MENGEKSPLORASI PERAN PENDIDIKAN KULINER DALAM MENINGKATKAN LITERASI GIZI DAN PERILAKU MAKAN SEHAT PADA REMAJA : STUDI INTERVENSI BERBASIS SEKOLAH

Authors

  • Yakobus Sinaga Universitas Bhakti Kencana
  • Yosef Pandai Lolan Poltekkes Bandung
  • Jedy Lucas Atemalem Purba Universitas Bhakti Kencana

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35375

Keywords:

Literasi Gizi, Kesehatan Remaja, Pendidikan Kuliner, Adolescent Health, Culinary Education, Nutrition Literacy

Abstract

Masa remaja adalah fase penting dengan perubahan kesehatan yang signifikan, sehingga asupan nutrisi yang memadai sangat penting untuk mendukung transisi menuju dewasa. Namun, rendahnya literasi gizi di kalangan remaja Indonesia menyebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan gizi, yang berdampak pada pola makan yang buruk. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-eksperimental dengan dua kelompok (intervensi dan kontrol) untuk menilai dampak pendidikan kuliner terhadap literasi gizi dan perilaku makan sehat, dengan pendekatan Mixed-methods. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner literasi gizi NVS dan Food Frequency Questionnaire. Focus Group Discussion juga digunakan untuk memperdalam data kuantitatif yang didapatkan. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 60 orang (30 orang di kelompok intervensi dan 30 orang di kelompok kontrol). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi gizi dan perubahan pola makan pada kelompok intervensi setelah program kuliner. Konsumsi buah dan sayuran meningkat (+1,1 dan +0,9 porsi/hari), sedangkan konsumsi fast food dan minuman manis menurun (-0,6 porsi/minggu dan -1,2 porsi/hari). Uji paired t-test memperlihatkan perubahan signifikan dalam konsumsi buah, sayuran, fast food, dan minuman manis (p < 0,001). Focus Group Discussion mendukung hasil ini, dengan peserta melaporkan kesadaran gizi yang lebih tinggi dan peningkatan konsumsi buah serta sayuran. Namun, beberapa peserta menghadapi hambatan lingkungan seperti kebiasaan keluarga dan pengaruh teman. Penelitian ini membuktikan bahwa program pendidikan kuliner efektif dalam meningkatkan literasi gizi dan mengubah perilaku makan remaja menjadi lebih sehat

References

Akseer, N., Al-Gashm, S., Mehta, S., Mokdad, A., & Bhutta, Z. A. (2017). Global and regional trends in the nutritional status of young people: a critical and neglected age group. In Annals of the New York Academy of Sciences (Vol. 1393, Issue 1, pp. 3–20). Blackwell Publishing Inc. https://doi.org/10.1111/nyas.13336

Amoah, A. S., Twumwaa, N. A., Braimah, B. E., & Gadogbe, M. (2024). The Role of Culinary Education in Promoting Nutritional Awareness: A Systematic Review. American Journal of Multidisciplinary Research and Innovation, 3(1), 29–34. https://doi.org/10.54536/ajmri.v3i1.2464

Balantekin, K. N., Anzman-Frasca, S., Francis, L. A., Ventura, A. K., Fisher, J. O., & Johnson, S. L. (2020). Positive parenting approaches and their association with child eating and weight: A narrative review from infancy to adolescence. Pediatric Obesity, 15(10), 1–15. https://doi.org/10.1111/ijpo.12722

Chaudhary, A., Sudzina, F., & Mikkelsen, B. E. (2020). Promoting healthy eating among young people—a review of the evidence of the impact of school-based interventions. In Nutrients (Vol. 12, Issue 9, pp. 1–34). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/nu12092894

Chung, A., Vieira, D., Donley, T., Tan, N., Jean-Louis, G., Gouley, K. K., & Seixas, A. (2021). Adolescent peer influence on eating behaviors via social media: Scoping review. Journal of Medical Internet Research, 23(6), 1–12. https://doi.org/10.2196/19697

Februhartanty, J. (2005). Nutrition Education: It has never been an easy case for Indonesia.

Fredericks, L., Utter, J., Koch, P. A., Tang, L., Shah, A., Lofts, C. W., Parry, J., & Koch, P. (2023). Can the effects of high school culinary nutrition education be sustained into adulthood? Sage Journals, 82(6).

