KELUHAN PASIEN TENTANG KETIDAKTERSEDIAAN OBAT STUDI KUALITATIF DI RSU CUT MEUTIA KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35573Keywords:
keluhan pasien, ketersediaan obatAbstract
Ketersediaan obat saat ini menjadi tuntutan pelayanan kesehatan. Manajemen logistik obat di rumah sakit meliputi tahap perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penghapusan, evaluasi dan monitoring yang saling terkait satu sama lain dan harus terkoordinasi dengan baik agar masing-masing dapat berfungsi secara optimal. Kekosongan persediaan obat di rumah sakit dapat mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan di rumah sakit dan dapat mengahambat perawatan dan kesembuhan pasien. Selain itu, adanya permasalahan kekosongan obat di Instalasi Farmasi menunjukan pengendaliaan obat yang kurang baik dalam manajemen logistik di rumah sakit. Penelitian ini dilakukan di RSU Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara dalam periode Januari hingga Agustus 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi langsung. Informan di dalam penelitian ini adalah pasien, staf unit pengaduan, kepala Instalasi Farmasi dan Wadir Penunjang Pelayanan. Pengolahan data penelitian dengan metode wawancara mendalam (In-depth Interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekosongan stok obat di RSU Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara disebabkan karena terjadi keterlambatan penerimaan obat di Instalasi Farmasi. Untuk mencegah terjadi kekosongan obat di RSU Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara perlu ditingkatkan koordinasi dengan distributor obat dan merekomendasikan obat lain dengan efek farmakologis serupa kepada pasien. Penanganan keluhan di RSU Cut Meutia belum efetif dibuktikan oleh keluhan obat kosong sering berulang.References
Aceh, P. (2022). Peraturan Gubernur Aceh Nomor 40 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Aceh Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan Aceh. 2–6.
Adikoesoemo, S. (2003). Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Adiska Lina Arifiyanti, R. D. (2017). Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya Tahun 2016. JURNAL MANAJEMEN KESEHATAN Yayasan RS Dr. Soetomo, 3(1).
Afidah, H. N. (2013). Keefektifan Pelaksanaan Mekanisme Komplain Dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Hajji Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik , Vol.1, Nomor 1.
Afriani, N. (2012). Analisis Penagaan Kluhan Pelanggan oleh Instalasi Pemasaran dan Humas Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Tahun 2012. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia .
Ainy, Qurrotu. 2013. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ketersediaan Barang di Gudang Sentral RSAB Harapan Kita Jakarta tahun 2012. FKM UI.
Azzahra, F. (2015). Unit Pengaduan . Universitas Respati Idonesia.
Budiyanti, Herni. 2012. Penetapan Safety Stock di Gudang Farmasi RS Risa Sentra Medika Tahun 2012. FKM UI.
Chayatin, N., dan Mubarak, W. I. (2009). Ilmu Kesehatan Masyarakat, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.
Dewi, R., Sutrisno, D., & Badri, C. P. (2023). Evaluasi Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rsud H. Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2021. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 9(1), 67.
Febreani, S. H., & Chalidyanto, D. (2016). Pengelolaan Sediaan Obat Pada Logistik Farmasi Rumah Sakit Umum Tipe B di Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2), 136.
Febriawati, H. 2013. Manajemen Logistik Farmasi Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing
Guswani, G. (2016). Analisis Pengelolaan Manajemen Logistik Obat Di Instalasi Farmasi RSUD Lanto Daeng Pasewang Kabupaten Jeneponto Tahun 2016. 1–95.
Halomoan, S. (2012). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhdap Kepuasn Pasien pada Rumah Sakit Bayangkara Sartika Asih Bandung. Bandung: Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama
Hanjaya, Fitriani, A. D., & Syamsul, D. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketersediaan Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah DR. Pirngadi Kota Medan Tahun 2020. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(1), 14–24.
Irene Waine, Andreasta Meliala, & Valentina Dwi Yuli Siswianti. (2022). Penanganan Komplain Di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 23(04), 127–132.
Kaihatu, T. S. (2015). Unit Pengaduan. Yogyakarta: Andi Offset.
Kartikasari, D. (2019). Administrasi Rumah Sakit (S. K. Indana Tri R., S.KM Tahani Ratna A. (ed.)). Wineka Media.
Kaunang, V., Citraningtyas, G., & Lolo, W. A. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Manado. Pharmacon, 9(2), 233
Kemenkes RI. (2010). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.02.02/Menkes/068/I/2010 Tentang Kewajiban Menggunakan Obat Generik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pemerintah.
Kemenkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit (p. 63). Kementerian Kesehatan RI.
Kemenkes RI. (2021). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Klinik. 101, Jakarta.
Lestari, D., & Rahmatullah, S. T. (2019). Upaya Pengendaliannya Di Gudang Obat Ifrs Rsud Kraton Tahun 2019.
Milena, dkk. 2013. Effects on Patient Care Caused by Drug Shortages: A Survey. http://www.amcp.org/JMCP/2013/Nov-Dec/17317/1033.html
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Menkes RI; 2016.
Mellen, Renie Cuyno dan J. Pudjirahardjo, Widodo. 2013. Faktor Penyebab dan Kerugian Akibat Stockout dan Stagnant Obat di Unit Logistik RSU Haji Surabaya. Universitas Airlangga: Surabaya.
Meutia, R. C. (2023). Profil Pelayanan RSU Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara Tahun 2022.
Prihatiningsih, Dina. 2012. Gambaran Sistem Penyimpanan Obat di Gudang Farmasi RS Asri tahun 2011. FKM UI : Depok
Prof. Dr. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung
Rerung, L. T., Oetari, R., & Herdwiani, W. (2021). Evaluasi Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RS Elim Rantepao. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(6), 451–458.
Saidah, N. (2016). Gambaran Penangan keluhan Pasien di Rumah sakit umum (RSU) Kota Tangerang Selatan. 01–244.
Satrianegara, M. F., Bujawati, E., & Guswani. (2018). Analisis Pengelolaan Manajemen Logistik Obat. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10, 37–47.
Subekti, D. (2013). Unit Pengaduan Pelanggan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik , Volume 1, Nomor 1.
Suhadi, Maidin, A., Palutturi, S., Bahar, B., Nurmaladewi, & Astuty, E. (2019). The Model Effectiveness Problem of Services Handling Complaints at Bahteramas Hospital in Southeast Sulawesi. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(4), 400–407.
Sofia, Ananda Ayu. 2003. Analisis Pengendalian Persediaan Obat di Instalasi Farmasi RS Islam Asshobirin Tangerang tahun 2002. Tesis. FKM UI :Depok
Utari, Anindita. 2014. Cara Pengendalian Persediaan Obat Paten dengan Metode EOQ, ROP, dan Buffer Stock di RS Zahirah. UIN : Jakarta
UU No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
UU No. 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan
Wahida, R. (2021). Studi Kualitatif Manajemen Logistik Obat Pada Instalasi FarmasI RSUD Syekh Yusuf Gowa. Skripsi, 6.
Wulandari, R. (2014). Gambaran Pengelolaan Penanganan Keluhan di RSUD Pasar Rebo Tahun 2014. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Zaluchu, F.,dkk. (2007). Studi Komparatif Keluhan Pasien di Rumah Sakit dengan Pasien di Puskesmas (Studi Kasus di 7 Kabupaten / kota, di provinsi Sumatra Utara). Skripsi. Sumatra Utara: Universitas Sumatra Utara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Safri Wilda, Kesaktian Manurung, Mido Ester J. Sitorus, Donal Nababan, Frida Lina Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).