EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS DI RSUD MERAUKE

Authors

  • Linda Yuliati Madi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia MajuMagister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia Maju
  • Fajar Saputra Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia Maju
  • Yunus O. Ayamiseba Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.36197

Keywords:

Evaluasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat Inap

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kualitas pelayanan dan kepuasan pasien BPJS yang menerima perawatan rawat inap di RSUD Merauke, sebagai mitra penting dalam program jaminan kesehatan nasional di Indonesia. Manfaat dari penelitian ini meliputi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, penanganan keluhan yang lebih efisien, serta kontribusi pada pengembangan layanan kesehatan yang lebih baik di RSUD Merauke dan potensi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat nasional. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dan analitik dengan pendekatan campuran (mixed-methods) yang menggabungkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif diterapkan melalui wawancara mendalam dengan pasien BPJS, dokter, perawat, dan petugas BPJS di RSUD Merauke sampel 22 orang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, responsivitas terhadap keluhan pasien, mencegah kejadian serius, serta memperbaiki reputasi RSUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50,9% responden menilai ketersediaan obat baik, sementara 49,1% menilai kurang baik, menunjukkan ketidakpuasan hampir separuh pasien terhadap ketersediaan obat. Sebanyak 58,8% responden menilai kebersihan lingkungan baik, sedangkan 41,2% menilai kurang baik, menunjukkan perlunya peningkatan kebersihan. Banyak pasien merasa petugas kurang cekatan dalam menanggapi keluhan non-darurat karena tingginya jumlah pasien dan terbatasnya staf. Kesimpulan penelitian menunjukkan perlunya implementasi Sistem Manajemen Persediaan Obat yang lebih efektif, peningkatan kebersihan lingkungan, dan perbaikan manajemen petugas kesehatan untuk meningkatkan kepuasan pasien di RSUD Merauke

References

Arikunto, S., 2006. (2006). Prosedur Penelitian?: Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Azwar S, 1999. (1999). Reliabilitas Dan Validitas: Seri Pengukuran Psikologi, Sigma Alpha, Yogyakarta.

BPJS.Pemanfaatan Data JKN. (2017). (2017). Media Internal BPJS Ksehatan / Edisi 72.https://bpjskesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/0775bd2f22814d db26c71e02903c9226.pdf.Https://Bpjskesehatan.Go.Id/Bp Js/Dmdocuments/0775bd2f22814d Db26c71e02903c9226.Pdf.

Departemen Kesehatan RI, 2011. (2011). Undang-Undang Kesehatan Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jakarta.

Institut Manajemen Obat dan Terapi. (2021). (2021). “Pengelolaan Stok Obat di Rumah Sakit: Strategi dan Implementasi.” Jakarta: Penerbit Kesehatan Nasional. "Pengelolaan Stok Obat Di Rumah Sakit.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). (2019). “Pedoman Manajemen Stok Obat di Rumah Sakit.” Jakarta: Kemenkes RI.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller.2009. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13Jilid 1. Penerbit Erlangga:Jakarta.

Novaryatiin, S, dkk. (2018). (2018). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy, Volume 1 I.

Putri, P. A. R. J., Handoko, S. A., Nopiyani, N. M. S., Utami, N. W. A., & Pertiwi, N. K. F. R. (2019). (2019). Tingkat kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional terhadap mutu pelayanan di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Badung Mangusada. RSUD Badung Mangusada.

Rahmawati, A., & Kurniawan, T. (2020). (2020). Analisis Ketersediaan Obat di RSUP Fatmawati, Jakarta dan Upaya Penanganannya. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 8(3), 98-105.

Rianto, S. (2019). (2019). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik X Menggunakan Aplikasi EServquaL Berbasis Web. Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia. Vol 1 No.3 Tahun 2019, 1 no 3.

RSUD Merauke. (2022). Laporan RSUD Merauke.

Smith, J., Johnson, A., & Lee, M. (2018). (2018). Patient Perceptions of Cleanliness in a Major Hospital in Jakarta. Journal of Hospital Management and Health Policy, 5(3), 210-220. Journal of Hospital Management and Health Policy, 5(3), 210-220.

Sugiono 2019. (2019). Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif dan R & D alfhabeta Bandung.

Surur, Shemsu, A., Teni, Sebsibe, F., Girmay, G., Moges, E., Tesfa, M., Abraha, M., 2015. (2015). Satisfaction of Clients With The Services of an Outpatient Pharmacy at a University Hospital in Northwestern Ethiopia: A Cross-Sectional Study. Department of Pharmaceutics and Social Pharmacy, College of Medicine and Health Sciences, University of Gondar, Gondar, Ethiopia. BMC Health Services Research.

Yuniarti, D. (2019). (2019). Manajemen Inventaris Farmasi di Rumah Sakit: Studi Kasus di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Jurnal Farmasi Indonesia, 7(2), 123-130.

Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1990). (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Free Press.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Madi, L. Y. ., Saputra , F. ., & Ayamiseba, Y. O. . . (2024). EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS DI RSUD MERAUKE. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 6628–6642. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.36197