PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN GAME MAGIC SPIN MENINGKATKAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.33747Keywords:
Knowledge, Menstruation, Animation Media, Magic Spin GameAbstract
Pengetahuan tentang menstruasi merupakan pengenalan tanda-tanda awal menstruasi, personal hygiene saat menstruasi, dan faktor yang mempengaruhi menstruasi.Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media animasi dan game magic spin terhadap pengetahuan remaja putri tentang menstruasi. Desain penelitian ini quasi-experimental dengan sampel 72 siswi terdiri dari kelompok intervensi dan kelompok kontrol masing-masing 36 siswi. Variabel independen pendidikan kesehatan menggunakan media animasi dan game magic spin, variabel dependent pengetahuan remaja putri tentang menstruasi Teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji wilcoxson dan man whitney. Berdasarkan uji statistik diperoleh nilai P-value 0,000 yang berarti ada perbedaan pengetahuan tentang menstruasi pada remaja putri sebelum dan sesudah menggunakan media animasi, game magic spin diperoleh nilai P-value 0,000 yang berarti ada terdapat perbedaan pengetahuan tentang menstruasi pada remaja putri sebelum dan sesudah menggunakan game magic spin, media animasi dan magic spin diperoleh nilai P-value 0,000 yang berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media animasi dan game magic spin terhadap pengetahuan remaja putri tentang menstruasi. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, bagi pihak sekolah dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang menstruasi melalui metode lainnya yang bervariasi.References
Anggraeni, W., & Sari, K. I. P. (2018). Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Menstruasi Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas Iv Dan V Sdi Darul Hikmah Krian Sidoarjo. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 7(1), 80–85. https://doi.org/10.36720/nhjk.v7i1.36
Arie Ramadhani, M. A. (2019). , Miftahul Arifin. 8(1).
Emergensi, K., Ilmu, D., & Fk, K. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926
Hidayah Eka Rizky, D. (2020). EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI MELALUI RODA PUTAR DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG SISWA SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Inayah, N., & Prayogo, M. S. (2023). Penerapan Media Permainan Spin Roda Berputar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MI Al Islamiyah Pasuruan Tahun 2022-2023. Ijsl - Indonesian Journal of Science Learning, 4(1), 12–19.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Maryatun, S., & Maulisa, O. (2021). Pengetahuan dan Sikap Siswa SMA PGRI Indralaya tentang Seks Pranikah. Proceeding Seminar Nasional Keperawatan, 7(1), 133–139.
Nurhayati, T. (2016). Perkembangan Perilaku Psikososial pada masa Pubertas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nurmawati, I., & Erawantini, F. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Siswi Sd Dalam Menghadapi Menarche. Jurnal Kesehatan, 12(2), 136–142. https://doi.org/10.23917/jk.v12i2.9770
Pemiliana, P. D. (2019). Perilaku Remaja Putri Dengan Personal Hygiene Saat Menstruasi Di Sma Etidlandia Medan Tahun 2018. Gaster, 17(1), 62. https://doi.org/10.30787/gaster.v17i1.341
Purnama, N. L. A. (2021). Pengetahuan Dan Tindakan Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 10(1), 61–66. https://doi.org/10.47560/kep.v10i1.264
Qoni’ Fitria, A., & Mawardika, T. (2023). Perbedaan Pengetahuan Dan Sikap Menghadapi Menarche Sebelum Dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1), 20–32. https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.978
Rahmayanti, C. R., Ardhia, D., & Kiftia, M. (2023). The relationsh ip between female adolescents ’ knowledge and emotional response toward menarche. VII(2), 25–31.
Reno Renaldi, D. N. (2017). MENARA Ilmu Vol. XI Jilid 1 No.76 Juli 2017. Menara Ilmu, XI(76), 155–165.
Rismawan, M.-, & Negara, I. K. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dan Game Magic Spin Terhadap Perilaku Hygien Menstrual Siswa Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(1), 104–111. https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i1.144
Riva`i, A. (2020). Perbedaan Efektivitas Penggunaan Media Video dan Permainan Roda Berputar dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Hygiene Menstrual Siswi Sekolah Dasar Negeri 01 Krenceng.pdf (pp. 55–70).
Sari, D. W., Hardiyanti, D., & Pertiwi, M. R. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Animasi Terhadap Kesiapan dan Pengetahuan dalam Menghadapi Menarche. Lentora Nursing Journal, 4(1), 10–19. https://doi.org/10.33860/lnj.v4i1.3410
Septiani, G. F., Sukaesih, N. S., & Rosyda, R. (2023). Perbandingan pendidikan kesehatan melalui digital Pocbook dan ROPI mengenai anemia pada rematri. Prepotif?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1139–1148.
Sheila Maria. (2022). EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN FISIOLOGI MENSTRUASI MAHASISWI SEMESTER I DIII KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA. ????, 8721(8.5.2017), 2003–2005.
Siregar, E. R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Magic Spinning Wheel Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Seks Pranikah di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Program Studi Promosi Kesehatan Program Sarjana Terapan Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu.
Solehati, T., Trisyani, M., & Kosasih, C. E. (2018). Gambaran Pengetahuan, Sikap, Dan Keluhan Tentang Menstruasi Diantara Remaja Puteri. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 4(2), 86–91. https://doi.org/10.33755/jkk.v4i2.110
Sri Handayani, F. (2023). Upaya peningkatan pengetahuan remaja putri tentang siklus menstruasi melalui pendidikan kesehatan di dusun klampok johonut paranggupito wonogiri. Jurnal Keperawatan, 12(1), 15–20.
Sriningsih. (2011). Jurnal Kesehatan Masyarakat Astenopia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(3), 377–384.
Triamanda, R. Z., Salawati, T., & Larasaty, N. D. (2022). Pengembangan Konten Video Animasi Motion Graphic sebagai Media Promosi Kesehatan Personal Hygiene Menstruasi bagi Remaja Putri. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(1), 40–52. https://doi.org/10.12928/promkes.v4i1.5466
Utami, Y. A. P., Th, E. M., & Maryani, T. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V Dan Vi Di Sd Negeri 1 Ceper Klaten. Jurnal Keperawatan, 4(1), 1–12.
Wada, F. H., & Keperawatan, J. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Personal Hygiene. 8(1), 78–85.
Yulianto, A. B., Sartoyo, Wardoyo, P., & Fariz, A. (2023). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu. Sereal Untuk, 8(1), 51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zakkiyatus Zainiyah, Delia Audina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