Joulaei, H., Keshani, P., & Kaveh, M. H. (2018). Nutrition literacy as a determinant for diet quality amongst young adolescents: A cross sectional study. Progress in Nutrition, 20(3), 455–464. https://doi.org/10.23751/pn.v20i3.6705

Kemenkes. (2023). Survei Kesehatan Indonesia 2023. In Survei Kesehatan Indonesia 2023.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Kickbusch, I., Pelikan, J., Apfel, F., & Tsouros, A. (2013). Health Literacy. In World Health Organization. https://doi.org/10.1002/rcm.3390

Kirby, A. N., Debellis, J., Wolter, K., Mount, G., Wang, C. H., Bishop, J., Barkhouse, J., Wirth, K., Nguyen, N., Cacciatore, C., & Kraus, K. (2024). Assessing nutrition literacy and nutrition counseling proficiency following an interdisciplinary culinary medicine elective. Journal of Osteopathic Medicine, 124(10), 421–428. https://doi.org/10.1515/jom-2023-0094

Laska, M., Larson, N., Neumark-Sztainer, D., & Story, M. (2012). ?????NIH Public Access. Public Health Nutrition, 15(7), 1150–1158. https://doi.org/10.1017/S1368980011003004.Does

Mahmood, L., Flores-Barrantes, P., Moreno, L. A., Manios, Y., & Gonzalez-Gil, E. M. (2021). The influence of parental dietary behaviors and practices on children’s eating habits. Nutrients, 13(4), 1–13. https://doi.org/10.3390/nu13041138

Masri, E., Nasution, N., & Ahriyasna, R. (2021). Jurnal Kesehatan Jurnal Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 8(1), 10–15.

Mutia, A., Jumiyati, & Kusdalinah. (2022). POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEJADIAN OBESITAS REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19. 11(1), 26–34. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/

Polak, R., Phillips, E. M., Nordgren, J., Puma, J. La, Barba, J. La, Cucuzzella, M., Graham, R., Harlan, T. S., Burg, T., & Eisenberg, D. (2016). Health-related culinary education: A Summary of Representative Emerging Programs for Health Professionals and Patients. Global Advances In Health and Medicine, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.7453/gahmj.2015.128

Policastro, P., Brown, A. H., & Comollo, E. (2023). Healthy helpers: using culinary lessons to improve children’s culinary literacy and self-efficacy to cook. Frontiers in Public Health, 11(November 2023), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpubh.2023.1156716

Rees, J., Fu, S. C., Lo, J., Sambell, R., Lewis, J. R., Christophersen, C. T., Byrne, M. F., Newton, R. U., Boyle, S., & Devine, A. (2022). How a 7-Week Food Literacy Cooking Program Affects Cooking Confidence and Mental Health: Findings of a Quasi-Experimental Controlled Intervention Trial. Frontiers in Nutrition, 9(March). https://doi.org/10.3389/fnut.2022.802940

Salam, R. A., Das, J. K., Irfan, O., Ahmed, W., Sheikh, S. S., & Bhutta, Z. A. (2020). Effects of preventive nutrition interventions among adolescents on health and nutritional status in low- and middle-income countries: A systematic review. In Campbell Systematic Reviews (Vol. 16, Issue 2). Wiley Blackwell. https://doi.org/10.1002/cl2.1085

Sinaga, Y. L. D. Y., Susilawati, E., Pratama, R., Yulianie, R., & Silviana, N. (2023). Peningkatan Literasi Gizi Untuk Mengurangi Konsumsi Sugar Sweetened Beverages pada Siswa SMA. Karya Kesehatan Siwalima, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.54639/kks.v2i1.965

Sinaga, Y. L., & Lolan, Y. P. (2022). The Effect of Nutrition Literacy on Sugar Consumption Sweetened Drinks and Body Mass Index For High School Students in Bandung. EduHealth, 13(02), 588–594.

Syafei, A., & Badriyah, L. (2019). Literasi Gizi (Nutrition Literacy) dan Hubungannya dengan Asupan Makan dan Status Gizi Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(04), 182–190. https://doi.org/10.33221/jikm.v8i04.402

Torres-Ibarra, L., Rivera-Paredez, B., Hernández-López, R., Canto-Osorio, F., Sánchez-Romero, L. M., López-Olmedo, N., González-Morales, R., Ramírez, P., Salmerón, J., & Barrientos-Gutiérrez, T. (2020). Regular consumption of soft drinks is associated with type 2 diabetes incidence in Mexican adults: findings from a prospective cohort study. Nutrition Journal, 19(1). https://doi.org/10.1186/s12937-020-00642-9

Yakobus Lau De Yung Sinaga, O., Yuliani, M., Lestari Kartikawati, S., Mourly Wahyudi, F., & Mustopa, A. (2023). EDUKASI GIZI SEIMBANG MELALUI PERMAINAN ENGKLEK PADA REMAJA DI KOTA BANDUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(03), 335–340. https://stp-mataram.e-journal.id/Amal

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Sinaga, Y., Lolan, Y. P. ., & Purba, J. L. A. . (2024). MENGEKSPLORASI PERAN PENDIDIKAN KULINER DALAM MENINGKATKAN LITERASI GIZI DAN PERILAKU MAKAN SEHAT PADA REMAJA : STUDI INTERVENSI BERBASIS SEKOLAH. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 6700–6710. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35375