HUBUNGAN WELAS ASIH DIRI DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA BERUSIA 18-24 TAHUN

Authors

  • Aditya Dwi Kurniawan Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Semarang
  • Mulya Virgonita Iswindari Winta Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Semarang
  • Margaretha Maria Shinta Pratiwi Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.34711

Keywords:

kesejahteraan psikologis, mahasiswa, welas asih diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion (welas asih terhadap dirisendiri) dengan psychological well-being (kesejahteraan psikologis) pada mahasiswa berusia 18–24tahun. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya tekanan akademik, sosial, dan emosional yangdialami oleh mahasiswa, terutama setelah pandemi COVID-19 yang menyebabkan berbagai tantangandalam kehidupan pribadi dan perkuliahan. Pada masa emerging adulthood, mahasiswa sering kaliberada dalam fase pencarian identitas, ketidakpastian masa depan, serta tanggung jawab baru yangmenimbulkan stres. Dalam kondisi tersebut, self-compassion dapat menjadi sumber daya psikologisyang membantu individu menerima kekurangan diri, bersikap lebih lembut terhadap kegagalan, dantidak merasa terisolasi dalam penderitaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganmetode korelasional. Partisipan terdiri dari 84 mahasiswa berusia 18–24 tahun yang dipilih secarapurposive. Instrumen yang digunakan adalah Self-Compassion Scale (SCS) dan Psychological WellBeing Scale (PWBS). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-compassion danpsychological well-being, dengan nilai korelasi sebesar 0.399 dan signifikansi < 0.001. Artinya,semakin tinggi self-compassion yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi pula kesejahteraanpsikologis mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa sikap welas asih terhadap diri sendiri bukan hanyaberdampak pada penurunan emosi negatif seperti stres dan kecemasan, tetapi juga berperan dalammeningkatkan aspek-aspek positif seperti penerimaan diri, tujuan hidup, dan relasi positif dengan oranglain.

Author Biography

Aditya Dwi Kurniawan, Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Semarang

Aditya Dwi Kurniawan Magister Psikologi, fakultas psikologi Universitas Semarang

References

Azwar, S. (2007). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta

Aisyiyah, B., & Suprapti, V. (2021). Pengaruh Mindfulness terhadap Psychological Well-Being

pada Emerging Adulthood. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1),

359–369. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24846

Aminrais, S. J. (2018). Pengaruh Self-Esteem dan Humor Style Terhadap Psychological WellBeing Pada Pelajar SMAN 72 Jakarta. TAZKIYA: Journal of Psychology, 6(2)

Barnard, L. K., & Curry, J. F. (2011). Self-Compassion: Conceptualizations, correlates, &

interventions. Review of General Psychology, 15(4), 289-303.

Bluth, K., & Blanton, P. W. (2014). Mindfulness and Self-Compassion: Exploring pathways to

adolescent emotional well-being. Journal of Child and Family Studies, 23(7), 1298-1309.

Copeland, D., & Henry, M. (2018). The relationship between workplace violence, compassion

fatigue, and compassion satisfaction among emergency department staff members.

Journal of Emergency Nursing, 44(5), 474-479.

Duarte, J., & Pinto-Gouveia, J. (2017). The role of psychological factors in the development

and maintenance of burnout in nurses: A systematic review. International Journal of

Nursing Studies, 76, 135-147.

Diantika, S. F., & Muzdalifah, F. (2016). Pengaruh Pemaafan Terhadap Harga Diri Pada

Wanita Pasca Melakukan Tindakan Abortus Provocatus Criminalis. Researchgate, April,

1–13. https://www.researchgate.net/profile/Fellianti-Muzdalifah/publication/332290289_

Volume 9, Nomor 1, April 2025 ISSN 2623-1581 (Online)

ISSN 2623-1573 (Print)

PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat Page 2283

Eisenberg, D., Hunt, J., & Speer, N. (2013). Mental health in American colleges and

universities: Variation across student subgroups and across campuses. The Journal of

Nervous and Mental Disease, 201(1), 60-67.

Erwansa, D., Widyastuti, & Ridfah, A. (2024). Hubungan Self Compassion Terhadap Tingkat

Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi UNM. Jurnal Ilmiah

Multidisiplin, 3(2), 316–327.

