PENGARUH VIDEMIA (VIDEO EDUKASI ANEMIA) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP TENTANG ANEMIA DAN PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN (HB)
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35193Keywords:
Anemia, Hemoglobin, Pengetahuan, Remaja Putri, Sikap, Video EdukasiAbstract
Anemia dapat menimbulkan berbagai masalah serius pada remaja. Masalah anemia pada remaja putri dapat dicegah apabila mereka memiliki pengetahuan dan sikap yang baik tentang anemia dan pencegahannya. Diperlukan media yang mendukung dalam proses edukasi kesehatan untuk mempermudah penerimaan pesan oleh individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh VIDEMIA terhadap pengetahuan, sikap tentang anemia dan peningkatan kadar Hb. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan two group pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei-juni 2024 di Kota Bengkulu. Sampel sebanyak 110 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan paired t-test dan independent t-test untuk data normal, data uji wilcoxon, mann-whitney, dan kruskal wallis untuk data tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan sebelum diberikan perlakuan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,957). Setelah diberikan perlakuan terdapat peningkatan kadar Hb dan ada perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000). Berdasarkan perbedaan peningkatan skor rerata pengetahuan, ada perbedaan yang signifikan sesudah diberikan perlakuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000). Ada perbedaan yang signifikan peningkatan skor rerata sikap sesudah diberikan perlakuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000). Temuan ini mengindikasi bahwa terdapat pengaruh VIDEMIA terhadap peningkatan pengetahuan, sikap tentang anemia dan kadar Hb remaja putri.References
Angraeni., Dinni, R. L., Leginan. (2022). “Deteksi Dini Anemia Melalui Pemeriksaan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Prahita 03: 24–35.
Anifah., Fulatul. 2020. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri.” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 5(1): 296–300.
Anita., Wa, O. S., & Nurmaladewi. (2023). “Pengaruh Media Video Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2023.” Jurnal Wawasan Promosi Kesehatan 4(3): 188–96.
Apriyanti., Fitri. (2019). “Hubungan Status Gizi Dengan Anemia.” Jurnal Doppler Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai 3(2): 18–21.
Asmawati., Nur. (2021). “Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Anemia Pada Remaja Putri SMPN 1 Turikale Tahun 2020.” Jurnal Gizi Dan Kesehatan 13(2): 22–30.
Balitbangkes RI. (2018). “Laporan Riskesdas 2018 Nasional.” Lembaga Penerbit Balitbangkes: hal 156.
Budiarti., Astrida., Sri, A., & Ni, P. G. W. (2021). “Studi Fenomenologi Penyebab Anemia Pada Remaja Di Surabaya.” Jurnal Kesehatan Mesencephalon 6(2).
Dieny., Fillah, F. (2014). Permasalah Gizi Pada Remaja Putri. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Dinas Kesehatan Kota Bengkulu. (2022). Profil Kesehatan. Bengkulu.
Doom., Jenalee, R. (2019). “Infant Iron Deficiency and Iron Supplementation Predict Adolescent Internalizing, Externalizing, and Sosial Problems.” Physiology & behavior 195(1): 199–205.
Elisa., Syavira., & RZ, O. (2023). “Faktor Penyebab Kejadian Anemia Pada Remaja Putri.” Agromedicine: 145–48. https://doi.org/10.36053/mesencephal.
Farhan., Kamilia., Nursyifa, R. M., & Widya, A. L. (2024). “Pengaruh Edukasi Anemia Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan, Sikap, Serta Keberagaman Konsumsi Makanan Remaja Putri Di Smp Negeri 86 Jakarta.” Journal of Nutrition College 13(2): 127–38.
Faujiah, N., Septiani, A. N. T., Putri, & Setiawan, U. (2022). “Kelebihan Dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran.” Jurnal Telekomunikasi, Kendala dan Listrik 3(2): 81–87.
Kemenkes RI. (2022). Pusdatin.Kemenkes.Go.Id Profil Kesehatan Indonesia 2021.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri Dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Lusita., Erma, N. W., & Normila. (2023). “Pengaruh Penyuluhan Gizi Tentang Anemia Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Kadar Hemoglobin Siswi SMA Negeri 1 Kasongan Di Kabupaten Katingan.” Repository Politeknik Kesehatan Palangkaraya.
Lutfiani., Rani. (2023). “Pengaruh Pemberian Media TAR Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap Terkait Anemia Dan Konsumsi Tablet Besi Pada Remaja Putri.” 5(1): 121–32.
Musfirowati., Fifi. (2021). “Faktor Penyebab Kematian Ibu Yang Dapat Di Cegah Di Kabupaten Pandeglang Tahun 2021.” Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan 1(1): 4.
Notoatmodjo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhasanah., Ifa. (2023). “Penyuluhan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri Pondok Pesantren Slafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.” VI(1): 13–18.
Sayuti, S., Almuhaimin., Sofiyetti., & Puspita, S. (2022). “Efektivitas Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Dalam Penerapan Protokol Kesehatan Di SMPN 19 Kota Jambi The Effectiveness of Health Education Through Video Media on Students ’ Knowledge Levels in the Application of He.” Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ) 6(2): 32–39. https://online-journal.unja.ac.id/jkmj/article/view/20624.
Sekhar.,, Deepa, L., Laura E. M-K., Allen, R. K., & Ian, M. P. (2016). “Identifying Factors Predicting Iron Deficiency in United States Adolescent Females Using the Ferritin and the Body Iron Models.” Physiology & behavior 176(1): 139–48.
Shaluhiyah, Z., & Priyadi, N. P. (2017). “Media Efektif Untuk Pendidikan Kesehatan Organ Genital Bagi Siswi Sekolah Menengah Pertama Effective Media For Genital Organ Health Education Junior High School Student Masa Remaja Merupakan Periode Yang Penting Dalam Kehidupan Reproduksi Individu . Pada.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 8(November): 192–99.
Wisada, P. D., I, K, S., & Adr, I. W. I., Yuda, S. (2019). “Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter.” Journal of Education Technology 3(3): 140.
World Health Organization. (2014). 15 Health Promotion Practice Health Education: Theoretical Concepts, Effective Strategies and Core Competencies.
———. 2017. “Tools for Effective Prevention.” World Health Organization: 1-83 p.
Wulan, F. D., Kurniati, D. U., & Jamil, A. (2023). “Pengaruh Edukasi Anemia Dengan Video Animasi Terhadap Kepatuhan Konsumsi TableTambah Darah Dan Kadar.” ADVANCES in Social Humanities Research 1(8): 112–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diva' Noeriza Aredya, Mohammad Zen Rahfiludin, Sri Winarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







