ANALISIS HUBUNGAN SISTEM PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI MURNI TEGUH MEMORIAL HOSPITAL TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.34529Keywords:
BPJS, End-User Computing Satisfaction (EUCS), kepuasan pasien, rawat jalan, sistem pendaftaranAbstract
Pendaftaran rawat jalan merupakan tahap awal yang penting dalam pelayanan rumah sakit karena berdampak pada pengalaman pasien, terutama pengguna BPJS. Proses pendaftaran yang lambat atau kurang efisien dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien dan menurunkan kualitas layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan sistem pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Murni Teguh Memorial Hospital. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2024. Sampel yang diambil menggunakan accidental sampling dengan jumlah 83 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien menilai sistem pendaftaran rawat jalan sudah baik, terutama dalam aspek reliabilitas (81%), integrasi (80%), dan aksesibilitas (76%). Sementara itu, kepuasan pasien juga tinggi, terutama dalam aspek konten (78%), akurasi (77%), dan format (75%). Uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas sistem pendaftaran dengan kepuasan pasien pengguna BPJS (p-value < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem pendaftaran rawat jalan di Murni Teguh Memorial Hospital memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS. Aspek reliabilitas dan integrasi merupakan faktor yang paling berpengaruh. Oleh karena itu, rumah sakit disarankan untuk meningkatkan aksesibilitas dan waktu respons guna mengoptimalkan pengalaman pasien pengguna BPJS.References
Angelina, Widjaja, L., Rumana, N. A., & Fannya, P. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Hermina Bitung Kabupaten Tanggerang. Journal of Educational Innovation and Public Healtj, 2(1), 1–7.
Anisa Dyah Irawati, Puteri Fannya, Laela Indawati, & Nanda Aula Rumana. (2021). Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhakti Kartini Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(1), 36–41. https://doi.org/10.55606/klinik.v1i1.163
Arumsari, W., & Desty, R. T. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Bagian Pendaftaran Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien RS X Purwodadi. Indonesian Journal of Health Community, 4(2), 67. https://doi.org/10.31331/ijheco.v4i2.2940
Boavida de Araujo, E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 29–39. https://doi.org/10.53416/jurmik.v2i2.105
Ginting, A., Simbolon, P., & Sihombing, V. E. (2023). Hubungan Waktu Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Jurnal Promotif Preventif, 6(4), 593–599. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP
Gita Arum Kumalasari. (2024). Jurnal Kesehatan dan Teknologi Medis Pengaruh Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile. 8(5), 28–35.
Kesehatan, J. I. (2023). Barongko Barongko. 2(1), 41–55.
Mutaqqin, Z., Arts, T. M., & Hadi, L. (2021). JIMKesmas JIMKesmas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 6(2), 56–67.
Nesa, N, W. I. E. (2015). Tingkat Kepuasan Pengguna Website. 2(January 2015), 128–134.
Ningsih, E. R. S., & Suryani, A. I. (2023). Tinjauan Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rsud Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 7185–7190. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19535
Nurazizzah, N. A., Yulida, R., Seha, H. N., & Indonesia, P. P. (2024). Jurnal Kesmas Prima Indonesia Pengguna Anjungan Pendaftaran Mandiri Di RS Nur. 8(2), 1–6.
Nurul Wahyu Anggraeni, Trismianto Asmo Sutrisno, & Sri Sugiarsi. (2024). Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran Online pasien Rawat Jalan Dengan Kepuasan PasienJKN Di RSUD Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Health Information Management (IJHIM), 4(1), 1.
Purba, P. P. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 12(1), 44–48. https://doi.org/10.47701/infokes.v12i1.1307
Rachman, M. A., & Fitroh Lisya Farasi, F. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Aplikasi Haryoto Online Dengan Menggunakan Metode Eucs. Jrmik, 5(1), 68–81. https://doi.org/10.58535/jrmik.v5i1.67
Rizkya, A. A., & Yuliani, R. D. (2023). Kepuasan Pasien dalam Penggunaan Sistem Informasi Portal di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. 1–7.
Rosyidah, K., Tri Sugiyarti, A., & Yusmanisari, E. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan di Bagian Pendaftaran Dengan Kepuasan Pada Pasien Rawat Jalan di RSIA Muhammadiyah Kota Probolinggo. Jurnal Sehat Indonesia (JUSINDO), 6(01), 150–160. https://doi.org/10.59141/jsi.v6i01.70
Rumah, D. I., Systematic, S., Puspitasari, S. C., & Fidyaningsih, R. (2023). JKA ( Jurnal Kesehatan Arrahma ). Jurnal Kesehatan Arrhman, 1(1), 5–11.
Salim, R. A., Jayadie, A., & Tahir, T. Bin. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Berbasis Cloud. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 902–909. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13836
Sari, M. M., Ismainar, H., Irfa, V., Sarmida, R., & Simanjuntak, C. (2024). Anjungan Pendaftaran Mandiri Dirumah Sakit Awal Bros Pekanbaru Tahun 2023. 8(April), 1207–1222.
Silvia Astuti, Rosyidah, R., & Rochana Rulyandari. (2024). Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(1), 144–153. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i1.4226
Wahyuni, A. T., & Gunawan, E. (2024). Tinjauan Penerapan Pendaftaran Online Pasien Rawat. 8(4), 2990–2995.
Xi, K., Sma, I. P. A., & Yogyakarta, M. (2023). 1 , 2 1,2. 5(2), 3089–3100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwiyumelia Johan, Syafrani Syafrani, Hetty Ismainar, Kiswanto Kiswanto, Ahmad Satria Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







