FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI POLI OBSTETRI DAN GINEKOLOGI DI RSIA X PEKANBARU TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.33913Keywords:
citra merek, dukungan keluarga, minat kunjungan ulang, pengetahuan, peran petugas kesehatanAbstract
Minat kunjung ulang merupakan keinginan yang kuat dari pengunjung untuk mengulang berkunjung kembali sebagai respon langsung pasca kunjungannya di waktu lampau. RSIA X Pekanbaru mengalami penurunan pasien dari tahun 2022 ke tahun 2023 sebanyak 1.096 pasien. Hal ini dianggap menurunnya minat pasien untuk berkunjung ulang, penurunan pasien ini berdampak bagi petugas kesehatan di RSIA X Pekanbaru. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang pasien di Poli Obgyn RSIA X Pekanbaru Tahun 2024. Jenis penelitan ini adalah Kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Lokasi penelitian di RSIA X Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juli 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Poli Obgyn RSIA X selama periode Juni 2024 yang berjumlah 1.213 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 210 orang. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat, bivariat dengan uji chi squre dan multivariat dengan uji regresi logistik ganda . Hasil analisis uji didapatkan terdapat hubungan antara pengetahuan (p value=0,000, OR= 4,695), citra merek (p value=0,013, OR= 2,342), dukungan keluarga (p value=0,000, OR=5,597), dan peran petugas kesehatan (p value=0,001, OR=3,174) terhadap minat kunjungan ulang pasien. Variabel yang paling dominan mempengaruhi minat kunjungan ulang pasien adalah pengetahuan (p value=0,000, OR= 7,767.). Diharapkan Pihak Rumah Sakit membuat kegiatan Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).References
Amaliah S, H.A., Rizqiani, A., Andayanie, E. (2023). Faktor yang berhubungan dengan minat berkunjung kembali pada pasien di rsia permata hati makassar. Window of Public Health Journal, 4(6), 968-977.
Bakri, A.A.M., Ahri, R.A., & Batara, A.S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pasien Melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 1–15. DOI: https://doi.org/10.52103/jmch.v3i4.1170
Gozal, F., Saptaningsih, A.B., & Nugroho, M.N. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan RS X Dalam Masa Pandemik Covid-19. Journal of Hospital Management ISSN (Print), 5(1), 39-54.
Ilmayanti, N.A., Rusydi, A.R., & Andayanie, E. (2022). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Poli Interna di RSUP dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 3(6):1079-1088. DOI: https://doi.org/10.33096/woph.v3i6.527
Lesmana, T.C., & Uru, S.R. (2020). Citra Merek Rumah Sakit dengan Pemanfaatan Kembali Pelayanan Kesehatan Rawat Inap. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, 5(1), 80-89.
Mokoagow, S.M., Samsualam, & Haeruddin. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 4(1), 165-180. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i1.1198
Nduru, D.L.P., Wau, H., & Manalu, P. (2019). Kualitas Pelayanan Persalinan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Sriratu Medan. Jurnal Berkala Kesehatan, 5(2), 67-75. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v5i2.7236
Notoatmodjo, S. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. 3rd edn. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan MemediasPengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006
Putri, C.C.P., Jong, M.T.T., & Bernarto, I. (2018). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pemilihan Tempat Persalinan Pasien Poliklinik Kesehatan Ibu Dan Anak Di Klinik Keluarga Pisangan Baru, Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT), 8(1), 128–40.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rizkiawan, I.K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri. Naskah Publikasi.http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70845
Siregar, A.E., Sinaga, R., Surbakti, I.S., Sari, J., Sari, R.P., Sari, D.P. (2023). Faktor-FaktorYang Berhubungan Dengan Minat Kunjungan Ulang Antenatal Care Di Klinik Pratama Sahabat Bunda Tahun 2022. Jurnal Medika Husada, 3(1), 10-24.
Suhartapa, & Sulistyo, A. (2022). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang Di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 115-122. DOI 10.31294/khi.v12i2.10579
Untari, R.D., Atmoko, W.B., & Budiadi, N.A. (2021). Pengaruh Citra Rumah Sakit, Nilai Persepsian dan Kelekatan Merek Secara Emosional Pada Perilaku Memilih Rumah Sakit. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, 268-277.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Widi Yanto, Hetty Ismainar, Jasrida Yunita, Budi Hartono, Lita Lita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







