DAMPAK GADGET PADA INTERAKSI SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELAS 5 SEKOLAH DASAR : SEBUAH STUDI KUALITATIF

Authors

  • Syabila Andini Program Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram
  • Lenny Herlina Program Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram
  • Lalu Ahmad Gamal Arigi Program Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram
  • Arfi Syamsun Program Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.36091

Keywords:

Fifth-Grade Students, Gadget Impact, Social-Emotional Development

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial-emosional siswa kelas lima di SD Negeri 16 Mataram. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat memengaruhi pola perilaku sehari-hari anak, mengurangi interaksi sosial, serta menyebabkan ketergantungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melibatkan guru wali kelas dan orang tua sebagai informan yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi aktivitas belajar. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari 10 siswa kelas lima, serta wawancara dengan tujuh orang tua dan kepala sekolah. Saturasi data tercapai ketika tidak ada tema baru yang muncul. Hasil analisis tematik mengidentifikasi tiga tema utama: dampak positif penggunaan gadget, dampak negatif penggunaan gadget, dan solusi untuk anak yang sudah tergantung gadget.

References

Alfansyur, A. and Artikel, R. (2020) ‘Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak’, 5(2), pp. 146–150. Available at: https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432.

Chusna, P.A. and Al-Muslihun, S. (2017) Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.

Damayanti, E. et al. (2020) ‘Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak’, 4(1), pp. 1–22.,

Erliana, H. et al. (2021) ‘Vocational Students’ Perception of Online Learning during the Covid-19 Pandemic’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(1), pp. 57–65. Available at: https://doi.org/10.21831/jptk.v27i1.34283.

Intan, C., Putri, H. and Primana, L. (2018) Gambaran Perilaku Disregulasi Emosi Anak Prasekolah Usia 3-4 Tahun.

Pebriana, P.H. (2017) ‘Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

Purwaningtyas, F.D. et al. (2023) ‘Fifin Dwi Purwaningtyas, et al, “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar” Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 4(1). Available at: https://doi.org/10.38156/psikowipa.v%vi%i.84.

Setyaningsih, E. and Setyowatie, D. (2023) ‘E Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-anak dan Remaja’, IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(1), pp. 64–71. Available at: https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i1.919.

Sofiana, S.N.A., Fakhriyah, F.F. and Oktavianti, I. oktavianti (2023) ‘Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar’, Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), pp. 53–59. Available at: https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414.

Suryo Bintoro, H. et al. (2021) ‘Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Articleinfo’, Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), pp. 254–259. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index.

Swider-Cios, E., Vermeij, A. and Sitskoorn, M.M. (2023) ‘Young children and screen-based media: The impact on cognitive and socioemotional development and the importance of parental mediation’, Cognitive Development. Elsevier Ltd. Available at: https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2023.101319.

Syafi, I., Noviatus Solichah, E. and Sunan Ampel Surabaya, U. (2021) ‘Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul’, Universitas Hamzanwadi, 5(02). Available at: https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3106.

Syifa, L., Setianingsih, E.S. and Sulianto, J. (2019) ‘Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, pp. 527–533.

Tamelab, M.F. (2023) ‘Analisis Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Paud Usia 3 Tahun’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4. Available at: https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/.

Website, A. et al. (no date) J u r n a l K e p e r a w a t a n M u h a m m a d i y a h Adaptasi Lansia Dalam Memenuhi Tugas Perkembangan Psikososial, Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Yuhandra, E. et al. (2021) Penyuluhan Hukum Tentang Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Gadget Dan Media Sosial, Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Yuza, A. and Ramadan, Z.H. (2021) ‘Elementary School Students’ Character Conditions During Online Learning’, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(2), p. 199. Available at: https://doi.org/10.23887/jpp.v54i2.37264.

Zuhra, H., Husnaini, N. and Saputri Imran, K. (2022) ‘KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 2-3 Tahun di Dusun Oi Saja Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat’. Available at: https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.5721.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Andini, S., Herlina, L., Arigi, L. A. G., & Syamsun, A. (2025). DAMPAK GADGET PADA INTERAKSI SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELAS 5 SEKOLAH DASAR : SEBUAH STUDI KUALITATIF. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 2520–2533. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.36091

Issue

Section

Articles