TINJAUAN KODEFIKASI RAWAT JALAN GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS KLAIM BPJS KESEHATAN DI RS MUHAMMADIYAH

Authors

  • Moch Anggi Nur Fauzi D3 Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan (RMIK), Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia
  • Syaikhul Wahab D3 Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan (RMIK), Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.33182

Keywords:

Kodefikasi Rawat Jalan Guna Menunjang Efektivitas Klaim BPJS

Abstract

Rumah sakit Muhammadiyah Bandung bekerja sama dengan pihak bpjs dari tahun 2018. Namun terdapat beberapa permasalahan disaat pelaksanaan penklaiman bpjs, seperti kesalahan petugas dalam melakukan kode diagnose dikarenakan kurangnya konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kodefikasi rawat jalan guna menunjang efektivitas klaim bpjs kesehatan di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pedoman wawancara, dan observasi. pada penelitian ini diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan tidak menggunakan seluruh petugas rekam medis, yang hanya 1 petugas rekam medis saja yang akan diwawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung bekerja sama dengan BPJS dari tahun 2018, sudah sesuai dengan Permenkes No 43 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Petugas kodefikasi sudah pernah mengikuti pelatihan/seminar sehingga bisa memperlancar pelaksanaan pengklaiman BPJS. Dan juga  sudah terdapat sistem yang mendukung pengkodean diagnose yang akurat sesuai dengan persyaratan BPJS. Jumlah pengajuan berkas klaim dirumah sakit muhamadiyah selama triwulan yaitu pada bulan januari- maret sebanyak 36.444 berkas terkirim pending 38 berkas dari total semua sebanyak 36.482 berkas. F aktor penyebab dikembalikan klaim BPJS kesehatan rawat jalan pada bulan januari - Maret  2024 yang paling banyak dikarenakan oleh tindakan fisioterapi bukan HD sebanyak 4 berkas yang terjadi pada bulan februari tahun 2024.  Kemudian Dokumen yang harus  tersedia dalam pelaporan yang akan diklaim ke  BPJS dirumah sakit Muhammadiyah Bandung diantaranya harus ada SEP, Billing, LIP, hasil penunjang, hasil pemeriksaan Labolatorium dan juga harus ada berita acara yang sudah di tanda tangan oleh direktur rumah sakit Muhammadiyah Bandung.

References

Hanafiah, A., Wardani, N. F., Daniyah, R., Medis, P., Kesehatan, I., Tinggi, S., & Malang, I. A. (N.D.). Kesesuaian Kodefikasi Penyakit Untuk Menunjang Kelancaran Klaim Bpjs Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr.R.Soedarsono Kota Pasuruan.

Happy Putra, D., Kirani, N., Aula Rumana, N., Rosmala Dewi, D., Studi Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, P., & Esa Unggul, U. (2023). Faktor Yang Berpengaruh Dalam Penggunaan Sistem Ina Cbgs Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi (Vol. 8, Issue 2).

Mathematics, A. (2016). Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun 2017. 1–23.

Michael Page, I. (2022). Efektivitas Para Pelaku Ekonomi Dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 2(10), 3201–3208.

Rosliana, A., Indawati, L., Fannya, P., & Yulia, N. (2023). Tinjauan Ketepatan Kode Diagnosa Dan External Cause Kecelakaan Lalu Lintas Di Igd Rsij Pondok Kopi. Sehatmas: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(3), 535-545.

Saleh, Z. (2021). Bab Iii Analisis 2. 1lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2007), 1, 9–25. Http://Repository.Iainpare.Ac.Id/2732/

Sahir, L., & Wijayanti, R. A. (2022). Faktor Penyebab Pending Claim Ranap Jkn Dengan Fishbone Diagram Di Rsup Dr Kariadi. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 10(2), 190-190.

Savira Nurjannah, N., Rachmatta Putro Mudiono, D., Farlinda, S., Informasi Kesehatan, M., Kesehatan, J., Negeri Jember, P., & Sakit Pusat Pertamina Jakarta Selatan, R. (N.D.). Determinan Ketepatan Kode Diagnosis Utama Di Rs Pusat Pertamina Jakarta Selatan. 1(1). Https://Doi.Org/10.47134/Rammik.V1i1.14

Wijayanta, S., Masrochah, S., & Subinarto, I. N. (2023). Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Kesehatan Prolanis Online (Simpelpro) Di Puskesmas Kota Semarang Studi Kasus Di Puskesmas Padangsari Kota Semarang Implementation Of The Prolanis Online Health Service Management Information System Application (Simpelpro) At The Semarang City Public.

Zulaikha, S. (2019). Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Rawat Inap Oleh Bpjs Kesehatan Di Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Jember).

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Fauzi, M. A. N. ., & Wahab, S. . (2024). TINJAUAN KODEFIKASI RAWAT JALAN GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS KLAIM BPJS KESEHATAN DI RS MUHAMMADIYAH. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 4255–4261. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.33182