STRATEGI KEPEMIMPINAN UNTUK MENGHADAPI KRISIS DALAM ADMINISTRASI KESEHATAN : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35732Keywords:
administrasi, kepemimpinan, kesehatanAbstract
Permasalahan dalam sistem kesehatan, seperti epidemi, bencana alam, dan tantangan ekonomi, seringkali memerlukan respons manajemen yang cepat dan efektif. Latar belakang ini menyoroti pentingnya kepemimpinan dalam membimbing organisasi layanan kesehatan melalui masa-masa sulit. Masalah utamanya adalah banyak manajer yang tidak mampu mengatasi masalah tersebut dengan fokus, kemampuan beradaptasi dan stabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi manajemen yang paling efektif dalam menangani permasalahan sektor kesehatan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus sebagai poros utama. Sasaran penelitian ini adalah manajer dan administrator kesehatan di rumah sakit kota dan fasilitas kesehatan lainnya. Faktor-faktor seperti gaya kepemimpinan, komunikasi efektif dan pengambilan keputusan dalam situasi buruk adalah beberapa isu dalam penelitian ini. Pengumpulan data telah selesai melalui Pendekatan wawancara secara mendalam dan diskusi kelompok terarah (FGD) serta analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Penelitian menunjukkan bahwa manajemen perubahan dan manajemen situasional adalah dua pendekatan yang berhasil dalam manajemen krisis dalam sistem layanan kesehatan. Para pemimpin juga perlu Berpartisipasi dalam komunikasi yang transparan dan tulus dengan timnya, memastikan penyelesaian masalah dan penyelesaian yang cepat. Dalam krisis kesehatan, manajemen perlu memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dengan berkomunikasi secara efektif. Keterampilan beradaptasi sangat berguna dalam memimpin organisasi saat krisis, dan adaptasi yang cepat adalah kunci keberhasilan memimpin organisasi melewati krisis. Perancangan tinjauan pustaka/literatur review, dengan menggunakan artikel jurnal yang relevan yaitu sumber yang memuat topik tersebut digunakan sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi strategi manajemen dalam menghadapi permasalahan manajemen kesehatan.References
Djati, S. P. (Ed.). (2023). Manajemen Strategis dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Indonesia Emas Group.
Handrina, E. (2022). Strategi Manajemen Komunikasi Dalam Menghadapi Krisis Kepercayaan Masyarakat Terhadap Rendahnya Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Pemerintah (Studi: Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Rsud Sawahlunto). Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 1(1), 36-43.
Ngambut, K. (2023). Kerangka Kerja Collaborative Governance: Tantangan Implementasi Dalam Situasi Krisis Pandemi COVID19. Jurnal Administrasi dan Demokrasi (Administration and Democracy Journal), 2(01), 41-59.
Nurwahyuliningsih, E., Nulhaqim, S. A., & Rachim, H. A. (2022). Kepemimpinan Dan Pengambilan Keputusan Pada Organisasi Layanan Manusia. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 13(2), 136-145.
Puspitasari, S. A., & Afifi, S. (2022). Analisis strategi komunikasi krisis klinik kesehatan gigi di masa pandemi covid-19. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 2(1).
Putri, G. A., Hilmi, T., & Hasibuan, A. (2024). Kebijakan Dan Strategi Nasional Penanganan Krisis Masalah Kesehatan Dalam Kondisi Tanggap Darurat. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 410-415.
Sanusi, A. (2023). Pembaharuan Strategi Pendidikan. Nuansa Cendekia.
Setiadi, I. (2021). Sinergi Kepemimpinan dalam Masa Pandemik: Menghadapi Krisis Manajemen dalam Kebijakan Mengatasi Pandemik Covid-19. Jurnal Sosial Teknologi, 1(6), 451-464.
Utami, D. N. P., Kurniawan, Y., & Nicky, P. A. (2024). Analisis Kebijakan Publik Dalam Penanganan Krisis Kesehatan: Studi Kasus Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Subang. Jurnal Studi Administrasi Publik, 9(1).
Wahyudi, W. (2022). Literature Study: Efficacious Indonesian Herbs For Lowering Cholesterol Levels. Jops (Journal Of Pharmacy And Science), 5(2), 36-45.
Zendrato, M. L. V. (2023). Effective Strategic Leadership In Health Services. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 12(1), 1-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Adinda Ramadhani Hutagalung, Syaira Zhieka Ramadhani , Lily Rahmanda , Fildzah Hasyyati Andila , Ruqayah Salsabila Parapat , Sabrina Cahyati Nst , Rangga Muriansyah Daulay , Novita Dwi Adriani , Dewi Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).