HUBUNGAN MUTU PELAYANAN GIZI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RS AWAL BROS PANAM PEKANBARU TAHUN 2024

Authors

  • Syifa Suciana Putri Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Mitra Mitra Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Jasrida Yunita Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Hetty Ismainar Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Aldiga Rienarti Abidin Universitas Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.34774

Keywords:

Kepuasan pasien, mutu pelayanan gizi, rumah sakit

Abstract

Kepuasan pasien salah satu masalah utama di rumah sakit. Salah satunya sering tertuju pada pelayanan gizi. Angka kunjungan pasien di RS Awal Bros Panam meningkat dalam tiga tahun terakhir. Hal ini mungkin karena dampak positif kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi. Namun disisi lain tiga indikator kualitas layanan gizi yaitu ketepatan waktu, jumlah komplen pasien, kekurangan porsi dan jumlah makanan pasien masih belum mencapai target capaian 100%. Tujuan penelitian yaitu menganalisis hubungan kepuasan pasien dengan mutu pelayanan gizi rumah sakit. Metode penelitian kuantitatif menggunakan desain studi cross-sectional dimulai pada Maret 2024, sampel dari 212 pasien rawat inap menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisa data menggunakan uji univariat, bivariat (Chi-square) dan multivariat (regresi logistik ganda). Menurut hasil uji multivariat regresi logistik ganda, proporsi kepuasan pasien di RS Awal Bros Panam Pekanbaru adalah 59,4%. Variabel ketepatan waktu menunjukkan hubungan yang signifikan OR 2,314 (CI = 1,128-4,748) artinya ketepatan waktu mempunyai peluang 2 kali lebih besar terhadap kepuasan pasien dan dikendalikan oleh variabel cita rasa makanan. Kesimpulannya adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah ketepatan waktu yang berasosiasi dengan variabel cita rasa makanan. Untuk lima variabel lainnya tidak ada hubungan yang signifikan. Upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien terhadap layanan gizi meliputi pemantauan dan evaluasi beban kerja tenaga ahli gizi, pengkajian multidisipliner perjanjian kerja sama pihak ketiga sebagai penyedia makanan untuk meningkatkan kualitas penyajian makanan, terutama dengan memperbaiki waktu pengantaran dan penjemputan makanan, perubahan cita rasa yang dapat meningkatkan selera makan sehingga pasien makan dengan baik.

References

Alie, N. S., Syamsu, R. F., & Dahlia, D. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Dan Kualitas Makanan Di Rumah Sakit: Literature Review. Prepotif?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(3), 16428–16438. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.20246

Anggraeni, D., Ronitawati, P., & Hartati, L. S. (2017). Hubungan Cita Rasa Dan Sisa Makanan Lunak Pasien Kelas Iii Di Rsud Berkah Kabupaten Pandeglang. Nutrire Diaita, 9(1), 13–20.

Armala, R., Putri, S. N., Nur’aini, H., Prasetya, A., & Moulina, A. (2023). Gambaran Kepuasaan Pasien Kelas 3 Terhadap Pelayanan Makanan di RSU X Swasta Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pertanian (AGRITEPA), 10(1), 185–200.

Chasanah, U. (2018). Gambaran Kualitas Pelayanan Gizi (Kepatuhan Pramusaji Dalam Pelaksanaan Sop, Kepuasan Pasien Dan Daya Terima Makanan) Pasien Kelas Iii Rsud K.R.M.T Wongsonegoro Semarang.

Emiliana, Dhesa, D. B., & Mayangsari, R. (2021). Analisis Pelaksanaan Pelayanan Gizi Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 2(1), 22.

Kemenkes RI. (2009). Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesi Nomor: 058/Menkes/SK/I/2009 Tentang Pedoman penyelengaraan Rumah Sakit Bergerak. Mentri Kesehatan Republik Indonesia, 1–26.

Nafi’a, Z. (2021). Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit: Literature Review Patient Satisfaction Factors for Food Service In Hospital: Literature Review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 7, 233–247.

Nareswara, A. S. (2017). Hubungan Kepuasan Pasien dari Kualitas Makanan Rumah Sakit dengan Sisa Makanan di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indonesia, 01(01), 34–39.

