PENGARUH EDUKASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENCEGAHAN KEHAMILAN YANG TIDAK DIINGINKAN DI SMK N 1 KUTASARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.32978Keywords:
remaja, kehamilan, video pembelajaranAbstract
Masa remaja merupakan fase transisi dari anak-anak menuju dewasa, di mana individu mencari identitas diri dan sangat rentan terhadap berbagai pengaruh, baik positif maupun negatif. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan dengan menggunakan video pembelajaran sangat diperlukan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui media video pembelajaran terhadap pengetahuan dan sikap remaja mengenai pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan di SMK N 1 Kutasari. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh media video pembelajaran terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja dalam mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Menggunakan desain pra-eksperimental one-group pretest-posttest, penelitian melibatkan 125 siswa kelas 11 SMK N 1 Kutasari sebagai responden yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner valid dan reliabel yang menilai pengetahuan dan sikap menggunakan skala Likert dan Guttman. Analisis statistik univariat dan bivariat menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam pengetahuan dan sikap remaja setelah intervensi, menegaskan efektivitas media video pembelajaran sebagai alat edukasi yang penting dalam pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan. Penelitian di SMK N 1 Kutasari menunjukkan bahwa media video pembelajaran secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja terkait pencegahan kehamilan tidak diinginkan. Rata-rata pengetahuan remaja meningkat sebesar 9,91 poin, dari 18,14 sebelum intervensi menjadi 28,05 setelahnya. Demikian pula, rata-rata sikap remaja meningkat sebesar 15,37 poin, dari 22,63 menjadi 38. Hasil uji statistik Mann-Whitney dan Wilcoxon menunjukkan perbedaan dan pengaruh signifikan dengan nilai p sebesar 0,000 (<0,050). Temuan ini menegaskan bahwa media video pembelajaran merupakan alat edukasi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman remaja terhadap isu tersebutReferences
Ahinkorah, B. O. (2020). Individual and contextual factors associated with mistimed and unwanted pregnancies among adolescent girls and young women in selected high fertility countries in sub-Saharan Africa: A multilevel mixed effects analysis. PLOS ONE, 15(10), e0241050. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0241050
Auliyah, A., & Winarti, Y. (2020). Hubungan Sikap dengan Perilaku Seks Pranikah Berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Borneo Studies and Research, 2(1), 377–382.
Berliana, N., Hilal, T. S., & Minuria, R. (2021). Sumber Informasi, Pengetahuan Dan Sikappencegahan Remaja Terhadap Pencegahan Kehamilan Bagi Remaja Di Kota Jambi Tahun 2021. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(6), Article 6. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i6.648
Cahyani, N. L. P. A., Manangkot, M. V., & Sanjiwani, I. A. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Layanan Pesan Singkat Whatsapp Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Mengenai Kehamilan Tidak Diinginkan Di SMAN 1 Kubu. Community of Publishing In Nursing, 9, 372–382.
Crooks, R., Bedwell, C., & Lavender, T. (2022). Adolescent experiences of pregnancy in low-and middle-income countries: A meta-synthesis of qualitative studies. BMC Pregnancy and Childbirth, 22(1), 702. https://doi.org/10.1186/s12884-022-05022-1
Elsanti, D., & Sumarmi, S. (2023). Pengaruh Pemberian Edukasi Video Audio Visual Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Asupan Gizi Di Desa Sokaraja Lor. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i1.1432
Hasanah, E. H., & Setiyabudi, R. (2020). Hubungan Peran Orang Tua Dan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Perilaku Seksual Pra Nikah Siswa Di Sma Kabupaten Cilacap. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2). https://doi.org/10.30651/jkm.v5i2.5018
Muklathi, S. N., Fitriyanti, E., & Prasetyaningtyas, W. E. (2022). Layanan informasi perilaku seksual dan pengetahuan serta sikap remaja dalam pencegahan perilaku seksual pranikah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i3.5935
Mulati, T. S. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Umur Mahasiswi Semester I DIV Kebidanan Tahun 2017. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37341/jkkt.v2i1.32
Musta’in, Sandhi, R. A., & Arini, L. D. D. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kehamilan Tidak Diinginkan (Unwanted Pregnancy) Pada Siswa Madrasah Aliyah Muhamadyah 1 Boyolali. Jurnal Keperawatan Duta Medika, 2(1), 42–52.
Nadeak, S. J. M., Febriaynto, P. T., & Nirtha, E. (2024). Evaluation of Short Video Implementation in Learning. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 9(2), Article 2. https://doi.org/10.31851/jmksp.v9i2.15023
Okalo, P., Arach, A. A., Apili, B., Oyat, J., Halima, N., & Kabunga, A. (2023). Predictors of Unintended Pregnancy Among Adolescent Girls During the Second Wave of COVID-19 Pandemic in Oyam District in Northern Uganda. Open Access Journal of Contraception, 14, 15–21.
Purborini, S. F. A., & Rumaropen, N. S. (2023). Relationship of Age, Parity, and Education Level with Unwanted Pregnancy in Fertile age couples in Surabaya. Media Gizi Kesmas, 12(1), 207–211.
Rahayu, S., Suciawati, A., & Indrayani, T. (2021). Pengaruh Edukasi Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Seksual Pranikah Di Smp Yayasan Pendidikan Cisarua Bogor. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i1.101
Rismayati, R., Ermiati, E., & Napisah, P. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Guru Terhadap Kehamilan Tidak Diinginkan Pada Remaja. Jurnal Sehat Masada, 17(1), Article 1.
Salfadila, A., Sutrisminah, E., & Susilowati, E. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pencegahan Kehamilan Tidak Diinginkan Pada Remaja Putri di Sekolah Menengah Pertama: Literature Review. The Indonesian Journal of Health Promotion, 6(8), 1527–1537.
Siregar, S. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratif, Gaya Kepemimpinan Delegatif Dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah METHONOMI, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.46880/methonomi.Vol8No2.pp181-188
Timiyatun, E., Humairah, S. A., & Oktavianto, E. (2022). Pendidikan Kesehatan Seks Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri: Sex Health Education On The Level Of Knowledge Of Adolescent Girls. Jurnal Keperawatan Notokusumo, 10(1), Article 1.
Triwijaya, S., Darmawan, A., Puspitasari, M. D., Feriando, D. A., & Iswanto, A. P. (2021). Penyuluhan Kesehatan dan Donor Darah Mewujudkan Masyarakat Desa Peduli Pencegahan COVID-19. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 5(1), 25–34. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1425
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yudhitia Kusumaning Kedaton, Reni Purwo Aniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).