Fitri, M. A. (2022). Hubungan Self Compassion Dengan Psychological well-being Mahasiswa

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Yang

Sedang Menyusun Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Grahani, F. O., Mardiyanti, R., Sela, N. P., & Nuriyah, S. (2021). Pengaruh Psychological

Wellbeing (PWB) terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa di Era Pandemi. Jurnal

Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 19(01), 46–51.

López, A., Sanderman, R., Ranchor, A. V., & Schroevers, M. J. (2018). Compassion for Others

and Self-Compassion: Levels, Correlates, and Relationship with Psychological Wellbeing. Mindfulness, 9(1), 325–331. https://doi.org/10.1007/s12671-017-0777-z

Mukhlisa, V. N., & Nurmina. (2024). Hubungan Antara Self-compassion Dengan

Psychological well-being Pada Guru Honorer Sekolah Dasar Di Kota Padang.

International Journal of Trends in Global Psychological Science and Education, 2(1), 1–

8.

Fitri, M. A. (2022). Hubungan Self Compassion Dengan Psychological well-being Mahasiswa

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Yang Sedang

Menyusun Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Germer, C. K., & Neff, K. D. (2013). Self-Compassion in clinical practice. Journal of Clinical

Psychology, 69(8), 856-867.

Hinkle, D. E., Wiersma, W., & Jurs, S. G. (2003). Applied Statistics for the Behavioral Sciences

(5th ed.). Boston: Houghton Mifflin.

Handayani, N. D. P. (2021). Hubungan Antara Pemaafan Diri Dengan Kesejahteraan

Psikologis Pada Narapidana Perempuan di Lapas Kelas IIA Kota Semarang 1. Psikologi,

Fakultas Psikologi, Universitas Islam Sultan Agung, March 2021, 52–60.

http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/17605%0Ahttp://jurnal.uniss

ula.ac.id/index.php/kimuhum/article/viewFile/17605/5849

Hayundaka, A., & Salis Yuniardi, dan M. (2023). Pengaruh harga diri terhadap kesejahteraan

psikologis dan kesepian pada mahasiswa. Psychological Journal: Science and Practice,

3(2), 171–176. https://doi.org/10.22219/pjsp.v3i2.28365

Ismail, R.G., & Indrawati, E.S. (2013). Hubungan dukungan sosial dengan psychological well

being pada mahasiswa STIE Dharmaputera Program Studi Ekonomi Manajemen

Semarang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Vol 2, No. 4.

Jazaieri, H., Jinpa, G. T., McGonigal, K., Rosenberg, E. L., Finkelstein, J., Simon-Thomas, E.,

... & Goldin, P. R. (2014). Enhancing compassion: A randomized controlled trial of a

compassion cultivation training program. Journal of Happiness Studies, 15(5), 1113-

1136.

Kurniasari, E., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Gambaran umum kesejahteraan

psikologis mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research,

3(2), 52-58.

Larasati, D. A., & Widyastuti, T. (2020). Pengembangan Skala Pemaafan Diri (Selfforgiveness). Acta Psychologia, 2(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.34121

Liu, X., Lu, D., Zhou, L., & Su, L. (2013). Forgiveness as a moderator of the association

between victimization and suicidal ideation. Indian Pediatrics, 50(7), 685–688.

https://doi.org/10.1007/s13312-013-0191-0

Volume 9, Nomor 1, April 2025 ISSN 2623-1581 (Online)

ISSN 2623-1573 (Print)

PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat Page 2284

López, A., Sanderman, R., Ranchor, A. V., & Schroevers, M. J. (2018). Compassion for Others

and Self-Compassion: Levels, Correlates, and Relationship with Psychological Wellbeing. Mindfulness, 9(1), 325–331. https://doi.org/10.1007/s12671-017-0777-z

National Health Ministries. (2006). Stress & The College Student. USA.

Neff, K. D., & Germer, C. K. (2017). Self-Compassion and Psychological well-being. In J.

Doty (Ed.), The Oxford Handbook of Compassion Science (pp. 411-420). Oxford

University Press.

Neff, K. D. (2011). Self-compassion, self-esteem, and well-being. Social and Personality

Psychology Compass, 5(1). https://doi.org/10.1111/j.1751-9004.2010.00330.x

Neff, K. D. (2016). The Self-Compassion Scale is a valid and theoretically coherent measure

of self-compassion. Mindfulness. https://doi.org/10.1007/s12671-015-0479-3

Neff, K. D. (2019). Self-compassion scales. Retrieved from https://self-compassion.org/selfcompassion-scales-for-researchers/

Neff, K. D., & Seppala, E. (2016). Compassion, well-being, and the hypo egoic self. In K. W.

