PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG ASI EKSKLUSIF (STUDI PADA REMAJA PUTRI DI KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT)
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.35024Keywords:
ASI Eksklusif, Remaja Putri, Media Video, Pengetahuan, SikapAbstract
ABSTRAK Pemberian ASI eksklusif pada bayi selama enam bulan pertama kehidupannya dinilai sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan bayi agar lebih optimal. Akan tetapi, angka cakupan ASI eksklusif pada beberapa daerah di Indonesia masih tergolong rendah salah satunya yaitu di Kabupaten Seram Bagian Barat. Pada tahun 2021 cakupan ASI eksklusif pada Kabupaten Seram Bagian Barat yaitu 22,6%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang ASI eksklusif di kalangan remaja putri. Adapun desain penelitian ini yaitu quasi experiment, yang dilakukan di SMA N 1 SBB (kelompok perlakuan) dan SMA N 3 SBB (kelompok kontrol) di Kabupaten Seram Bagian Barat. Sebanyak 44 remaja putri pada masing-masing kelompok yang menjadi responden. Kelompok perlakuan menerima intervensi berupa video pendidikan kesehatan tentang ASI eksklusif, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan intervensi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner sebanyak tiga kali pengukuran yaitu pretest, posttest-1 dan posttest-2. Pengujian dengan uji Mann Whitney U dan Independent Sample T-Test untuk melihat perbedaan signifikan antara dua kelompok pada pengetahuan dan sikap setelah intervensi. Hasil penelitian didapatkan rerata skor pengetahuan kelompok perlakuan meningkat 2,07 dari pretest ke posttest-2 dan pengetahuan kelompok kontrol menurun -1,03 dari pretest ke posttest-2. Rata-rata skor sikap kelompok perlakuan menurun -0,25 dari pretest ke posttest-2 dan kelompok kontrol menurun -1,94 dari pretest hingga posttest-2. Secara statistik video pendidikan kesehatan (p=0,000) berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tetapi video pendidikan kesehatan (p=0,176) tidak berpengaruh terhadap peningkatan sikap tentang ASI eksklusif antara sebelum dan sesudah intervensi.References
Afriani, R., & Mufdlilah. (2016). Analisis Dampak Pernikana Dini Pada Remaja Putri di Desa Sidoluhur Kecamatan Godean Yogyakarta. Rakernas Aipkema, 235–243. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2102
Anggraeni, M. D., Latifah, L., & Setiawati, N. (2021). Aplikasi Komik Antara ASI dan Cinta untuk Meningkatkan Sikap Remaja terhadap Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Darma Sabha Cendekia, 3(3), 103–110.
Anonymous, Nezhat, C. C., Nezhat, F., Nezhat, C. C., Huang, Y.-M., Merkatz, R., Kang, J.-Z., Roberts, K., Hu, X.-Y., Di Donato, F., Sitruk-Ware, R., Cheng, L.-N., O’Donnell, S., Denney, R., Ayers, G., Khan, S. A., Aborigo, R. A., Moyer, C. A., Rominski, S., … BARRETT, R. E. (2012). Hard times: The experiences of homelessness and pregnancy [University of Toronto (Canada) PP - Canada -- Ontario, CA]. In G. Klein & S. Weinhouse (Eds.), ProQuest Dissertations and Theses (Third Edit, Vol. 28, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0301-2115(99)80005-0
Azwar, S. (2012). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Delsyah, I., Idris, F. P., & Kurnaisih, E. (2021). Pengaruh Intervensi Edukasi Multimedia Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Kader Di Puskesmas Pabbentengan Gowa. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2021, 2(4), 132–139. https://doi.org/10.52103/jmch.v2i4.710:https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/about
Dian Fauziah Husni, Lestari, N. E., & Shifa, N. A. (2024). Pengaruh Edukasi Perawatan Metode Kangguru Melalui Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Kecemasan Ibu Yang Memiliki BBLR. 5(1), 157–166.
Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat. (2024). Hasil Capaian Program Gizi tahun 2021-2023.
Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.
Mufdlilah. (2017). Buku Pedoman Pemberdayaan Ibu Menyusui Pada Program ASI Eksklusif.
Munayarokh, Herawati, T., Idhayanti, R. I., & Nikmawati4, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tablet FE. 2(1), 18–24.
Notoatmodjo. S. (2014). Promosi Kesehatan & Perilaku Kesehatan. EGC.
Notoatmodjo, S. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta.
Organization, W. H. (2021). Guideline: Breastfeeding counseling.
Reena, I. (2010). Effect Of A Breastfeeding Promotion Session On Breastfeeding Beliefs And Attitudes Among High School Students (Issue May). Master of Science in Family and Consumer Science.Lamar University.
Ruaida, N. (2018). Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan Mencegah Terjadinya Stunting (Gizi Pendek) Di Indonesia. Global Health Science, 3(2), 139–151. https://doi.org/10.33846/ghs.v3i2.245
Sayuti, S., Almuhaimin, Sofiyetti, & Sari, P. (2022). Efektivitas Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa dalam Penerapan Protokol Kesehatan di SMPN 19 Kota Jambi The Effectiveness of Health Education Through Video Media on Students ’ Knowledge Levels in the Application of He. 6(2), 32–39.
Sinshaw, Y., Ketema, K., & Tesfa, M. (2015). Exclusive Breast Feeding Practice and Associated Factors Among Mothers in Debre Markos Town and Gozamen District, East Gojjam Zone, North West Ethiopia. Journal of Food and Nutrition Sciences, 3(5), 174–179. https://doi.org/10.11648/j.jfns.20150305.12
Udong, E. (2011). The Quest for Sustainable Livelihoods: Women Fish Traders in Ibaka, Niger Delta, Nigeria [Wageningen University and Research PP - Netherlands]. In PQDT - Global. https://www.proquest.com/dissertations-theses/quest-sustainable-livelihoods-women-fish-traders/docview/2606867781/se-2?accountid=49069
Ummah, A. K., & Mediani, H. S. (2023). Proximal Factors on Stunting Incidence in Toddlers in Indonesia and Developing Countries?: Scoping Review. 9(7), 219–225. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.3984
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & S, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(20), 140–146.
Yahya, M., & Hanum, U. (2023). The Effectiveness of Using the Anthropometric Stunting Meter in Children Aged 24-59 Months at the Lageun Health Center , Aceh Jaya District. 9(9), 6952–6956. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.5015
Zaragoza-Cortes, J., Trejo-Osti, L. E., Ocampo-Torres, M., Maldonado-Vargas, L., & Ortiz-Gress, A. A. (2018). Poor breastfeeding, complementary feeding and dietary diversity in children and their relationship with stunting in rural communities; [Pobre lactancia materna, alimentación complementaria y diversidad de la dieta, y su relación con la baja talla en comun. Nutricion Hospitalaria, 35(2), 271 – 278. https://doi.org/10.20960/nh.1352
Zeller, C. L. (2014). Effects of a Breastfeeding Education Module on the Breastfeeding Knowledge and Attitudes of Middle School Students. [Doctor of Nursing Practice.Carlow University]. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=jlh&AN=109754098&site=ehost-live
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Anjani Mandati, Apoina Kartini, Syamsulhuda Budi Musthofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







