PENGARUH PENDAMPINGAN GIZI TERHADAP PERBAIKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA SISWI KELAS X DI SMA N 1 DAN 3 LUWUK BANGGAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.36130Keywords:
Kata kunci: Anemia, Pencegahan, Pendampingan Gizi, Pengetahuan, Perbaikan SikapAbstract
Kurangnya pengetahuan remaja putri tentang anemia menimbulkan sikap negatif dalam pencegahan anemia. Sehingga pendampingan gizi sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendampingan gizi terhadap perbaikan pengetahuan dan sikap tentang pencegahan anemia siswi kelas X di SMA N 1 Dan 3 Luwuk Banggai. Desain penelitian ini adalah pre test-post test with control group design dengan pendekatan quasy eksperiment. Sampel sebanyak 79 orang. Variabel independen adalah pendampingan gizi dan variabel dependen adalah perbaikan pengetahuan dan sikap tentang pencegahan anemia. Hasil uji statistik menggunakan wilcoxon test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pre-test pada kelompok kontrol sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang kurang dengan persentase 56.4% sedangkan pada post test terdapat 82.1% dengan pengetahuan yang baik. Hasil pre-test pada kelompok kasus hampir setengah dari responden memiliki pengetahuan yang kurang dengan persentase 40.0%, sedangkan pada post test terdapat 80.0% dengan pengetahuan yang baik setelah mendapatkan mendapatkan intervensi. Hasil pre-test pada kelompok kontrol sebagian besar responden memiliki sikap negatif dengan persentase 66.7% sedangkan pada post test terdapat 92.3% dengan sikap positif. Hasil pre-test pada kelompok kasus sebagian besar responden memiliki sikap negatif dengan persentase 75.0% sedangkan pada post test terdapat 90.0% dengan sikap positif setelah mendapatkan mendapatkan intervensi. Hasil analisa data menunjukan bahwa ada pengaruh pengetahuan dan sikap tentang pencegahan anemia pada remaja putri sebelum dan setelah pendampingan gizi diperoleh nilai p-value 0,000. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik pengetahuan remaja putri maka semakin positif sikap dalam pencegahan anemia.References
Apriyanto, R. (2022). Efektivitas Promosi Kesehatan Melalui Media Youtobe Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tntang Anemia Di SMA Negri Kota Bengkulu. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu
Council, M., State, B., Shapu, R. C., Ismail, S., Ahmad, N., Ying, L. P., & Njodi, I. A. (2020). Cross-Sectional Study.
Cunningham, K., Pries, A., Erichsen, D., Manohar, S., & Nielsen, J. (2020). Adolescent girls’ nutritional status and knowledge, beliefs, practices, and access to services: An assessment to guide intervention design in nepal. Current Developments in Nutrition, 4(7), nzaa094.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 4(1): 1-5
Ghaderi, N., Ahmadpour, M., Saniee, N., Karimi, F., Ghaderi, C., & Mirzaei, H. (2017). Effect of education based on the Health Belief Model (HBM) on anemia preventive behaviors among iranian girl students. International Journal of Pediatrics, 5(6), 5043–5052.
Kumar, S.B., Arnipalli, S.R., Mehta, P., Carrau, S., & Ziouzenkova. O (2022). Iron Deficiency Anemia: Afficacy and Limitations of Nutritional and Comprehensive Mitigation Strategis. Nutrients.14(14)
Laksmita, S., & Yenie, H. (2018). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia Demgan Kejadian Anemia Di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik. XIV(1): 104-107
Maiti, S., Chatterjee, K., De, D., Ali, K. M., Bera, T. K., Jana, K., & Ghosh, D. (2011). The Impact of Nutritional Awareness Package (NAP) on Secondary School Students for the Improvement of Knowledge, Attitudes and Practices (KAP) at Rural Areas of Paschim Medinipur, West Bengal. Asian Journal of Medical Sciences, 2(2), 87–92.
