ANALISIS DAMPAK PENERAPAN ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI (APM) TERHADAP WAKTU TUNGGU DAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RS HERMINA ARCAMANIK

Authors

  • Serly Nuryani Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Piksi Ganesha
  • Annisa Ulfah Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.33514

Keywords:

Anjungan Pendaftaran Mandiri, Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu

Abstract

Efisiensi waktu tunggu dan kepuasan pasien menjadi wujud keberhasilan fasilitas kesehatan dalam menyediakan pelayanan yang mumpuni. Penerapan sistem konvensional yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sistem pelayanan mendorong transformasi menuju digitalisasi sistem pelayanan tersebut. Salah satunya yakni melalui penerapan anjungan pendaftaran mandiri. Akan tetapi, perbedaan klaster dan kondisi fasilitas kesehatan membutuhkan kajian lebih dalam terkait seberapa efektif dan efisien penerapan anjungan pendaftaran mandiri terhadap waktu tunggu dan kepuasan pasien. Oleh karena  itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh penerapan anjungan pendaftaran mandiri terhadap waktu tunggu pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit Hermina Arcamanik dan (2) menjelaskan pengaruh penerapan anjungan pendaftaran mandiri terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit Hermina Arcamanik. Metode yang digunakan mengadopsi teknik kuantitatif dengan mengandalkan data primer hasil accidental sampling. Sampel yang diambil terdiri dari 140 pasien BPJS Rawat Jalan yang menggunakan APM. Analisis data menggunakan regesi linier disertai uji asumsi klasik terlebih dahulu untuk menguji kelayakan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan anjungan pendaftaran mandiri terhadap waktu tunggu pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit Hermina Arcamanik. Begitu pula pada penerapan anjungan pendaftaran mandiri yang juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit Hermina Arcamanik.

References

ALrribe, E., Salfitri, E., & Tsalbitalh, N. (2023). PERALNCALNGALN SISTEM PENDALFTALRALN PALSIEN RALWALT JALLALN RUMALH SALKIT PMC BERBALSIS WEB. PROSISKO: Jurnall Pengembalngaln Riset Daln Observalsi Sistem Komputer, 10(2), 136–145. https://doi.org/10.30656/prosisko.v10i2.7064

Falizalh, S. N., & Palnjalwal, J. L. (2020). Pengalruh Kuallitals Pelalyalnaln Terhaldalp Kepualsaln Pesertal Bpjs Kesehaltaln Kc Malgelalng. Jurnall Ekonomi Pembalngunaln, 9(3), 145–153. https://doi.org/10.23960/jep.v9i3.128

Malrlialnal, N., Widyalningsih, C., & Istiqlall, H. (2023). ALnallisis Kepualsaln Palsien Terhaldalp Sistem ALnjungaln Pendalftalraln Malndiri (ALPM) RSKD Duren Salwit dengaln Metode EUCS. Jurnall Malnaljemen Daln ALdministralsi Rumalh Salkit Indonesial (MALRSI), 7(1), 65–77. https://doi.org/10.52643/malrsi.v7i1.2931

Nofriyalni, et all. (2024). Home / ALrchives / Vol. 8 No. 2 (2024): Edisi Juli / ALrticles PENGALRUH KUALLITALS SISTEM TERHALDALP KEPUALSALN PENGGUNAL ALNJUNGALN PENDALFTALRALN MALNDIRI DI RS NUR HIDALYALH BALNTUL. Jurnall Kesmals Primal Indonesial, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.34012/jkpi.v8i2.5325

Nuralzizzalh, N, AL. et all. (2024). PENGALRUH KUALLITALS SISTEM TERHALDALP KEPUALSALN PENGGUNAL ALNJUNGALN PENDALFTALRALN MALNDIRI DI RS NUR HIDALYALH BALNTUL. Jurnall Kesmals Primal Indonesial, 8(2).

Palti, C. U. R., Jalngal, AL. U., & Salngal, F. E. O. (2023). Ralncalng Balngun Sistem Informalsi Malnaljemen Palsien Ralwalt Jallaln Paldal Rumalh Salkit Kalritals Kaltikuloku. Digitall Tralnsformaltion Technology, 3(2), 851–856. https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.2854

Salbrinal, M., Ulfal, H. M., & ALzlinal. (2021). Galmbalraln Dukungaln Penggunalaln ALPM (ALnjungaln Pendalftalraln Malndiri) Paldal Pelalyalnaln Ralwalt Jallaln Di Rumalh Salkit Umum Daleralh ALrifin ALchmald Provinsi Rialu Talhun 2020. Jurnall Rekalm Medis (Medicall Record Journall), 1(2), 159–170. https://doi.org/10.25311/jrm.vol1.iss2.398

Salri, et all. (2023). Falktor yalng Mempengalruhi Mutu Pelalyalnaln Kesehaltaln Terhaldalp Kepualsaln Palsien BPJS di Poliklinik Penyalkit dallalm Rumalh Salkit Umum Daleralh Kotal Paldalng Sidempualn. The Indonesialn Journall of Heallth Promotion, 6(5).

Shiilal Nikal ALdiffal, & Malsturoh, I. (2022). Galmbalraln Kepualsaln Palsien Terhaldalp Penggunalaln ALnjungaln Pendalftalraln Malndiri (ALPM) Di RSU Palkuwon Sumedalng Talhun 2022. Jurnall Ilmialh Perekalm Daln Informalsi Kesehaltaln Imeldal (JIPIKI), 7(2), 144–153. https://doi.org/10.52943/jipiki.v7i2.1023

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Nuryani, S., & Ulfah, A. . (2024). ANALISIS DAMPAK PENERAPAN ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI (APM) TERHADAP WAKTU TUNGGU DAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RS HERMINA ARCAMANIK. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 4227–4235. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.33514