ANALISIS PEMERIKSAAN MSCT SCAN THORAX DENGAN KONTRAS MEDIA INTRAVENA PADA KLINIS YANG TERDIAGNOSIS TUMOR PARU DI RS BHAYANGKARA MAKASSAR

Authors

  • Zulfa Dirza Sudirman Akademi Teknik Radiodiagnostik Dan Radioterapi Bali
  • I Made Lana Prasetya Aktek Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali, Denpasar, Bali, Indonesia
  • I Made Adhi Mahendrayana Aktek Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali, Denpasar, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35036

Keywords:

Kontras, Media Kontras Intravena, MSCT Scan, Thorax, Tumor Paru

Abstract

Thorax merupakan rongga berbentuk kerucut yang dilapisi tulang rawan dan tulang asli. Beberapa penyakit yang sering terjadi pada rongga dada adalah tumor atau massa, gangguan sirkulasi, radang, trauma, gangguan perikardium, serta infeksi rongga dada lainnya. MSCT Scan Thorax kontras adalah prosedur yang menggunakan zat kontras untuk memperjelas struktur dan organ di dalam dada. Kelainan seperti tumor, pembuluh darah yang tersumbat atau bocor, peradangan dan infeksi di dalam dada dapat diidentifikasi menggunakan zat kontras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pemeriksaan MSCT Scan Thorax dengan kontras media intravena pada klinis yang terdiagnosis tumor paru sekaligus mengevaluasi kelebihan dan kekurangan penggunaan slice thickness 3-5 mm dan delay 35 detik. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan subjek tiga radiografer, dua dokter spesialis radiologi, satu dokter pengirim, dan tiga pasien. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur ini melibatkan persiapan pasien, persiapan alat dan bahan, serta pelaksanaan scanning. Protokol Chest -C digunakan untuk scanning pre-kontras, sementara Chest +C untuk post-kontras dengan penggunaan injector pada flow rate 1,5 mL/detik serta volume media kontras dan saline (NaCl) sekitar 50 mL. Penggunaan slice thickness 3-5 mm meningkatkan detail anatomi dan deteksi lesi kecil dengan lebih baik, sedangkan delay 35 detik membantu memperjelas perfusi paru serta pembuluh darah arteri dan vena. Meskipun prosedur ini efektif dalam diagnosis tumor paru, durasi pemeriksaan yang lebih lama dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasien.

References

Abimanyu, B., & Rusyadi, L. (2017). Analisis Informasi Citra Anatomi Fase Late Artery Dengan Variasi Time Scan Delay Pada Pemeriksaan Msct Abdomen Analysis Anatomical Image Information Late Arterial Phase With Time Scan Delay Variations Of The Abdomen Msct Examination. In Jimed (Vol. 3, Issue 1).

Alrizzaqi, M. M., Mardi Putri, R. R., & Wardani, N. H. (2018). Implementasi Metode Dempster-Shafer Untuk Mendiagnosis Jenis Tumor Jinak Pada Manusia. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-Ptiik) Universitas Brawijaya, 2(5), 2144–2149.

Bhargava Sumeet, & Bhargava Satish K. (2018). Ct And Mri Protocol-A Practical Approach Third Edition.

Bisra, M., Awal, S., & Pekanbaru, B. (2020). Perbedaan Kualitas Citra Anatomi Msct Thorax Potongan Axial Pada Variasi Rekonstruksi Slice Thickness Dengan Klinis Tumor Differences Study Of Anatomy Image Quality Msct Thorax Axial Inslice Thickness Recons Variation With Tumor Clinical.

Demaio, Daniel N, Mosby;S Exam Review. (2018). Mosby’s Exam Review For Computed Tomography Third Edition. Elsevier, 3, 624.

Dewilza, N. & Y. S. (2023). Dasar-Dasar Ct-Scan. Deepublish Publisher.

Dr. Euclid Seeram. (2016). Computed Tomography Physical Principles, Clinical Applications, And Quality Control. Http://Evolve.Elsevier.Com/Seeram/You’vejustpurchased

Ekayanti, Y., Sari, G., Kuswoyo, H., Muhammad Irsal, Dan, Teknik Radiodiagnostik Dan Radioterapi, J., & Kesehatan Kemenkes, P. (2024). Evaluasi Nilai Diagnostic Reference Level (Drl) Pada Pemeriksaan Ct Scan Thorax Kontras Klinis Tumor Paru Di Rs X Jakarta. In Jurnal Teori Dan Aplikasi Fisika (Vol. 12, Issue 01).

Iskandar, A. N., Putu, N., Jeniyanthi, R., Made, I., Darmita, P., Teknik, A., Dan, R., Bali, R., & Artikel, I. (2022). Analisis Pengaruh Variasi Slice Thickness Terhadap Kualitas Citra Pemeriksaan Ct Scan Thorax Dengan Kasus Tumor Paru Di Rs Ibnu Sina Yw- Umi Makassar. 227.

Downloads

Published

2024-10-21

How to Cite

Dirza Sudirman, Z., Prasetya, I. M. L. ., & Mahendrayana, I. M. A. . (2024). ANALISIS PEMERIKSAAN MSCT SCAN THORAX DENGAN KONTRAS MEDIA INTRAVENA PADA KLINIS YANG TERDIAGNOSIS TUMOR PARU DI RS BHAYANGKARA MAKASSAR. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 5161–5171. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35036