Meylani., & Alexander. (2019). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di Sekolah SMPN 09 Potianakan Tahun 2019. Jurnal Kebidanan. 9(2): 394-403
Purwiningtyas, M., Yulistiani., Suprapti, B., Santi, B.D. (2019).Effectivity of Erythropoiten-alpha Between Fixed-dose And Adjustment-Dose in Chronoc Kidney Disease Patients With Anemia. Fol Med Indonesia. 55(4): 306-310
Putri, R.D., Simanjuntak, B.Y., & Kusdanilah. (2017). Pengetahuan Gizi, Pola Makanan, dan Kepatuahn Konsumsi Tablet Tambah Darah dengan Kejadian Anemia Remaja Putri. Jurnal Kesehatan. 8(3): 404-409
Riskesdas. (2018). Laporan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional. Badan Penelitian dan PengembanganKesehatan Depkes RI: Jakarta
Rusdi, F.Y., Rahmy, H.A., & Helmizar. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Instagram Terhadap PErubahan Perilaku Gizi Seimbang Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di SMAN 2 Padang. Journal Of Nutrition College. 10(1): 31-38
Salam, R. A., Das, J. K., Irfan, O., Ahmed, W., Sheikh, S. S., & Bhutta, Z. A. (2020). Effects of preventive nutrition interventions among adolescents on health and nutritional status in low- and middle-income countries: A systematic review. Campbell Systematic Reviews, 16(2).
Salam, R. A., Hooda, M., Das, J. K., Arshad, A., Lassi, Z. S., Middleton, P., & Bhutta, Z. A. (2016). Interventions to Improve Adolescent Nutrition: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Adolescent Health, 59(2), S29–S39.
Sari, P., Judistiani, R.T.D., Herawati, D.M.D., Dhamayanti, M., & Hilmanto, D. (2022). Iron Deficiency Anemia and Associated Factors Among Adolescent Girls and Women in a Rural Area of Jatinangor, Indonesia. International Journal of Women’s Health. 14: 1137-1147
Shaaban SY, Nassar MF, Abd Elhamid DM, & Lasheen, R. A. (2009). Nutritional knowledge and attitude of adolescent school girls living in Cairo. Research Journal of Medicine and Medical Sciences, 4(2), 421–427.
Shahzad, S., Islam, K., Azhar, S., Fiza, S., Ahmed, W., & Murtaza, Z. (2017). Impact of knowledge, attitude and practice on iron deficiency anaemia status among females of reproductive age group (20-21-year-old) studying in Government Home Economics College Lahore, Pakistan. International Archives of BioMedical and Clinical Researc. August 2019, 3(4), 31–36.
Shapu, R. C., Ismail, S., Ahmad, N., Lim, P. Y., & Njodi, I. A. (2020). Systematic review: Effect of health education intervention on improving knowledge, attitudes and practices of adolescents on malnutrition. Nutrients, 12(8), 1–19.
Sulselprov.(2022). Tekanan Stunting pada Remaja Putri Pendampingan Gizi Aksi Stop Stunting Intervensi Konsumsi TTD. Diakses pada tanggal 30 Agustsus. Sulselprov.go.id.
Tansah, A., & Ismiyati, I. (2023). Pendampingan Remaja Putri dalam Deteksi Dini Pencegahan Anemia di Pondok Pesantren Nurul Falah, Kabupaten Lebak. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 564-572.
World Health Organization. (2021). Anaemia in Women and Children. WHO Press. Anaemia in women and children (who)
Wiafe, M. A., Apprey, C., & Annan, R. A. (2023). Nutrition Education Improves Knowledge of Iron and Iron-Rich Food Intake Practices among Young Adolescents: A Nonrandomized Controlled Trial. International Journal of Food Science, 2023.
Yusoff, H., Daud, W. N. W., & Ahmad, Z. (2012). Nutrition education and knowledge, attitude and hemoglobin status of Malaysian adolescents. Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health, 43(1), 192–200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sabrianto Masir, Oktia Woro Kasmini H, Irwan Budiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







