EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS DI RSUD MERAUKE
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.36197Keywords:
Evaluasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat InapAbstract
Penelitian ini mengevaluasi kualitas pelayanan dan kepuasan pasien BPJS yang menerima perawatan rawat inap di RSUD Merauke, sebagai mitra penting dalam program jaminan kesehatan nasional di Indonesia. Manfaat dari penelitian ini meliputi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, penanganan keluhan yang lebih efisien, serta kontribusi pada pengembangan layanan kesehatan yang lebih baik di RSUD Merauke dan potensi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat nasional. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dan analitik dengan pendekatan campuran (mixed-methods) yang menggabungkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif diterapkan melalui wawancara mendalam dengan pasien BPJS, dokter, perawat, dan petugas BPJS di RSUD Merauke sampel 22 orang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, responsivitas terhadap keluhan pasien, mencegah kejadian serius, serta memperbaiki reputasi RSUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50,9% responden menilai ketersediaan obat baik, sementara 49,1% menilai kurang baik, menunjukkan ketidakpuasan hampir separuh pasien terhadap ketersediaan obat. Sebanyak 58,8% responden menilai kebersihan lingkungan baik, sedangkan 41,2% menilai kurang baik, menunjukkan perlunya peningkatan kebersihan. Banyak pasien merasa petugas kurang cekatan dalam menanggapi keluhan non-darurat karena tingginya jumlah pasien dan terbatasnya staf. Kesimpulan penelitian menunjukkan perlunya implementasi Sistem Manajemen Persediaan Obat yang lebih efektif, peningkatan kebersihan lingkungan, dan perbaikan manajemen petugas kesehatan untuk meningkatkan kepuasan pasien di RSUD MeraukeReferences
Arikunto, S., 2006. (2006). Prosedur Penelitian?: Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Azwar S, 1999. (1999). Reliabilitas Dan Validitas: Seri Pengukuran Psikologi, Sigma Alpha, Yogyakarta.
BPJS.Pemanfaatan Data JKN. (2017). (2017). Media Internal BPJS Ksehatan / Edisi 72.https://bpjskesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/0775bd2f22814d db26c71e02903c9226.pdf.Https://Bpjskesehatan.Go.Id/Bp Js/Dmdocuments/0775bd2f22814d Db26c71e02903c9226.Pdf.
Departemen Kesehatan RI, 2011. (2011). Undang-Undang Kesehatan Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jakarta.
Institut Manajemen Obat dan Terapi. (2021). (2021). “Pengelolaan Stok Obat di Rumah Sakit: Strategi dan Implementasi.” Jakarta: Penerbit Kesehatan Nasional. "Pengelolaan Stok Obat Di Rumah Sakit.
Kementerian Kesehatan RI. (2019). (2019). “Pedoman Manajemen Stok Obat di Rumah Sakit.” Jakarta: Kemenkes RI.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller.2009. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13Jilid 1. Penerbit Erlangga:Jakarta.
Novaryatiin, S, dkk. (2018). (2018). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy, Volume 1 I.
Putri, P. A. R. J., Handoko, S. A., Nopiyani, N. M. S., Utami, N. W. A., & Pertiwi, N. K. F. R. (2019). (2019). Tingkat kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional terhadap mutu pelayanan di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Badung Mangusada. RSUD Badung Mangusada.
Rahmawati, A., & Kurniawan, T. (2020). (2020). Analisis Ketersediaan Obat di RSUP Fatmawati, Jakarta dan Upaya Penanganannya. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 8(3), 98-105.
Rianto, S. (2019). (2019). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik X Menggunakan Aplikasi EServquaL Berbasis Web. Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia. Vol 1 No.3 Tahun 2019, 1 no 3.
RSUD Merauke. (2022). Laporan RSUD Merauke.
Smith, J., Johnson, A., & Lee, M. (2018). (2018). Patient Perceptions of Cleanliness in a Major Hospital in Jakarta. Journal of Hospital Management and Health Policy, 5(3), 210-220. Journal of Hospital Management and Health Policy, 5(3), 210-220.
Sugiono 2019. (2019). Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif dan R & D alfhabeta Bandung.
Surur, Shemsu, A., Teni, Sebsibe, F., Girmay, G., Moges, E., Tesfa, M., Abraha, M., 2015. (2015). Satisfaction of Clients With The Services of an Outpatient Pharmacy at a University Hospital in Northwestern Ethiopia: A Cross-Sectional Study. Department of Pharmaceutics and Social Pharmacy, College of Medicine and Health Sciences, University of Gondar, Gondar, Ethiopia. BMC Health Services Research.
Yuniarti, D. (2019). (2019). Manajemen Inventaris Farmasi di Rumah Sakit: Studi Kasus di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Jurnal Farmasi Indonesia, 7(2), 123-130.
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1990). (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Free Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Linda Yuliati Madi, Fajar Saputra , Yunus O. Ayamiseba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