Brown & M. Leary (Eds.), Oxford handbook of hypo-egoic phenomena: Theory and

research on

Putri, F. O. (2012). Hubungan antara gratitude dan psychological well-being pada mahasiswa.

(Skripsi, Universitas Indonesia). http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20357986-sfitri%20octaviani%20p.pdf

Pyszkowska, A., & Rönnlund, M. (2021). Psychological flexibility and Self-Compassion as

predictors of well-being: Mediating role of a balanced time perspective. Frontiers in

Psychology, 12, 671746.

Ramadhina, V. H., & Sosialita, T. D. (2022). Hubungan antara Self-compassion dengan

Hopelessness pada Mahasiswa di Masa Emerging Adulthood. Brp Km, X.

Ratu, R. D., & Tondok, M. S. (2022). Efektivitas Program Mindful Self-Compassion : Tinjauan

Pustaka Sistematis. Psycho Idea, 20(2), 153.

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v20i2.11862

Renggani, A. F., & Widya Savitri, P. N. (2018). Peran Self Compassion Terhadap

Psychological well-being Pengajar Muda Di Indonesia Mengajar. Jurnal Psikologi

Udayana, 5(2), 177–186.

Reskido, A. D. P. (2023). Resiliensi dan Growth Mindset sebagai Solusi Peningkatan

Kematangan Karir Mahasiswa pada Era VUCA. Proceeding Conference On Psychology

and Behavioral Sciences, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.37

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Psychological well-being Revisited.

Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727.

https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719

Ryff, C. D. (2014). Psychological well-being revisited: Advances in the science and practice

of eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83(1), 10-28.

Sampetoding, V. K., Maret, U. S., Aulia, F., Maret, U. S., Cakti, V. A., Maret, U. S.,

Margaretha, T., & Maret, U. S. (2023). Self-compassion Untuk Meningkatkan

Kesejahteraan Psikologis. December.

Santrock, J. (2017). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Septi Purnama, D., Farozin, M., & Astuti, B. (2022). The ryff’s psychological well-being scale

for Indonesian higher education students: A RASCH model analysis how to cite. IRJE

|Indonesian Research Journal in Education, 6(2), 222–231. https://doi.org/

10.22437/irje.v6i2.20086

Shapiro, S. L., Brown, K. W., & Biegel, G. M. (2007). Teaching self-care to caregivers: Effects

of mindfulness-based stress reduction on mental health of therapists in training. Training

and Education in Professional Psychology, 1(2), 105-115.

Volume 9, Nomor 1, April 2025 ISSN 2623-1581 (Online)

ISSN 2623-1573 (Print)

PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat Page 2285

Silver, S., Marin, D., & Oliván-Blázquez, B. (2018). Mindfulness, compassion, anSelfCompassion among health care professionals: What's new? A systematic review. Frontiers

in Psychology, 9, 1087.

Triaswari, P., & Utami, M. S. (2014). Kesejahteraan psikologis mahasiswa ditinjau dari stres.

(Skripsi, Universitas Gajah Mada). http://eprints.ums.ac.id/37510/

Venetia Giannakouli, Michail Galanakis, Christiana Koundourou, & Georgios Tsitsas (2023).

Self-Compassion as a Key Factor of Subjective Happiness and Psychological well-being

among Greek Adults during COVID-19 Lockdowns. International Journal of

Environmental Research and Public Health, 20(15), 6464.

Yarnell, L. M., Stafford, R. E., Neff, K. D., Reilly, E. D., Knox, M. C., & Mullarkey, M. (2015).

Meta-analysis of gender differences in Self-Compassion. Self and Identity, 14(5), 499-520.

Zessin, U., Dickhäuser, O., & Garbade, S. (2015). The relationship between Self-Compassion

and well-being: A meta-analysis. Applied Psychology: Health and Well-Being, 7(3), 340-

364.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Kurniawan, A. D., Winta, M. V. I., & Pratiwi, M. M. S. (2025). HUBUNGAN WELAS ASIH DIRI DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA BERUSIA 18-24 TAHUN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 2278–2285. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.34711

Issue

Section

Articles