PERAN BPBD KOTA PEKANBARU DALAM UPAYA PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN GEDUNG PADA SATUAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.34343Keywords:
mitigation, fire disasters, preparednessAbstract
Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Penyebab banyaknya korban bencana kebakaran gedung karena kurangnya pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana. Oleh karena itu, sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana kebakaran gedung penting dilakukan sejak dini untuk memperkecil risiko menjadi korban melalui pendidikan bencana di sekolah. Metode yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat penelitian praktik dengan batasan masalah melalui pemberian materi dan pelatihan simulasi mitigasi kebakaran gedung. Kegiatan dilaksanakan di pondok pesantren AlKautsar pada tanggal 07 Desember 2023 dengan partisipan yang terlibat sebanyak 36 orang. Melalui serangkaian tahapan yang terorganisir dengan baik, mulai dari persiapan hingga penutupan, kegiatan ini berhasil menciptakan ruang dialog dan implementasi yang positif antara penyelenggara dan peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi dan penyuluhan kepada peserta didik dan warga sekolah mampu memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat kepada warga sekolah dalam menanggulangi bencana untuk kedepannya. Sesi diskusi dan tanya jawab dapat menambah pengetahuan, pemahaman mendalam dan keterampilan serta meningkatkan pasrtisipasi aktif bagi peserta. Dalam jangka panjang, diharapkan peningkatan pemahaman ini dapat digunakan dalam kesiapsiagaan akan bencana kebakaran yang terjadi di sekolah. Mesikpun demikian, evaluasi terus-menerus dilakukan untuk menilai seberapa siap nya warga pondok pesantren al-kautsar dalam menghadapi kejadian bencana kebakaran.References
Arisona, R. D. (2020). Sosialisasi Dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sdn 2 Wates Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 1–7.
Ayu, U., Hermawan, R., & Utami, RD (2021). Pendidikan Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa MI Muhammadiyah Bulakrejo. , 1-11.Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Ayub, S., Kosim, Gunada, I. W., & Verawati, I. N. S. P. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Bencana Pada Siswa Dan Guru. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika 6.1 (2020): 129-134., 6, 129–134.
Bencana, B. N. P. (2018). BNPB. Data informasi bencana Indonesia (DIBI)[Data set]. Diakses dari dibi. bnpb. go. id.
Bencana, B. N. P. (2018). Definisi Bencana. BNP : Jakarta
Duwingik, R. F., Maryati, S., & Hutagalung, R. (2022). Studi Petrologi Batuan Granit Daerah Pohe, Kota Gorontalo. JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), 6(1), 71-78.
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Edukasi Nonformal, 1(2), 94–102.
Indriasari, F. N., & Kusuma, P. D. (2020). Peran Komunitas Sekolah Terhadap Pengurangan Risiko Bencana Di Yogyakarta. Jurnal Perawat Indonesia, 4(2), 395. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i2.556
Kemendikbud. (2018). Modul 1 Pilar 1 Fasilitas Sekolah Aman. In Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri.
Maharani, S., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir dalam mitigasi bencana di kota pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1591-1597.
Maidaneli, & Ernawati. (2019). Kesiapsiagaan Sekolah Dasar Tsunami Di Kecamatan Pariaman Tengah. Jurnal Kapita Selekta Geografi, 2(2012), 89–100.
Maryanti, S., & Saputra, A. (2020). Analisis Kerusakan Bangunan Fasilitas Sosial Akibat Gempa Bumi Tahun 2018 di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS X 2019.
Mongi, T. (2019). Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi Di Sd Pantekosta Yayasan Berea Likupang I Dan Sd Gmim 70 Likupang. Journal Of Community & Emergency, 7(3), 472-480.
Mubarak, Z., Kumalawati, R., & Adyatma, S. (2019). Analisis peta persebaran titik api untuk kesesuaian persebaran sumur bor di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 5(3).
Murdiatyar Abdul. 2022. “BNPB Verifikasi Kejadian Bencana Sepanjang Tahun 2021.” Badan Nasional Penanggulangan Bencana”.
Novianti, I. D. Bencana Alam dan Mitigasi Bencana Alam. Jakad Media Publishing.
Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55.
Putri, F. N., Ashari, M. L., & Khairansyah, M. D. (2023). Evaluasi Jalur Evakuasi dengan Mempertimbangkan Waktu Evakuasi pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik. Journal of Safety, Health, and Environmental Engineering, 1(1), 39-45.
Rustam, E., Mutthalib, N. U., & Rahman, H. (2022). Pengaruh Edukasi Mitigasi Bencana Banjir Melalui Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Usia 8-13 Tahun. 3(3), 2756–2764.
Salsabila, W. S., & Dinda, R. R. (2021). Pembelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar dengan Metode Demonstrasi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1(2014), 115–120.
Salsabila, W. S., & Dinda, R. R. (2022). Pembelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar dengan Metode Demonstrasi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 115-120.
Simeulu, P., & Asmanidar. (2020). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi pada Siswa SD No 7 Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan. 8(3), 379–386.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yurmida Yurmida, Yesica Devis, Naspi Yendri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