Nurhamidah, N., Yensasnidar, Y., & Manora, E. (2019). Hubungan Penampilan, Rasa Dan Keramahan Penyajian Terhadap Sisa Makanan Pada Pasien Rawat Inap Rsud Arosuka Solok. Sainstek?: Jurnal Sains Dan Teknologi, 11(2), 56. https://doi.org/10.31958/js.v11i2.1619

Oktaviani, A., Afrinis, N., & Verawati, B. (2023). Hubungan Cita Rasa Dan Variasi Menu Makanan Dengan Sisa Makanan Lunak Pada Pasien Rawat Inap Di Rsud Teluk Kuantan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4, 133–147.

Permadi, M. R., & Padmiari, I. A. E. (2021). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pen- yajian Makanan Biasa Di Rumah Sakit Umum Puri Raharja Denpasar. Jurnal Gizi Dan Keshatan Manusia, 1(April), 31–37.

Permenkes RI. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Tentang Pedoman Penyediaan Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Perkotaan., 3.

Prasetyani, L. N. (2016). Hubungan Sikap Ahli Gizi dan Pramusaji Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Rumah Sakit Umum Daerah ( Rsud ) Kota Salatiga. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pratiwi, C., Solin, S., & Zega, M. K. (2022). Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Instalasi Gizi RS. USU. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 5(1), 171–176.

Purnamasari, N. M. D., Padmiari, I. A. E., & Gumala, N. M. Y. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Denpasar. Journal of Nutrition Science, Vol. 9(No. 4), 191–198.

Ramesh, & Manimegalai. (2018). Uniqueness of Hospital Food Service. International Journal of Development Research, 08(07), 21857–21860.

Retno Wahyu Ningsih, Yuli Laraeni, Joyeti Darni, Jaya Pandu RN, Tati Arisanti, & Nurafiani. (2023). Description of Inpatient Satisfaction Levels for Nutrition Consultation Services at Regional General Hospitals. Frime Nutrition Journal, 8(1), 15–22.

Roestam, A. C. (2016). Tinjauan Kepuasan Pasien Dari Dimensi Mutu Pelayanan Makanan Di Ruang Rawat Inap Kelas Iii Rumah Sakit Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. 3(1), 18–30.

Rose, N., Dewi, M., Ilmu, F., Surabaya, U. N., Ruhana, A., Ilmu, F., & Surabaya, U. N. (2020). Kelas III RSUD Gambiran Kota Kediri.

Rozalina Azeman, A., Adenan, H., & Ripin, A. (2018). Patient’S Satisfaction Towards Private Hospital’S Food Service In Melaka. Journal of Hospitality and Networks Jurnal Hospitaliti Dan Jaringan, 1(2015), 32–36.

S., A. Z., Pasinringi, S. A., & Sari, N. (2022). Persepsi Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Rawat Inap Tahun 2022. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(3), 246–256. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i3.23370

Sari, N. P. P. W., Padmiari, I. A. E., & Sukraniti, D. P. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian Makanan di Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta. Jurnal Ilmu Gizi?: Journal of Nutrition Science, 12(3), 201–208. https://doi.org/10.33992/jig.v12i3.2158

Suhermi, S., Beda Ama, P. G., Ramun, V., & Djaali, N. A. (2019). Metode Diagram Kartesius Untuk Melihat Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 11(2), 161–168. https://doi.org/10.37012/jik.v11i2.112

Sulistiyanto, A. D., Handayani, O. W. K., & Rustiana, E. R. (2017). Peran Petugas Gizi Dalam Memberikan Pelayanan Asuhan Gizi Pada Pasien Rawat Inap. Unnes Journal of Public Health, 6(2), 75. https://doi.org/10.15294/ujph.v6i2.13776

Sumiati, S., Manampiring, A. E., & Wungouw, H. I. S. (2023). Analisis Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Gizi dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado. Medical Scope Journal, 5(2), 182–187. https://doi.org/10.35790/msj.v5i2.46149

Tanuwijaya, L. K., Novitasari, T. D., Arifiani, E. P., Wani, Y. A., & Wulandari, dina E. (2019). Kepuasan Pasien terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit. Jurnal Gizi, 8(1), 50–58.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Putri, S. S., Mitra, M., Yunita, J. ., Ismainar, H. ., & Abidin, A. R. . (2024). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN GIZI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RS AWAL BROS PANAM PEKANBARU TAHUN 2024. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 6115–6126. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.34774