erception-of-their-experiences
Rahmadhani, W., Kusumastuti, K., & Phu, P. T. (2021). The Effect of Service Quality on Patient Satisfaction in Obstetrics and Gynecology Polyclinic of PKU Muhammadiyah
Listiani, I., & Supratman, M. K. (2017). Hubungan tingkat pendidikan dan penghasilan pasien dengan persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Muhlisin, A., & Listiani, I. (2019, January). Faktor Tingkat Pendidikan Dan Penghasilan Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. In Prosiding Seminar Nasional 2018 “Peran Dan Tanggung Jawab Tenaga Kesehatan Dalam Mendukung Program Kesehatan Nasional” (Pp. 84-92).
Primanita, A. (2011). Hubungan antara persepsi tentang sakit dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta jaminan kesehatan masyarakat di puskesmas gunungpati kota semarang. Universitas Negeri Semarang. Semarang: S1 Skipsi Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Grondahl, V. A., Wilde-Larsson, B., Karlsson, I., & Hall-Lord, M. L. (2013). Patientsâ experiences of care quality and satisfaction during hospital stay: a qualitative study. European Journal for Person Centered Healthcare, 1(1), 185.
Yanuarti, R., Febriawati, H., Angraini, W., Pratiwi, B. A., & Wati, N. (2021). Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan Rumah Sakit pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(2), 49–59.
Wolf PhD, C., & Jason, A. (2014). Defining patient experience. Patient Experience Journal, 1(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wulan Kurnia Sari, Haerawati Idris, Misnaniarti Misnaniarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).