ANALISIS PROSES PASIEN JKN RAWAT JALAN IGD GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS PELAYANAN DI RS MUHAMMADIYAH BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.33776Abstract
Pendaftaran pasien rawat jalan adalah salah satu tugas pertama yang dilakukan oleh departemen rekam medis Rumah Sakit Muhammadiyah. Pendekatan rumah sakit dalam menyediakan layanan kesehatan sangat bergantung pada pendaftaran pasien rawat jalan. Untuk meningkatkan efektivitas layanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung, penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran proses pendaftaran pasien rawat jalan JKN di unit gawat darurat. Seluruh petugas rekam medis menjadi populasi dalam penelitian yang menggunakan metodologi deskriptif kualitatif ini. Dari hasil penelitian didapatkan 77% untuk faktor gaya pemberi layanan. Proses pendaftaran pasien rawat jalan merupakan aspek krusial yang dapat mempengaruhi efektivitas pelayanan kesehatan terutama dalam situasi gawat darurat yang membutuhkan penanganan cepat.References
Agus, P. (2015). Pengetahuan Peserta Bpjs Tentang Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Rsup Dr Kariadi Semarang.
Dianti, Y. (2017). Efektifitas Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 (Studi Penelitian pada Kantor Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Fauzan Alfarizi, M., Irma Suryani, A., Studi, P. D., & Medis Informasi Kesehatan Politekni Piksi Ganesha, R. (2023). Analisis Kelengkapan Pengisian Ringkasan Pasien Pulang Guna Menunjang Mutu Rekam Medis Di Rs X. 4(3), 3512–3521.
Handayani. (2020). BAB IV METODE PENELITIAN.
Haryati, R. A. 2019. Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan:Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 91–98.
Kementerian Kesehatan RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022, 151(2), 10–17.
Ndraha, R, T. (2012). Pelayanan Kesehatan di Era Jaminan Kesehatan Nasional Sebagai Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jurnal Wacana Hukum.
Pujilestari, I., Monica, R. D., & Ratiana, W. (2024). Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di RSUD Bandung Kiwari. Jurnal TEDC, 18(1), 83-87.Putra, W. M. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional Di Rumah rakit Umum Kota Tangetang Selatan Tahun 2014. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Putri, P. M., & Murdi, P. B. (2019). Health Services in the Era of National Health Insurance as a Health Social Security Organizing Body Program. Jurnal Wacana Hukum, 25(1), 80.
Rismawianty, T. A. (2023). Analisis Prosedur Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Bpjs Igd Guna Menunjang Efektivitas Pelayanan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Infokes (Informasi Kesehatan) Google Scholar.
Safitri, D. N., & Rustiana, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kantor, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Semarang.Economic Education Analysis Journal, 6(1), 120-130.
Siagian. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia.
Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. (2019b). Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja perangkat desa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andika Septian Dwi Putra Supriadi, Ade Irma Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







