HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSUD HADRIANUS SINAGA TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.34165Keywords:
Pelayanan Farmasi, Bukti langsung, Kehandalan, Daya tanggap, Jaminan, PerhatianAbstract
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kefarmasian serta semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, maka dituntut kemampuan dan kecakapan para petugas kefarmasian dalam melaksanakan pelayanan kefarmasian yang dapat menimbulkan kepuasan bagi pasien yang dilayani. Kepuasan pasien adalah kinerja pelayanan yang diterima pasien sekurang kurangnya sama dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Hadrianus Sinaga. Penelitian termasuk jenis penelitian analitik korelasional dengan menggunakan rancangan penelitian potong-lintang. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Farmasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir pada bulan Pebruari s/d April 2024. Populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Hadrianus Sinaga dengan jumlah sampel sebanyak 100 yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bukti langsung dengan kepuasan pasien rawat jalan, ada hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien rawat jalan, ada hubungan daya tanggap dengan kepuasan pasien rawat jalan, ada hubungan jaminan dengan kepuasan pasien rawat jalan, dan ada hubungan perhatian dengan kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi di RSUD Hadrianus Sinaga Oleh sebab itu disarankan agar petugas di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Hadrianus melengkapi kekurangan obat, memberikan informasi mengenai cara penggunaan obat, kegunaan, efek samping, dosis, dan penyimpanan obat dengan bahasa yang mudah dipahami pasien, serta bersikap ramah, murah senyum, sopan, dan menyapa pasien.References
Astuti, Eny Kustiyah (2019). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Journal: GemaUniversitas Islam Batik Surakarta.
Bustami. 2021. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasinya. Jakarta: Erlangga
Happy Ayuningrum Putri, Saryadi, dan Reni Shinta Dewi (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis-Universitas Diponegoro.
Heri Herwanto (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Simeulue Timur. Tesis, Jakarta- Universitas Terbuka.
Herman Hidayat (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap, Rumah Sakit Islam Surakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi-Universitas. 2017
Jesica, T.N., C. Gayatri, dan Sri. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rsud Liun Kendage Tahuna. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi UNSRAT. 2: 406-415.
Kemenkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit.
-----------------(2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit.
-----------------(2018). Aplikasi Sarana Pemetaan Sarana Kefarmasian. Diakses pada: http://apif.binfar.depkes.go.id/index.php?req=view_services&p=pem etaanApotek&id=21.
Mulyani, Evi. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangkaraya. Jurnal Surya Medika, 2(2).
Mahliyah, H. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien terhadao Pelayanan Kefarmasian Di UPT Puskesmas Gambut. [Skripsi]. Univ.Muhammadiyah Banjarmasin.
Meli, M.T. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Cisadea Kota Malang.
Meutia Dewi (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan, : Fakultas Ekonomi-Universitas Samudra
Nisa, C., Sari, M.P., Barlian A.A. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) Di Puskesmas Dukuhwaru Kabupaten Tegal.
Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Aliyah, S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.33084/bjop.v1i1.239
Novi Noor Indah Sari (2021). Analisis Pegaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnsi Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit ‘Aisyiyah Kudus. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam-Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Novi Yanti (2022), Service Quality Dalam Mengukur Kepuasan Pasien. Yogyakarta : BPFE, 1999.
Nuzul, Z.A.R., Saddaq, K., Rulia, M. 2022. Analisis Kepuasan PasienTerhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi rawat jalan RSUD Cut Nyak Dien Aceh Barat. Journal of Healtcare Technology and Medichine Vol. 8 No. 1 page 289-294.
Rahadi Fitria Nova, 2020, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta”, Jurnal Fakultas Ekonomi : Universitas Sebelas Maret Surakarta, hlm. 83-85
Rahmi (2020), “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Annisa Banjarmasin”, Jurnal Penelitian Universitas Islam Kalimantan MAB, 1-8.
Rizal, M., 2014, AnalisisTingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul Periode Juli– September 2013, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,Yogyakarta.
Supranto, J. 2021. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI.
Tri Winarno, 2020, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Sragen”, Jurnal Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Universitas Muhammadiyah Surakarta, hlm. 13-17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Henni Susanti Sitanggang, Rahmat Alyakin Dakhi, Rumondang Gultom, Donal Nababan, Lia Rosa Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).