ANALISIS DATA PENDING RAWAT INAP JAMINAN BPJS TERHADAP KELANCARAN PENGAJUAN KLAIM DI RS HERMINA ARCAMANIK

Authors

  • Septia Diniari Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Piksi Ganesha
  • Annisa Ulfah Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.33508

Keywords:

BPJS, Kelancaran, Pending Klaim, Rawat Inap

Abstract

Pemerintah telah menyediakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola langsung oleh badan hukum BPJS Kesehatan untuk memberikan jaminan layanan kesehatan, termasuk perawatan rawat inap kepada peserta yang telah terdaftar. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh rumah sakit dalam pengajuan klaim BPJS adalah terjadinya pending klaim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data pending klaim rawat inap jaminan BPJS di RS Hermina Arcamanik, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran proses pengajuan klaim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan fenomenologi. Populasinya yaitu semua klaim rawat inap yang mengalami pending pada bulan Maret dan April 2024. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling serta wawancara mendalam dengan koordinator casemix RS Hermina Arcamanik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab pending klaim di RS Hermina Arcamanik pada bulan Maret dan April 2024 berjumlah 97, dengan pending akibat kode sebanyak 72, kelengkapan administrasi 56, dan standar pelayanan 51. Faktor yang mempengaruhi kelancaran klaim mencakup SDM, sarana prasarana serta teknologi, dan proses pengajuan klaim itu sendiri. Upaya yang dilakukan oleh RS Hermina Arcamanik untuk mengatasi pending klaim mencakup monitoring, evaluasi, serta pemberian reward kepada petugas. Dengan penerapan langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran pengajuan klaim dan mengurangi terjadinya pending klaim di masa mendatang.

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Aburnawas, K. (2023). Konserp Urmurm Popurlasi dan Samperl dalam Pernerlitian. Jurrnal Pilar, 14(1), 15–31.

Derwi, N. F., & Zahwa, A. (2023). Tinjauran Berrkas Klaim Terrturnda Pasiern Rawat Jalan Bpjs Kerserhatan Rs Herrmina Galaxy. Jurrnal Administrasi Bisnis Terrapan, 5(2), 1–14.

Far, I. O. F., Rahardjo, T. B. W., & Hurtapera, F. (2022). Analisis Jabatan Tim Casermix Dalam Urpaya Perningkatan Klaim BPJS Di Rurmah Sakit Karya Merdika II Tamburn Berkasi Tahurn 2019. Manajermern Dan Administrasi Rurmah Sakit Indonersia (MARSI), 6(2), 1– 23.

Faurzan, R. A., & Arnawilis, A. (2022). Analisa Komperternsi Perturgas Casermix Derngan Latar Berlakang Perndidikan Rerkam Merdis Dan Informasi Kerserhatan Di Rurmah Sakit PMC Tahurn 2021. Jurrnal Rerkam Merdis (Merdical Rercord Jourrnal), 2(1), 13–26. https://doi.org/10.25311/jrm.vol2.iss1.355

Hasyim, I., Kamaser, J., & Serrang, S. (2023). Perngarurh Strers Kerrja , Motivasi Kerrja Dan Kompernsasi Terrhadap Kinerrja Karyawan BPJS Kerternagakerrjaan Jajaran Kanwil Surlawersi - Malurkur. 06(01), 2704–2719.

Kermernkers RI. (2019). Perraturran Mernterri Kerserhatan Nomor 30 Tahurn 2019 terntang Klasifikasi dan Perrizinan Rurmah Sakit. 3, 1–80.

Kermernkers RI. (2022). Perraturran Mernterri Kerserhatan Rerpurblik Indonersia Nomor 24 Tahurn 2022 Terntang Rerkam Merdis.

Kermernkers RI. (2021). Perraturran Mernterri Kerserhatan Rerpurblik Indonersia Nomor 26 Tahurn 2021 Terntang Perdoman Indonersian Caser Baser Grourps (INA-CBG) Dalam Perlaksanaan Jaminan Kerserhatan.

Molerong, (2016), Mertodologi Pernerlitian Kuralitatif, Bandurng: PT.Rermaja Rosdakarya,hal 6. Nurraini, N., Wijayanti, R. A., Purtri, F., Alfiansyah, G., Derharja, A., & Santi, M. W. (2019).

Optimalisasi Manajermern Pernanganan Klaim Pernding Pasiern BPJS Rawat Inap Di

Rurmah Sakit Citra Hursada Jermberr. Jurrnal Kersmas Indonersia, 11(1), 24–35.

Perraturran Mernterri Kerserhatan RI Nomor 312 tahurn 2020 terntang Standar Profersi Perrerkam Merdis dan Informasi Kerserhatan

Permerrintah RI. (2011). Urndang-Urndang Rerpurblik Indonersia Nomor 24 Tahurn 2011 Terntang Badan Pernyerlernggara Jaminan Sosial.

Pratama, A., Faurzi, H., Indira, Z., & Adi, P. P. (2023). Analisis Faktor Pernyerbab Pernding Klaim Rawat Inap Akibat Koding Rerkam Merdis Di Rurmah Sakit Urmurm Daerrah ( RSUrD ) Dr . Soerdirman Kerburmern. 8(1), 124–134.

Rerpurblik, Kermernterrian Kerserhatan, and Indonersia. (2016). Standar Kerpurasan Pasiern Di Perlayanan Kerserhatan. Jakarta

Rursmitasari, H., & Murdayana, A. A. (2020). Kerpermimpinan dan Motivasi Kerrja Ternaga Kerserhatan di Purskersmas Kota Yogyakarta. Jurrnal Kerserhatan Masyarakat Indonersia, 15(1), 47. https://doi.org/10.26714/jkmi.15.1.2020.47-51

Wijaya, L. F. (2021). Sisterm Rerward Dan Purnishmernt Serbagai Permicur Dalam Merningkatkan Kinerrja Karyawan. Jourrnal MISSY (Managermernt and Bursinerss Stratergy), 2(2), 25–28. https://doi.org/10.24929/missy.v2i2.1681

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Diniari, S., & Ulfah, A. . (2024). ANALISIS DATA PENDING RAWAT INAP JAMINAN BPJS TERHADAP KELANCARAN PENGAJUAN KLAIM DI RS HERMINA ARCAMANIK. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 4218–4226. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.33508