PERAN SEQUENCE 3D AXIAL SWAN PADA MRI BRAIN KASUS PARKINSON

Authors

  • Firman Dwi Royansyah AKTEK Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • I Putu Eka Juliantara Radiodiagnostik dan radioterapi Bali
  • I Wayan Ariec Radiodiagnostik dan radioterapi Bali

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35098

Keywords:

Magnetic Resonance 3D Axial SWAN, Magnetic Resonance Imaging, pre contrast

Abstract

Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3D Axial SWAN otak adalah teknik pencitraan non-invasif yang digunakan untuk memvisualisasikan struktur dan fungsi otak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran sequence 3D Axial SWAN pada pemeriksaan MRI otak pada kasus klinis Parkinson. Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang ditandai dengan gangguan motorik dan non-motorik. Pemeriksaan MRI otak menggunakan sequence 3D Axial SWAN mampu memberikan visualisasi yang lebih jelas terkait perubahan mikrostruktural di otak, terutama dalam mendeteksi kelainan vaskular kecil dan penumpukan zat besi yang berhubungan dengan degenerasi jaringan. Penelitian ini dilakukan di salah satu rumah sakit di Jakarta, dengan melibatkan beberapa radiografer, dokter radiologi, dan pasien yang didiagnosis Parkinson. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai peran sequence SWAN dalam diagnosis Parkinson, serta memberikan wawasan praktis dalam meningkatkan akurasi diagnostik MRI Brain pada pasien Parkinson.

References

Boukobza, M., Guinebert, S., & Laissy, J.-P. (2023). Comparison Of Susceptibility- Weighted Angiography (Swan) And T2 Gradient-Echo Sequences For The Detection Of Acute Cerebral Venous Thrombosis. The Neuroradiology Journal, 36(2), 148–157.

Haacke, E. M., Xu, Y., Cheng, Y. N., & Reichenbach, J. R. (2004). Susceptibility Weighted Imaging (Swi). Magnetic Resonance In Medicine: An Official Journal Of The International Society For Magnetic Resonance In Medicine, 52(3), 612–618.

Handbook Of Mri Technique. (N.D.).

Hikmah, E. M., & Juliantara, I. P. E. (2023). Peranan Sequence Swi (Susceptibility Weighted Imaging) Pada Pemeriksaan Mri Brain

Nugraha, R., Nurhalim, L. I., Ramli, R. W., & Erawan, T. (2023). Potensi Permainan Tradisional Dende (Engklek) Dalam Mengurangi Resiko Jatuh Saat Berjalan Pada Penderita Parkinson Disease. Jurnal Penelitian Kesehatan" Suara Forikes"(Journal Of Health Research" Forikes Voice"), 14(3), 522–525.

Zein, I. S., & Khairunnisa, K. (2023). Parkinson Disease. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran (Jurrike), 2(2), 50–63.

Downloads

Published

2024-10-21

How to Cite

Dwi Royansyah, F., Juliantara, I. P. E. ., & Ariec, I. W. (2024). PERAN SEQUENCE 3D AXIAL SWAN PADA MRI BRAIN KASUS PARKINSON. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 5172–5180. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35098