PENGARUH VIDEMIA (VIDEO EDUKASI ANEMIA) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP TENTANG ANEMIA DAN PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN (HB)

Authors

  • Diva' Noeriza Aredya Program Studi Magister Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Mohammad Zen Rahfiludin Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Sri Winarni Biostatistik dan Demografi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35193

Keywords:

Anemia, Hemoglobin, Pengetahuan, Remaja Putri, Sikap, Video Edukasi

Abstract

Anemia dapat menimbulkan berbagai masalah serius pada remaja. Masalah anemia pada remaja putri dapat dicegah apabila mereka memiliki pengetahuan dan sikap yang baik tentang anemia dan pencegahannya. Diperlukan media yang mendukung dalam proses edukasi kesehatan untuk mempermudah penerimaan pesan oleh individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh VIDEMIA terhadap pengetahuan, sikap tentang anemia dan peningkatan kadar Hb. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan two group pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei-juni 2024 di Kota Bengkulu. Sampel sebanyak 110 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan paired t-test dan independent t-test untuk data normal, data uji wilcoxon, mann-whitney, dan kruskal wallis untuk data tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan sebelum diberikan perlakuan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol  (p=0,957). Setelah diberikan perlakuan terdapat peningkatan kadar Hb dan ada perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000). Berdasarkan perbedaan peningkatan skor rerata pengetahuan, ada perbedaan yang signifikan sesudah diberikan perlakuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000). Ada perbedaan yang signifikan peningkatan skor rerata sikap sesudah diberikan perlakuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000). Temuan ini mengindikasi bahwa terdapat pengaruh VIDEMIA terhadap peningkatan pengetahuan, sikap tentang anemia dan kadar Hb remaja putri.

References

Angraeni., Dinni, R. L., Leginan. (2022). “Deteksi Dini Anemia Melalui Pemeriksaan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Prahita 03: 24–35.

Anifah., Fulatul. 2020. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri.” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 5(1): 296–300.

Anita., Wa, O. S., & Nurmaladewi. (2023). “Pengaruh Media Video Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2023.” Jurnal Wawasan Promosi Kesehatan 4(3): 188–96.

Apriyanti., Fitri. (2019). “Hubungan Status Gizi Dengan Anemia.” Jurnal Doppler Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai 3(2): 18–21.

Asmawati., Nur. (2021). “Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Anemia Pada Remaja Putri SMPN 1 Turikale Tahun 2020.” Jurnal Gizi Dan Kesehatan 13(2): 22–30.

Balitbangkes RI. (2018). “Laporan Riskesdas 2018 Nasional.” Lembaga Penerbit Balitbangkes: hal 156.

Budiarti., Astrida., Sri, A., & Ni, P. G. W. (2021). “Studi Fenomenologi Penyebab Anemia Pada Remaja Di Surabaya.” Jurnal Kesehatan Mesencephalon 6(2).

Dieny., Fillah, F. (2014). Permasalah Gizi Pada Remaja Putri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dinas Kesehatan Kota Bengkulu. (2022). Profil Kesehatan. Bengkulu.

Doom., Jenalee, R. (2019). “Infant Iron Deficiency and Iron Supplementation Predict Adolescent Internalizing, Externalizing, and Sosial Problems.” Physiology & behavior 195(1): 199–205.

Elisa., Syavira., & RZ, O. (2023). “Faktor Penyebab Kejadian Anemia Pada Remaja Putri.” Agromedicine: 145–48. https://doi.org/10.36053/mesencephal.

Farhan., Kamilia., Nursyifa, R. M., & Widya, A. L. (2024). “Pengaruh Edukasi Anemia Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan, Sikap, Serta Keberagaman Konsumsi Makanan Remaja Putri Di Smp Negeri 86 Jakarta.” Journal of Nutrition College 13(2): 127–38.

Faujiah, N., Septiani, A. N. T., Putri, & Setiawan, U. (2022). “Kelebihan Dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran.” Jurnal Telekomunikasi, Kendala dan Listrik 3(2): 81–87.

Kemenkes RI. (2022). Pusdatin.Kemenkes.Go.Id Profil Kesehatan Indonesia 2021.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri Dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lusita., Erma, N. W., & Normila. (2023). “Pengaruh Penyuluhan Gizi Tentang Anemia Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Kadar Hemoglobin Siswi SMA Negeri 1 Kasongan Di Kabupaten Katingan.” Repository Politeknik Kesehatan Palangkaraya.

Lutfiani., Rani. (2023). “Pengaruh Pemberian Media TAR Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap Terkait Anemia Dan Konsumsi Tablet Besi Pada Remaja Putri.” 5(1): 121–32.

Musfirowati., Fifi. (2021). “Faktor Penyebab Kematian Ibu Yang Dapat Di Cegah Di Kabupaten Pandeglang Tahun 2021.” Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan 1(1): 4.

Notoatmodjo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhasanah., Ifa. (2023). “Penyuluhan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri Pondok Pesantren Slafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.” VI(1): 13–18.

Sayuti, S., Almuhaimin., Sofiyetti., & Puspita, S. (2022). “Efektivitas Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Dalam Penerapan Protokol Kesehatan Di SMPN 19 Kota Jambi The Effectiveness of Health Education Through Video Media on Students ’ Knowledge Levels in the Application of He.” Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ) 6(2): 32–39. https://online-journal.unja.ac.id/jkmj/article/view/20624.

Sekhar.,, Deepa, L., Laura E. M-K., Allen, R. K., & Ian, M. P. (2016). “Identifying Factors Predicting Iron Deficiency in United States Adolescent Females Using the Ferritin and the Body Iron Models.” Physiology & behavior 176(1): 139–48.

Shaluhiyah, Z., & Priyadi, N. P. (2017). “Media Efektif Untuk Pendidikan Kesehatan Organ Genital Bagi Siswi Sekolah Menengah Pertama Effective Media For Genital Organ Health Education Junior High School Student Masa Remaja Merupakan Periode Yang Penting Dalam Kehidupan Reproduksi Individu . Pada.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 8(November): 192–99.

Wisada, P. D., I, K, S., & Adr, I. W. I., Yuda, S. (2019). “Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter.” Journal of Education Technology 3(3): 140.

World Health Organization. (2014). 15 Health Promotion Practice Health Education: Theoretical Concepts, Effective Strategies and Core Competencies.

———. 2017. “Tools for Effective Prevention.” World Health Organization: 1-83 p.

Wulan, F. D., Kurniati, D. U., & Jamil, A. (2023). “Pengaruh Edukasi Anemia Dengan Video Animasi Terhadap Kepatuhan Konsumsi TableTambah Darah Dan Kadar.” ADVANCES in Social Humanities Research 1(8): 112–24.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Aredya, D. N., Rahfiludin, M. Z. ., & Winarni, S. . (2024). PENGARUH VIDEMIA (VIDEO EDUKASI ANEMIA) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP TENTANG ANEMIA DAN PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN (HB). PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 6937–6946. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35193