HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS AIR PUTIH SAMARINDA

Authors

  • mirnawati mirnawati Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda
  • Dwi Ida Puspita Sari Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda
  • Muhammad Rafli Aidillah Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda
  • Andik Supriyatno Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.33568

Keywords:

Quality of Service Information, Level of Patient Satisfaction

Abstract

Kualitas informasi pelayanan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi derajarat Kesehatan masyarakat. organisasi penyedia layanan kesehatan seperti puskesmas merupakan wujud penyedia sumber daya di bidang kesehatan sebagai penyedia jasa layanan bagi masyarakat. Kepuasan merupakan suatu tingkat perasaan pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Keunggulan dalam kepuasan pasien diberikan dengan meliputih daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati, dan kehandalan. Dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas informasi pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan pengambilan sampel acak (Probality Sampling) dengan simple random sampling, dan sampel berjumlah dalam penelitian 65 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Chi-Square. Berdasarkan hasil uji statistic, didapatkan hasil dari akurat, tepat pada waktunya, dan relevan  p value = 0,000 dengan demikian  Ho ditolak Ha diterima karena  bivariat menunjukan bahwa hipotesa peneliti diterima atau dinyatakan bahwa kualitas informasi pelayanan memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan pasien dengan hasil Chi-Square 0,000 (<0,005), Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas informasi pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di puskesmas air putih samarinda. Bagi pelayanan memperoleh nilai baik perlu dipertahankan sedangkan kualitas informasi dalam kepuasan pasien yang tidak baik perlu ditingkatkan dalam memfasilitasi atau membantu pasien yang datang berobat.

References

Airlangga, P., Harianto, H., & Hammami, A. (2020). Pembuatan dan Pelatihan Pengoperasian Website Desa Agrowisata Gondangmanis. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Barnes,Janes G (2003), Secret of Customer Relationship Management,Andi, Yogyakarta

Bintang, M., Purba, I. E., Purba, A., Ketaren, O., & Sembiring, R. (2022). Faktor? Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kebidanan Di Puskesmas Martubung. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Fitriana, B. R. D., Hidana, R., & Parinduri, S. K. (2020). Analisis penerapan sistem informasi manajemen puskesmas (simpus) dengan model human organization technology (hot)-fit di puskesmas tanah sareal kota bogor tahun 2019. Promotor.

Herman, H., Kamase, J., Nujum, S., & Dewi, R. (2022). Pengaruh kualitas layanan, perbaikan layanan dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit umum daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Jurnal Ekonomi Global.

Imran, I., Yulihasri, Y., Almasdi, A., & Syavardie, Y. (2021). Dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien puskesmas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora.

Irawan, B., Sitanggang, E. D., & Achmady, S. (2021). Sistem pendukung keputusan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan rumah sakit berdasarkan metode servqual. CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 6, no. 1, p. 10, 2021, doi: 10.24114/cess. v6i1. 21023).

Irawati, A. D., Fannya, P., Indawati, L., & Rumana, N. A. (2022). Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit Bhakti Kartini Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan.

Kaka, S. N., Maemunah, N., & Ka’arayeno, A. J. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Poli Umum Puskesmas Kendal Kerep Kota Malang. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional.

Kurniati, N. E., & Mustikawati, I. S. (2023). Analisis Faktor Karakteristik Yang Berhubungan Dengan Persepsi Kepuasan Pasien Di Klinik Bayi Tabung Morula IVF Tangerang Tahun 2o23. Jurnal Kesehatan Tambusai.

Kusumawati, D., Maharani, C., & Prasetyawan, R. D. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tahun 2022. Nursing Information Journal.

Marlena, M., Achmad, R., Ariyanto, E., Agus, J., Akhmad, F., & Yeni, R. (2023). Hubungan Pengetahuan, Sikap Petugas dan Sarana Prasarana dengan Pengelolaan Limbah Medis Padat di Puskesmas Berangas Kabupaten Barito Kuala Tahun 2023. Health Research Journal of Indonesia.

Misngadi, M., Sugiarto, S., & Dewi, R. S. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Payo Selincah. Journal of Healthcare Technology and Medicine.

Nababan, M. C., Listiawaty, R., & Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi.

NISA, K., & Wati, N. W. K. W. (2024). Tinjauan Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Pendaftaran Rawat Jalan dari Perspektif Admisi di Puskesmas Guntung Manggis. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesi.

Parta, I. K. W., Ismail, D., & Wijaya, N. S. (2023). Pengaruh pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis.

Rahmawati, M. P., & Sanjaya, G. W. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Pasien Peserta BPJS Di Puskesmas Rowosari Kabupaten Kendal. Journal of Social and Political Science/JUSTICE.

Ramadani, D., Hardilawati, W. L., & Kusumah, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Servicescape Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Klinik Pratama Sari Husada Di Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi, Bisnis & Akuntansi.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sinaga, O. S., & Safitri, R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Uptd Puskesmas Margomulyo Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi.

Wulandari, D., Heryana, A., Silviana, I., Puspita, E., Rini, H., & Deasy, F. (2021). Faktor–faktor yang berhubungan dengan persepsi tenaga kesehatan terhadap vaksin covid-19 di puskesmas x tahun 2020. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Suwanto, S., Sari, D. I. P., & Supriyatno, A. (2021). The Influence of Work Organizational Culture on the Performance of Health Workers at Abdoel Wahab Sjahranie Hospital. Indonesian Journal of Wiyata Health Administration (IJWHA).

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

mirnawati, mirnawati, Sari, D. I. P., Aidillah, M. R., & Supriyatno, A. (2024). HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS AIR PUTIH SAMARINDA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 7387–7396. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.33568